...
makanan penambah berat badan
5-min read

8 Makanan Penambah Berat Badan yang Alami dan Menyehatkan

makanan penambah berat badan

Jangan cuma ngemil junk food sebagai pilihan makanan penambah berat badan, ya.

Makanan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam hidup kita, termasuk makanan penambah berat badan berikut ini.

Tapi, buat sebagian orang, menambah berat badan bisa jadi sebuah tantangan besar. Sudah makan banyak, tapi nggak juga terlihat berisi. Kalau kamu sedang mencari makanan yang menyehatkan untuk menambah berat badan, maka artikel ini cocok buatmu.

Kita bakal bahas delapan makanan penambah berat badan yang alami dan menyehatkan. Biar tubuhmu mencapai berat idealnya tanpa harus mengorbankan kesehatan. Siap? Yuk, simak terus!

8 Makanan Penambah Berat Badan Selain Junk Food

Meningkatkan berat badan bisa menjadi tantangan bagi beberapa orang, terutama buat mereka yang memiliki metabolisme cepat atau memiliki masalah kesehatan tertentu.

Nggak harus dengan junk food yang bisa jadi makanan penyebab kista, konsumsi makanan yang tepat juga dapat membantu meningkatkan berat badan dan membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Lansung cek aja delapan makanan penambah berat badan yang alami selain junk food berikut ini.

1. Makanan penambah berat badan: Telur

makanan penambah berat badan
Source: Tribun Jateng -TribunNews.com

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi, vitamin B kompleks, asam amino, dan lemak sehat. Makan telur setiap hari dapat membantu meningkatkan berat badan dan membantu memperbaiki otot dan jaringan tubuh lainnya.

Telur dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti direbus, digoreng, atau dibuat omelet. Kamu juga bisa menjadikan telur sebagai camilan dengan cara direbus atau dijadikan sandwich.

2. Kacang-kacangan

makanan penambah berat badan
Source: Super You

Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, dan kacang tanah, adalah sumber protein nabati, serat, lemak sehat, dan vitamin B kompleks. Bahan makanan yang sering kali ditemukan di banyak hidangan ini juga kaya akan kalori dan dapat membantu meningkatkan berat badan.

Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan, atau bisa juga menambahkan kacang-kacangan ini ke dalam salad atau smoothie-mu. Kamu juga bisa memasukkan kacang ke dalam beberapa olahan sayur.

3. Makanan penambah berat badan: Keju

makanan penambah berat badan
Source: CNN Indonesia

Keju adalah sumber kalsium, protein, dan lemak sehat. Makanan olahan dari susu ini juga kaya akan kalori, sehingga membuatnya menjadi makanan penambah berat badan yang baik.

Kamu bisa menambahkan keju ke dalam berbagai jenis makanan, misalnya sandwich, salad, atau bisa juga mengonsumsinya sebagai camilan.

Info wajib baca: 7 Makanan Penyebab Jerawat di Dagu yang Perlu Kamu Kurangi

4. Daging

makanan penambah berat badan
Source: DokterSehat

Udah nggak asing sama makanan ini, dong? Daging-dagingan dari sapi, ayam, dan ikan, adalah sumber protein dan lemak sehat. Daging juga kaya akan zat besi dan vitamin B12, yang penting untuk kesehatan dan energi.

Kamu dapat memasak daging dengan cara dipanggang, goreng, atau rebus, atau bahkan menambahkannya ke dalam hidangan pasta, nasi, atau sayuran.

5. Makanan penambah berat badan: Buah-buahan kering

makanan penambah berat badan
Source: Brilio.net

Buah-buahan kering, seperti kurma, kismis, dan aprikot kering, adalah sumber kalori, serat, dan gula alami. Makanan yang satu ini juga kaya akan vitamin dan mineral, yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Anda dapat menambahkan buah-buahan kering ke dalam oatmeal atau yoghurt, atau mengonsumsinya sebagai camilan.

6. Susu

Susu
Source: Berita 99.co

Susu adalah sumber kalsium, protein, dan lemak sehat. Salah satu minuman sehat ini juga kaya akan kalori dan membuatnya menjadi makanan penambah berat badan yang baik. Kamu bisa mengonsumsi susu sebagai minuman, atau menambahkannya ke dalam smoothie atau oatmeal.

7. Makanan penambah berat badan: Alpukat

Alpukat
Source: CNN Indonesia

Avokad atau alpukat adalah sumber lemak sehat, kalori, dan serat. Buah yang satu ini juga kaya akan vitamin dan mineral, yang penting untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa menambahkan alpukat ke dalam sandwich, salad, atau membuat guacamole sebagai camilan.

8. Kentang

Kentang
Source: theAsianparent

Dilansir dari website Siloam Hospitals, kentang juga ternyata bisa jadi salah satu makanan alami yang bisa menambah berat badanmu. Pasalnya, kentang termasuk kelompok makanan padat kalori yang mengandung karbohidrat kompleks sehingga baik untuk saluran pencernaan.

Banyak orang memilih kentang sebagai makanan untuk menambah berat badan karena dapat diolah secara praktis. Kamu bisa membuat mashed potato yang lezat dan bergizi, dengan hanya merebus, menumbuk, serta mencampurkan kentang dengan susu.

Info wajib baca: 5 Makanan Penyebab BAB Berdarah, Salah Satunya Makanan Pedas

Kenapa Seseorang Sulit Menambah Berat Badan?

Seperti yang kita ketahui, berat badan seseorang bisa bertambah karena adanya ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang digunakan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Lalu, bagaimana dengan kamu yang merasa sulit menaikkan berat badan? Tenang, ketahui dulu faktor atau penyebab kenapa sulit menambah berat badan berikut ini:

1. Metabolisme yang cepat

Beberapa orang memiliki metabolisme yang lebih cepat dari orang lain, sehingga tubuh mereka membakar kalori lebih banyak, bahkan saat mereka tidak sedang berolahraga atau beraktivitas fisik yang berat. Hal ini dapat membuat orang sulit menambah berat badan karena tubuh mereka membutuhkan asupan kalori yang lebih tinggi untuk menambahkan massa tubuh.

2. Aktivitas fisik yang tinggi

Orang yang memiliki aktivitas fisik yang tinggi, seperti atlet atau pekerja fisik, membutuhkan asupan kalori yang lebih tinggi untuk mempertahankan massa otot mereka. Namun, jika mereka tidak mengonsumsi jumlah kalori yang cukup, maka mereka akan sulit menambah berat badan.

3. Pola makan yang tidak seimbang

Konsumsi makanan yang tidak seimbang, terutama yang rendah kalori dan rendah protein, dapat membuat seseorang sulit menambah berat badan. Makanan seperti sayuran dan buah-buahan penting untuk kesehatan, tetapi jika konsumsinya terlalu banyak, dapat mengganggu penambahan berat badan.

4. Gangguan pencernaan

Beberapa kondisi medis, seperti sindrom usus iritabel (IBS) atau penyakit celiac, dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan. Hal ini dapat menghambat penambahan berat badan.

5. Stres dan kecemasan

Kondisi stres atau kecemasan yang berkelanjutan dapat mempengaruhi nafsu makan dan membuat seseorang sulit untuk menambah berat badan.

Untuk menambah berat badan, seseorang harus mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang mereka bakar setiap hari. Meningkatkan konsumsi protein dan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, serta berolahraga secara teratur, dapat membantu meningkatkan berat badan secara sehat.

Jika seseorang mengalami kesulitan dalam menambah berat badan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memeriksa kemungkinan kondisi medis yang mendasar.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba beberapa cara untuk menambah berat badan kamu, selain dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas!


Terbukti, menambah berat badan nggak harus dengan mengonsumsi junk food yang penuh dengan lemak jahat yang berpotensi mengundang berbagai macam penyakit ke tubuhmu.

Dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas, kamu bisa menambah berat badan secara alami dan tetap sehat, serta mendapat banyak manfaat!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare