...
5-min read

Wisata Indramayu yang Wajib Dikunjungi, Dari Wisata Outdoor Hingga Indoor!

Dari wisata alam sampai wisata edukasi, banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi di Indramayu!

Indramayu, sebuah kota yang kaya akan warisan budaya dan keindahan alamnya, menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Berlokasi di Provinsi Jawa Barat, Indramayu menawarkan pengalaman unik bagi para wisatawan yang ingin memahami keberagaman dan keindahan alam Indonesia. Jika berkunjung, kamu juga bisa jalan-jalan sambil mencoba makanan khas Indramayu yang lezat.

Dengan keindahan pantai, warisan sejarah, dan kekayaan budaya yang melimpah, Indramayu memiliki daya tarik tersendiri yang patut dijelajahi. Dari wisata outdoor hingga indoor, ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Indramayu. Tak hanya sekadar berlibur, Indramayu juga menyediakan tempat wisata edukasi, dari yang gratis hinga berbayar. Mau tahu apa saja tempatnya? Simak artikel berikut ini!

Destinasi Wisata di Indramayu

1. Pulau Biawak

Secara administratif, Pulau Biawak masuk ke Kecamatan Indramayu, dengan jarak sekitar 28 mil laut atau sekitar 40 kilometer dari pantai utara Tirtamaya Indramayu. Buat kamu yang suka wisata hidden gem, Pulau Biawak bisa menjadi pilihan karena hanya sedikit orang yang tahu dan mengunjungi pulau ini. Kamu bisa menjelajahi pulau eksotis ini dengan bantuan kapal penyebrangan maupun speedboat.

Tidak hanya air lautnya yang jernih, di sana juga ada mercusuar yang dibuat oleh Pemerintahan Belanda pada tahun 1872. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, mercusuar setinggi 65 meter atau 16 lantai tersebut masih berdiri tegak hingga kini. Adapun nama pulau ini dinamakan Pulau Biawak dikarenakan banyak hewan biawak yang menjadi ciri khas daerah ini.

Info wajib baca: Kost Cirebon yang Murah dan Dekat dengan Tempat-tempat Umum, Cek di Sini Yuk!

2. Taman Cimanuk

Source: Ihategreenjello

Ingin bersantai di taman sembari bersepeda? Taman Cimanuk siap untuk kamu kunjungi untuk bersantai! Bagi kamu yang hanya ingin mencari udara segar tanpa harus mengeluarkan ongkos yang banyak, Taman Cimanuk bisa menjadi tujuan. Hal ini dikarenakan jaraknya yang mudah dijangkau, sehingga taman ini tidak pernah sepi oleh wisatawan.

Tak hanya dedaunan yang hijau, kamu juga bisa melihat Sungai Cimanuk yang berada satu lokasi dengan taman ini. Sungai ini merupakan salah satu sungai terpanjang yang terletak di provinsi Jawa Barat, dan punya nilai sejarah yang tinggi. Hal ini dikarenakan sungai ini pernah menjadi pelabuhan ke dua terbesar setelah Sunda Kelapa. Di sungainya, kamu juga bisa main gowes bebek untuk melepas penat.

3. Taman Rusa Bumi Patra

Source: @pertamina/x.com

Taman Rusa Bumi Patra berlokasi di Jl. Bumi Patra Raya, Desa Pekandangan, Kecataman Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Bisa melihat sambil belajar mengenai rusa, kamu tidak perlu mengeluarkan uang masuk saat berkunjung ke sini. Taman Rusa Bumi Patra (TRBP) sendiri merupakan salah satu penangkaran rusa timor yang terdapat di Indramayu.

Tidak hanya satu ekor, namun terdapat 10 ekor rusa yang terdiri dari 5 jantan dan 5 betina do Taman Rusa Bumi Patra ini. Para pengunjung berinteraksi secara langsung dengan cara memberinya makan atau berfoto bersama para rusa yang lucu. Kamu dapat mengunjungi tempat ini setiap hari dari jam 8 pagi hingga 4 sore.

4. Agung Fantasi Waterpark

Ingin wisata air bersama keluarga atau teman-teman? Kamu bisa mengunjungi Agung Fantasi Waterpark yang berlokasi di Jl. Bangkaloa Ilir – Widasari No.58, Bangkaloa Ilir, Kec. Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat 4527. Tidak hanya asyik untuk anak-anak, kamu yang sudah dewasa pun juga bisa bermain-main di tempat ini dengan berbagai macam fasilitas.

Di Agung Fantasi Waterpark, terdapat kolam renang dewasa, beberapa perosotan atau wahana air lainnya seperti triple slide splash dan twister lide. Pemandangan alamnya pun sangat sejuk dengan berbagai pepohonan besar yang membuatmu merasa adem setelah berenang. Tak hanya untuk berenang, kamu juga bisa piknik di sini, lho!

5. Museum Bandar Cimanuk (MBC)

Museum Bandar Cimanuk (MBC) Indramayu berlokasi di Lemahabang, Indramayu, Indramayu Regency, West Java 45212, Indonesia. Tempat ini cocok bagimu pecinta sejarah, sebab kamu bisa melihat beberapa peninggalan sejarah Indramayu ini. Kamu bisa melihat peninggalan Cina, Belanda, dan India. Untuk masuk ke museumnya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 5 ribu rupiah saja dan sudah termasuk dengan parkir kendaraan, murah bukan?

Info wajib baca: Profil dan Perjalanan Karir Devano Danedra, Aktor Muda dan Berbakat

6. Alun-alun Indramayu

Alun-alun di Indramayu berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo, Desa Margadadi, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu. Destinasi wisata ini merupakan salah satu tempat yang populer di kalangan masyarakat sekitar. Jika kamu mengunjungi Alun-alun Indramayu ini pada malam minggu, kamu bisa melihat banyak orang yang datang. Sembari jalan-jalan, kamu juga bisa makan jajanan khas Indramayu yang dijajakan di sana.

7. Pantai Juntinyuat

Pantai ini berlokasi di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dengan mengeluarkan uang sebesar 20 ribu rupiah, kamu bisa menikmati pasir pantai yang bersih serta berjalan-jalan sepuasnya. Jika lapar, kamu juga bisa menyantap hidangan laut yang ada di sana, mulai dari 35 ribu rupiah, kamu sudah bisa makan-makan bersama keluarga dengan puas.


Sebagai destinasi wisata, Indramayu tak hanya memberikan pesona alam yang memukau, tetapi juga mengajak setiap pengunjung untuk meresapi kehidupan lokal dan kearifan budaya yang ada. Di destinasi wisata di atas, banyak juga penjual yang menjajakan makanan khas Indramayu yang membuat perjalanmu semakin berkesan. Maka dari itu, jangan lupa dicoba, ya!

Mau tahu rekomendasi destinasi wisata lainnya? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare