...
wisata bojonegoro
5-min read

5 Wisata Bojonegoro, dari Tempat Romantis hingga Suasana Alam

wisata bojonegoro

Ada apa di Bojonegoro? Banyak tempat wisata Bojonegoro yang sayang dilewatkan!

Jawa Timur dikenal sebagai destinasi wisata yang populer dan menarik. Apa kamu penasaran dengan tempat-tempat wisata di Bojonegoro?

Bojonegoro memiliki topografi berupa pegunungan yang menghadirkan panorama alam yang memukau. Liburan ke Bojonegoro juga sangat mudah diakses karena tersedia berbagai sarana transportasi. Kalau kamu menggunakan pesawat, pilihan Bandara Internasional Sidoarjo dapat digunakan sebagai titik awal.

Setelah itu, perjalanan dapat dilanjutkan dengan bus atau taksi menuju Terminal Rajekwesi Bojonegoro. Lokasinya yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban, Nganjuk, Ngawi, dan Blora memudahkan akses ke Bojonegoro.

Rekomendasi Tempat Wisata di Bojonegoro yang Lagi Hits

Selain sebagai kawasan yang kaya akan sumber minyak dan gas, Bojonegoro juga menawarkan sejumlah destinasi wisata alam dan buatan yang patut untuk dikunjungi.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Bojonegoro yang sedang populer! Kalau kamu ke daerah ini, jangan lupa mampir ke destinasi wisata.

Info wajib baca: Wisata Indramayu yang Wajib Dikunjungi, Dari Wisata Outdoor Hingga Indoor!

1. Wisata di Bojonegoro, Negeri di Atas Angin

Source: Wisatabojonegoro.com


Salah satu tujuan wisata yang bakal memikat perhatian di Bojonegoro adalah Negeri di Atas Angin. Keistimewaan tempat ini terletak pada ketinggian sekitar 650 meter di atas permukaan laut, memungkinkan kamu menikmati panorama luas dari puncak.

Kamu bahkan dapat berkemah di Bukit Cinta atau sekadar menikmati keindahan matahari terbenam. Selain sebagai destinasi wisata, Negeri di Atas Angin sering digunakan sebagai latar belakang foto prewedding dan sebagai tempat bermain flying fox.

Meskipun terletak di daerah yang cukup tinggi, nggak perlu khawatir karena akses ke tempat ini sudah baik dan tidak terlalu curam. Kalau nggak ingin mencapai puncaknya, masih bisa menikmati keindahan pemandangan di sekitar bukit yang nggak kalah menakjubkan.

2. Air Terjun Kedung Maor

Air Terjun Kedung Maor terletak di wilayah Sungai Kedungsumber, Temayang, Bojonegoro. Sejak dahulu, penduduk sekitar telah mengenal air terjun ini dengan sebutan Kedung Maor, diambil dari suara deru air yang menyerupai suara binatang buas.

Sumber air terjun berasal dari aliran Kali Soko dan Waduk Pacal. Selain menikmati keindahan air terjun, kamu juga dapat menemukan jejak fosil di lokasi ini.

Soalnya, Kedung Maor punya nilai situs geoheritage yang tinggi. Pengunjung dapat mengunjungi tempat ini antara pukul 07.00 hingga 16.00 WIB, tanpa biaya masuk, hanya ada biaya parkir yang dikenakan.

3. Bukit Tono

wisata bojonegoro
Source: Okezone.com


Bukit Tono, atau lebih familiar disebut Buton, merupakan destinasi wisata yang bakal bikin kamu puas, apalagi yang suka berfoto dan update keseharian di media sosial. Soalnya di sini menyediakan beragam lokasi foto yang sangat menarik.

Keistimewaan tempat ini semakin terasa dengan letaknya yang berada di ketinggian, memungkinkan kamu menikmati keindahan hutan jati dan pemandangan Pegunungan Kendeng.

Beberapa spot foto menarik di Bukit Tono mencakup tempat bersarang burung, rangka rumah, gardu pandang dengan panorama alam yang mempesona, serta berbagai spot foto menarik lainnya yang dapat dinikmati saat berada di Buton.

Info wajib baca: 7 Tempat Wisata Alam di Bandung, Sejuk dan Asri

4. Wisata di Bojonegoro, Teksas Wonocolo

Teksas merupakan kependekan dari Tekad Selalu Aman dan Sejahtera. Destinasi wisata Bojonegoro ini bisa sekaligus menjadi destinasi wisata pendidikan, sebab tempat ini memberikan informasi tentang proses pengeboran minyak secara tradisional. Mirip dengan Texas di Amerika, lho, tempat ini memiliki 250 sumur bor minyak bumi yang kini nggak lagi aktif.

Lokasi sumur-sumur tua ini berjarak 60 km dari pusat kota Bojonegoro dan berbatasan dengan Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Teksas Wonocolo diangkat sebagai geosite dalam Petroleum Geoheritage Bojonegoro karena di tempat ini terlihat batuan yang menggambarkan sistem petroleum.

Tempat ini terletak di Geopark Wonocolo, Kecamatan Kedewan. Mengunjungi Teksas Wonocolo bisa menjadi pengalaman bersama teman kamu untuk menambah pemahaman tentang proses pengeboran minyak yang pernah dilakukan di masa lalu.

5. GoFun Entertainment Complex

wisata bojonegoro
Source: Nativeindonesia.com

Mau ke tempat wisata modern? Kamu dapat mengunjungi GoFun Entertainment Complex. Kawasan taman hiburan ini menyediakan berbagai tempat menarik, seperti Jungle Safari, Rumah Bencana, dan Rumah Kaca.

Dapat menikmati berbagai permainan! Mulai dari komedi putar hingga kereta koboi yang seru. Saat malam hari, cahaya gemerlap dari terowongan lampion menambah keindahan tempat wisata Bojonegoro ini.

Sangat cocok berkunjung bersama teman, pasangan, ataupun ajak saudara kamu seru-seruan bareng di taman bermain ini!

Sumber:

  • Traveloka.com dengan judul “12 Destinasi Wisata di Bojonegoro Terfavorit”
  • Detik.com dengan judul “5 Wisata Hits di Bojonegoro, Ada Taman Bermain hingga Air Terjun”
  • Nativeindonesia.com dengan judul “17 Tempat Wisata Bojonegoro, Mulai dari Api Abadi Hingga Wisata Keluarga Malam”

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan sayang banget untuk dilewatkan, jangan lupa juga mencicipi makanan khas Bojonegoro, ya. Selamat berlibur!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare