...
wisata malam jakarta
5-min read

Kunjungi 7 Destinasi Wisata Malam Jakarta yang Menarik Ini, Nggak Pakai Horor!

wisata malam jakarta

Siapa sangka kalau ada wisata malam Jakarta yang menarik buat dikunjungi?

Selamat datang di Jakarta, kota yang nggak pernah tidur! Kalau kamu mengira bahwa keindahan ibu kota Indonesia hanya terlihat saat matahari masih bersinar, maka harus dipikirkan lagi. Karena nggak cuma wisata malam Jogja atau wisata malam Bandung aja yang menarik, wisata malam Jakarta juga salah satunya!

Jakarta memiliki pesona tak tertandingi saat malam hari. Gedung-gedung tinggi langsung dipenuhi oleh warna-warni neon dan pancaran lampu dari kendaraan yang memenuhi jalanan kota. Pemandangan magis yang memanggilmu untuk menikmati destinasi wisata menarik di Jakarta setelah matahari terbenam.

Kenapa Wisata Malam Menarik?

Wisata malam telah menjadi daya tarik yang semakin populer di berbagai destinasi di seluruh dunia. Ketika malam tiba, suasana berubah, lampu-lampu berkilau, dan banyak destinasi menawarkan pengalaman yang unik dan mengagumkan bagi para pengunjung.

Tapi, apa aja alasan yang bikin wisata malam begitu menarik di mata kita?

1. Pemandangan yang berbeda

Wisata malam menawarkan pemandangan yang berbeda dibandingkan dengan ketika kita mengunjungi tempat tersebut saat siang hari. Lampu-lampu berkelip dan gedung-gedung terang benderang menciptakan panorama yang memikat mata.

Misalnya, pemandangan kota indah dengan kilauan lampu-lampu di gedung-gedung tinggi, pantulan jembatan di permukaan sungai, atau langit malam yang dipenuhi oleh bintang-bintang yang bersinar di langit gelap.

Nggak cuma itu, beberapa tempat biasanya menyediakan lampu-lampu seperti neon atau lampu LED yang digantung untuk menambah semarak suasana di malam hari, dan membuat malam jadi terkesan lebih hangat dan menarik.

2. Atmosfer romantis

Wisata malam sering kali dikaitkan dengan suasana romantis. Lampu-lampu yang temaram dan suasana yang intim menciptakan pengalaman spesial bagi pasangan muda.

Banyak tempat menyediakan atmosfer romantis ini bagi para pengunjung, terutama berkat pencahayaan dari lampu-lampu yang digunakan untuk menghias sekitar tempat wisata tersebut.

3. Lingkungan tenang

Wisata malam cenderung lebih tenang dan sepi dibandingkan dengan kunjungan siang hari yang padat dan dinamis. Ketenangan ini menciptakan suasana lebih intim dan santai, yang memungkinkan kamu lebih fokus menikmati momen dan meresapi keindahan di sekitar lingkungan tersebut tanpa gangguan.

4. Kegiatan malam yang unik

Beberapa tempat menawarkan kegiatan malam yang unik dan tidak dapat ditemui di siang hari. Misalnya, di beberapa taman nasional, kamu dapat mengikuti kegiatan khusus malam hari untuk melihat binatang liar yang aktif di malam hari, alias hewan nokturnal, seperti burung hantu. Ini adalah kesempatan langka untuk memahami kehidupan hewan di alam liar.

5. Fotografi malam yang menawan

Fotografi malam memungkinkan kamu mengabadikan momen indah dengan cara berbeda dan menarik. Selain itu, atmosfer yang dihasilkan dari foto-foto yang diambil pada malam hari cenderung berbeda dengan yang diambil di siang hari.

Info wajib baca: 7 Wisata Malam Surabaya yang Unik dan Menarik, Sudah Pernah ke Sini?

Wisata Malam Menarik di Jakarta

Kalau kamu warga Jakarta yang bosan cuma diem di rumah atau kostan pada malam hari dan mau cari suasana baru, coba kunjung tempat-tempat wisata malam Jakarta yang menarik berikut ini! Udah siap? Langsung meluncur!

1. Wisata malam Jakarta: Lapangan Banteng

wisata malam jakarta
Source: IDN Times

Kalau destinasi wisata malam yang satu ini pasti udah nggak terlalu asing buat para warga Jakarta. Lapangan Banteng bisa jadi salah satu daftar tempat wisata malam Jakarta yang menarik buat kamu kunjungi, terutama di akhir pekan.

Kenapa? Karena selain tamannya asri dengan lampu-lampu gemerlap, di akhir pekan biasanya di lapangan ini suka ada pertunjukan air mancur yang cakep banget! Pertunjukan air mancur menari yang penuh warna warni cantik ini diadakan saat sore hingga malam hari.

2. Skywalk Senayan Park

wisata malam jakarta
Source: Banten Raya

Tempat yang satu ini juga pernah viral di kalangan anak muda, khususnya di TikTok. Skywalk Senayan Park adalah salah satu destinasi wisata malam Jakarta yang bisa kamu sambangi!

Skywalk Senayan Park menambah kecantikan daerah Senayan yang sudah sering jadi objek wisata malam buat para anak-anak muda, khususnya di akhir pekan. Jembatan ini adalah bagian dari mall Senayan Park atau Spark. Jadi kalau kamu mau menuju ke area Skywalk harus masuk dulu ke dalam mall Senayan Park.

Jam operasional dari Skywalk Senayan Park ini dari pukul tiga sore sampai pukul sepuluh malam, salah satu spot paling diminati adalah lantai tembus pandang, yang bisa melihat betapa tingginya area ini. Nggak cuma itu, di sini juga ada teropong buat kamu yang mau melihat lebih jelas area Senayan ini.

3. Wisata malam Jakarta: Kota Tua

wisata malam jakarta
Source: Alonesia

Kalau tempat wisata yang satu ini udah nggak asing lagi buat kebanyakan orang. Kota Tua Jakarta jadi salah satu destinasi wisata malam Jakarta yang bisa kamu sambangi dengan mudah, karena aksesnya terletak tepat di depan Stasiun Jakarta Kota.

Saat ini tampilan dari Kota Tua sudah dirombak menjadi lebih ramah pejalan kaki serta pengguna sepeda. Selain itu, sudah disediakan banyak lampu jalan. Selain tempat makan, di sini ada banyak spot foto dan kamu juga bisa menikmati pemandangan bangunan Museum Fatahillah saat malam hari.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Malam di Malang | Dari Tempat Hiburan hingga Alam Terbuka

4. Pantjoran PIK

wisata malam jakarta
Source: Pegipegi

Destinasi wisata malam yang satu ini juga sempat viral beberapa waktu lalu, tepatnya di Pantjoran PIK. Dengan konsep Chinatown yang modern, kamu akan disambut oleh gerbang tradisional China dan bangunan berupa pagoda.

Nuansa ala Negeri Tiongkok yang sangat kental terasa dan seru untuk dijelajahi sambil berfoto-foto ria dengan latar supercantik. Nggak cuma di siang hari, malah kalau pas malem tempat ini jadi makin keren.

Selain jalan-jalan untuk berfoto, di sini ada kurang lebih 80 gerai makanan dan minuman ala Chinese yang bisa kamu pilih. Mulai dari nasi Hainan, bakmi, bakpao, choipan, hingga Kari Lam dan Es Kopi Tak Kie yang legendaris.

Info menarik lainnya: 7 Rekomendasi Tempat Wisata Malam di Malang | Dari Tempat Hiburan hingga Alam Terbuka

5. Wisata malam Jakarta: JPO Gelora Bung Karno

JPO Gelora Bung Karno
Source: Jendela360

Satu lagi wisata malam Jakarta yang menarik dan instagramable adalah JPO Gelora Bung Karno. JPO ini salah satu spot foto yang dikenal Instagramable sejak beberapa tahun lalu, khususnya di kalangan anak muda.

Nggak cuma terlihat unik pas siang, pas malam JPO ini malah tambah menark lagi karena bakal ada lampu-lampu berwarna warni yang menghiasinya. Dengan desain futuristik bakal bikin kamu betah buat foto-foto di sini. Berasa bukan lagi di JPO!

6. Kawasan Dukuh Atas

Source: Koran Tempo

Buat yang ingin bersantai atau malah menunggu kemacetan mengurai di sekitar Sudirman, kamu bisa mampir ke kawasan Dukuh Atas. Menjadi titik pertemuan transportasi publik KRL Commuterline, LRT, dan MRT, kamu juga akan disuguhi aneka pilihan kuliner kaki lima.

Dekat Stasiun Sudirman kamu bisa melihat skate park yang menjadi tempat nongkrong anak muda. Skatepark Dukuh Atas semakin ramai jelang malam hari dengan ditemani pendar lampu dari gedung-gedung di sekitarnya.

Sementara mural di bawah jembatan Dukuh Atas akan disorot oleh lampu yang warnanya berganti-ganti sehingga terkesan hangat dan ceria. Untuk menikmatinya pun gratis. Kamu pernah ke sini?

7. Taman Ismail Marzuki

Buat kamu yang tertarik dengan hal-hal berbau seni, nih, coba main ke Taman Ismail Marzuki (TIM). Selain ada perpustakaan yang Instagramable, ada juga berbagai kegiatan pameran dan pertunjukan seni, serta bergabung dengan komunitas.

Mau main tanah liat atau ikut kelas membuat keramik? Bisa, daftar saja ke Lost in Clay yang membuka studio pottery untuk mengisi waktu luangmu. Sesi satu jam mulai Rp49.999, terjangkau, kan?

Nggak ketinggalan kuliner yang bersahabat dengan dompetmu, seperti di Velo Coffee dengan menu mulai dari Rp15.000. Langsung kunjungi TIM yang beroperasi setiap hari pukul 09.00 – 20.00.

Di-update oleh Alice


Gimana, Jakarta nggak cuma menarik dikunjungi pas matahari masih terang, kan? Buat kamu yang mau berwisata ke ibu kota metropolitan ini tapi nggak mau tersengat panasnya matahari, kamu bisa berwisata malam-malam dan mengunjungi lima tempat di atas!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare