...
tebet eco park
5-min read

Menjelajahi Fakta Unik Tebet Eco Park: Wisata Alam di Tengah Kota!

tebet eco park

Siapa sangka ada taman yang asri di tengah hiruk pikuk kota Jakarta? Ini dia, Tebet Eco Park!

Hari ini, kita akan menjelajahi destinasi wisata yang tak biasa di tengah gemerlapnya kota Jakarta. Kamu pernah denger Tebet Eco Park? Tempat ini adalah oasis hijau yang tersembunyi di tengah beton dan gedung pencakar langit.

Mari kita temukan fakta unik dan pesona alam yang menakjubkan dalam sebuah petualangan menyegarkan ke Tebet Eco Park! Yuk, simak bersama-sama bagaimana tempat ini mampu memukau hati pengunjungnya! Siap melihat sisi lain Jakarta? Let’s go!

Lokasi dan Bagaimana Cara Ke Tebet Eco Park

Kamu pasti udah sempet denger tentang taman yang satu ini karena memang beberapa waktu lalu sempat viral dan banyak diperbincangkan, terutama oleh para warga ibu kota Jakarta.

Tebet Eco Park adalah taman sekaligus ruang terbuka hijau yang berlokasi di Jalan Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Letaknya juga cukup strategis dan mudah dicapai baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Nah, buat kamu yang mau coba datengn ke taman yang meraih penghargaan bergengsi bertaraf internasional yakni President’s Design Award Singapore ini dengan kendaraan umum, simak tiga cara pergi ke Tebet Eco Park dengan kendaraan umum berikut!

1. Cara ke Tebet Eco Park naik KRL Commuter Line

tebet eco park
Source: Indotren
  • Stasiun terdekat dengan Tebet Eco Park adalah Stasiun Cawang. Namun tidak ada mikrotrans atau angkutan umum yang melintas dari Stasiun Cawang ke Tebet Eco Park. Dari Stasiun Cawang bisa naik ojek online ke Tebet Eco Park dengan jarak sekitar 1,1 kilometer.
  • Anda juga bisa turun di Stasiun Kalibata. Dari Stasiun Kalibata menyambung dengan Mikrotrans JAK-18 jurusan Stasiun Kalibata-Kuningan. Langsung turun di perhentian bus dekat dengan Tebet Eco Park.
  • Bagi yang datang dari Bogor bisa langsung naik KRL tujuan Jakarta Kota atau Tanah Abang lalu turun di Stasiun Cawang atau Stasiun Tebet. Begitu juga rute sebaliknya.
  • Bagi yang datang dari Bekasi bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai lalu naik KRL tujuan Bogor untuk turun di Stasiun Cawang atau Stasiun Tebet.
  • Bagi yang datang dari Tangerang bisa naik KRL tujuan Stasiun Duri lalu naik kereta tujuan Stasiun Manggarai dan berganti kereta ke Bogor untuk turun di Stasiun Cawang atau Stasiun Tebet.

2. Cara ke Tebet Eco Park naik Transjakarta

  • Halte terdekat dengan Tebet Eco Park adalah Halte Tebet BUMD. Dari sana bisa berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer selama 15 menit atau bisa naik ojek online.
  • Halte Transjakarta Tebet BUMD dilewati koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), koridor 9A (PGC 2-Pluit), koridor 9C (Pinang Ranti-Kota), dan Koridor M7 (Kampung Rambutan-Harmoni).
  • Dari Jakarta Timur bisa langsung naik Koridor M7 (Kampung Rambutan-Harmoni).
  • Dari Jakarta Barat, Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara bisa naik Transjakarta koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit), koridor 9A (PGC 2-Pluit), atau koridor 9C (Pinang Ranti-Kota).

Info wajib baca: Jakarta After Dark: Mengunjungi 7 Destinasi Wisata Malam Jakarta yang Menarik

3. Cara ke Tebet Eco Park naik Mikrotrans

Untuk menuju Tebet Eco Park naik mikrotrans JAK 18 dari Stasiun Kalibata. Turun di Jalan Tebet Timur III, Taman Hutan Tebet, Simpang Tebet Barat IX 1 atau Simpang Tebet Barat IX 2. Perhentian tersebut merupakan perhentian terdekat dengan Tebet Eco Park.

Fakta Unik Tebet Eco Park

Di balik bagusnya desain dari taman atau ruang terbuka hijau yang terletak di tengah hiruk pikuk kota Jakarta ini, ada beberapa fakta menarik yang pasti banyak dari kamu berlum tahu, salah satunya udah Kostmin kasih tau, tuh, di atas!

Ada fakta unik apa lagi dari taman Tebet Eco Park yang menarik perhatian banyak orang ini, ya? Penasaran? Simak selengkapnya di bawah!

1. Dulunya adalah Taman Honda

Ternyata Tebet Eco Park ini udah ada sejak lama, loh. Tapi dulu namanya adalah Taman Honda karena sempat diinisiasi oleh PT Astra Honda Motor.

Tapi pada tahun 2019, Pemprov DKI Jakarta secara resmi mengganti nama Taman Honda menjadi Taman Tebet dengan alasan pihak PT Astra Honda Motor sudah tidak lagi memelihara maupun merawat taman tersebut.

PT Astra Honda Motor memang sempat membagun trotoar pejalan kaki di sisi taman yang diberi nama Tama Honda itu. Akan tetapi, sebagian besar taman tersebut masih dikelola serta lahannya dimiliki oleh Pemprov DKI.

Penggantian nama ini juga didasarkan juga pada pemelirahaan taman tersebut sejak tahun 2008 diklaim menggunakan APBD DKI Jakarta.

2. Sabet 3 Penghargaan

tebet eco park
Source: Spectrue

Taman yang telah rampung direvitalisasi Anies Baswedan serta diresmikan pada April 2022 lalu ini, dijadikan Gubernur Anies Baswedan sebagai contoh ideal dari pembangunan ideal di tengah kota yang ramah digunakan untuk ruang interaksi bagi masyarakat.

Selain itu, konsep ruang terbuka hijau ini rupanya mendapat pujian sekaligus atensi yang tinggi dari masyarakat. Terlebih, segi fasilitas dan elemen lainnya yang ada di taman ini diklaim memiliki manfaat yang baik bagi lingkungan sekitar.

Karena hasil revitalisasi tersebutlah, pada Desember 2022, Tebet Eco Park berhasil memenangkan Semec Gold Award dan Singapope Landscape Architecture Awards.

Kemudian yang terbaru, taman yang satu ini juga meraih penghargaan bergengsi bertaraf internasional yakni President’s Design Award Singapore 2023.

Info wajib baca: 10 Rekomendasi Perpustakaan di Jakarta, Lengkap dan Pewe!

3. Bukan Dibangun Anies Baswedan

Kayak yang udah disebutkan sebelumnya, kalau Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merevitalisasikan taman yang juga dijadikan ruang terbuka hijau satu ini, tapi yang membangunnya sendiri belum diketahui pasti siapa orangnya.

Tapi, meskipun bukan jadi yang membangunnya, Gubernur Anies sendiri berpartisipasi dalam merencanakan perubahan tata letak hingga pemanfaatan Taman Tebet tersebut agar menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat, dan diresmikan kembali pada 23 April 2022 lalu.

4. Terdapat 8 Zona yang Memiliki Fungsi Berbeda

“Taman doang, isinya pasti gitu-gitu aja”, eitss, kata siapa? Taman yang terletak nggak jauh dari Stasiun Cawang ini punya delapan zona dengan fungsi yang berbeda-beda, loh! Hayo, siapa yang baru tau?

Kedelapan zona ini mencakup Infinity Link Bridge, Community Garden, Children Playground, Community Lawn, Forest Buffer, Plaza, Tematic Garden, dan Wetland Boardwalk. Infinity Link Bridge difungsikan sebagai penyambung antara taman utara dan selatan berbentuk jembatan berwarna oranye yang indah.

Kemudian ada Community Garden yang didesain khusus untuk aktivitas seperti bercocok tanam maupun sarana edukasi yang berkaitan dengan ekosistem alam.

Ada juga Children Playground atau wahana bermain anak, area hijau bernama Community Lawn dan Forest Buffer, dan beberapa zona lainnya dengan fungsi masing-masing.

5. Sempat ditutup semetara

Beberapa dari kamu khususnya yang sering lewat daerah dekat taman ini pasti pernah liat kalo taman yang satu ini sempat ditutup dan nggak beroperasi, ‘kan? Padahal udah diresmiin dan dibuka untuk umum, kira-kira apa alasannya?

Ternyata di awal peresmiannya, karena jadi salah satu wisata gratis di Jakarta, pengunjung taman yang satu ini dikabarkan mencapai angka 15 ribu orang dalam satu minggu. Hal ini sekaligus jadi pemicu munculnya parkir liar dan pedagang dadakan di area taman tersebut.

Karena hal ini menimbulkan ketidaknyamanan mengingat letak taman ini berada di antara permukiman, para warga sekitar pun melayangka protes keras yang memaksa pemerintah kembali menutup taman ini pada Juni 2022 lalu.

Nah, baru pas 15 Agustus 2022 dirasa keadaan taman ini mulai terkendali lagi, pemerintah baru berani membuka kembali dengan menetapkan sistem kunjungan bagi mereka yang sudah mendaftarkan diri secara online untuk memasuki taman itu. Jadi, harus konfirmasi online dulu baru bisa masuk, ya, gaes.


Liat yang ijo-ijo nggak harus pergi ke wisata kebun teh terdekat dari Jakarta, kan? Ternyata di dalam kota yang macet dan hectic ini, kamu masih bisa liat lahan yang ijo-ijo dan adem juga buat nyantai sejenak!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost Favorit di Kota Kamu:

Kost Jakarta Timur Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Malang Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare