...
5-min read

7 Destinasi Wisata di Jatinangor Untuk Liburan Akhir Tahun!

Jika ke Jatinangor, jangan hanya main-main ke kampusnya saja! Kunjungi destinasi wisata Jatinangor berikut, dijamin bikin pengen balik lagi!

Ingin berkunjung ke Jatinangor? Pastikan kamu juga mengunjungi destinasi wisatanya yang natural dan alami. Bagi kamu yang tinggal di kota dengan polusi serta kemacetan, tempat-tempat ini cocok untukmu menyegarkan paru-paru kembali. Tak hanya asri, Jatinangor menawarkan wisata hiking dan camping bagi pemula.

Kali ini Kostmin akan memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Jatinangor, Jawa Barat. Jadi bagi kamu yang ingin ke sini, simak baik-baik sampai habis, ya! Mari kita mulai perjalanan di Jatinangor!

Rekomendasi Destinasi Wisata di Jatinangor

1. Wisata Jatinangor: Jans Park

Jans Park Jatinangor atau Jatinangor National Flower Park adalah salah satu tempat wisata keluarga di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Taman ini berlokasi tepat di Jatinangor Nasional Park, Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Jans Park buka dari pukul 08.00 – 17.00 weekdays dan pukul 08.00 – 18.00 saat weekend.

Mengutip dari laman resminya, destinasi wisata yang satu ini baru saja dibuka pada tanggal 18 November 2022 tahun lalu. Memiliki luas 7.5 hektar, Jatinangor National Park (Jans Park) juga menawarkan pemandangan menakjubkan pegunungan Manglayang sebagai kelebihannya. Harganya juga cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak 30 ribu saat weekday dan 40 saat weekend.

Info wajib baca: 6 Wisata di Ambarawa yang Wajib Kamu Kunjungi, Dari Candi Hingga Gua!

2. Gunung Geulis

wisata jatinangor
Source: Sumedang Tandang

Gunung Geulis adalah sebuah gunung kecil yang berlokasi di wilayah barat Kabupaten Sumedang. Kawasan wisata ini berlokasi di tapal batas tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung dan Kecamatan Tanjungsari.

Dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi, Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian sekitar 1.281 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini tidak terlalu dikenal oleh orang di luar sekitar Gunung Geulis. Pendaki gunung ini biasanya terbatas bagi orang sekitar saja seperti warga lokal Jatinangor atau Tanjungsari.

Gunung Geulis cocok bagi kamu pendaki pemula yang ingin menikmati pemandangan. Kamu bisa melihat indahnya pemandangan alam seperti di saat sunrise atau pada saat sunset dari atas puncaknya.

3. Wisata Jatinangor: Kiarapayung Camp

Destinasi wisata ini juga dikenal dengan nama Kiarapayung Jatinangor. Kiarapayung Camp merupakan salah satu tempat camping yang sejuk dan indah. Tidak jauh dari wisata alam lainnya di Jatinangor, lokasi Kiarapayung Camp berhadapan langsung dengan Gunung Geulis. Harga tiket masuk Kiarapayung Camp cukup membayar sebesar 10 ribu rupiah saja. Di sna juga ada berbagai fasilitas umum seperti toilet, masjid, dan sewa tenda.

Bumi Perkemahan Kiarapayung memiliki tanah yang luas, tak heran jika destinasi wisata yang satu ini sering digunakan oleh lembaga-lembaga formal maupun non-formal untuk menyelenggarakan acara. Kamu bisa melihat Gunung Geulis langsung dari tempat ini. Tak hanya itu, jika kamu berkunjung ke Kiarapayung Camp pada malam hari, kamu bisa melihat cantiknya city lights Jatinangor.

Info wajib baca: 5 Destinasi Wisata di Cianjur yang Cocok untuk Healing!

4. Batu Kuda

wisata jatinangor
Source: Napaktilas

Ingin berlibur bersama keluarga? Batu Kuda merupakan destinasi wisata yang cocok untukmu! Batu Kuda merupakan salah satu tempat terbaik untuk piknik bersama keluarga. Sama seperti objek wisata alam gunung pada umumnya, Batu Kuda memiliki panorama alam yang masih sangat natural yang membuatnya cocok untuk foto-foto dengan latar belakang pohon-pohon yang asri.

Batu Kuda sendiri merupakan aset milik Perum Perhutani yang terletak di Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung. Jika ingin bersantai, kamu juga bisa menyewa hammock dengan warna yang sesuai dengan keinginanmu. Tak hanya itu, dengan harga tiket masuk 10 ribu saat weekday dan 12 ribu rupiah saat weekend, kamu bisa berolahraga, ngopi, camping, dan hiking di destinasi wisata yang satu ini.

5. Wisata Jatinangor: Tangga Seribu Manglayang

Lagi tidak punya uang, namun ingin healing ke alam? Tangga Seribu Manglayang bisa jadi tujuan utama untukmu! Kawasan wisata ini berada di RW 18 Desa Cibiru Wetan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tangga ini terletak di kaki Gunung Manglayang, Jawa Barat yang berada pada ketinggian kurang lebih 1.828 meter di atas permukaan air laut.

Gratis, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk parkir sebanyak 5 ribu sampai 8 ribu rupiah. Kamu juga bisa berkemah di kaki Gunung Manglayang ini, namun harus mengeluarkan biaya sebesar 20 ribu rupiah. Jika ingin berkunjung, disarankan untuk membawa air minum dari rumah. Namun jika lupa membawanya, ada tukang es kelapa yang siap melayanimu jika kamu haus di tengah perjalanan.

6. Menara Loji

Bagi kamu yang mengunjungi sanak saudara yang berkuliah di ITB Jatinangor, kamu pasti tidak ingin melewatkan destinasi wisata bersejarah yang satu ini. Pada tahun 1800-an, seorang tuan tanah berkebangsaan Jerman Baron Braud pada saat itu membangun sebuah menara jaga bernama Menara Loji. Adapun menara ini berfungsi sebagai pos pantau untuk mengawasi para pekerja.

Keunikkan dari bangunan Menara Loji yakni desainnya yang kuno namun tetap unik. Dengan corak gothic ala abad pertengahan Eropa membuat siapa pun yang mengunjunginya merasakan suasana masa lalu yang estetik. Melansir dari ITB Jatinangor, saat masih, beroperasi, terdapat lonceng pada menara ini, namun kini tidak dibunyikan lagi sebab lonceng tersebut dicuri.

7. Wisata Jatinangor: Jembatan Cincin

Di Jatinangor juga terdapat jembatan yang cukup legendaris, nih, namanya Jembatan Cincin. Jembatan ini juga menjadi bukti sejarah masa penjajahan Indonesia. Dibangun pada tahun 1918, jembatan yang memiliki panjang sekitar 40 meter ini letaknya membentang di belakang Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Dulunya, jembatan ini adalah jalur kereta api peninggalan masa penjajahan Belanda untuk mengangkut hasil bumi dari Sumedang ke Batavia. Nah, setelah kekuasaan Indonesia dialihkan ke Jepang pada tahun 1942, jembatan ini tidak lagi berfungsi.

Updated by Aziza


Itu dia sederet destinasi wisata di Jatinangor. Ternyata banyak banget, ya, tempat seru yang bisa kita kunjungi di sini? Kalau kamu kost di Jatinangor, bisa sering-sering main ke tempat ini, deh!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare