...
tempo gelato taman siswa
5-min read

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mampir ke Tempo Gelato Taman Siswa, Dijamin Nggak Nyesel!

tempo gelato taman siswa

Penggemar gelato wajib mampir ke Tempo Gelato Taman Siswa kalau ke Jogja.

Tempo Gelato Tamansiswa merupakan salah satu outlet Tempo Gelato yang berlokasi di Jalan Tamansiswa No. 54, Wirogunan, Mergangsan, Yogyakarta. Outlet ini merupakan outlet kedua yang dibuka Tempo Gelato di Yogyakarta. Dua outlet gelato terdekat lainya, yaitu di Jalan Prawirotaman dan di Jalan Kaliurang.

Sebagai informasi, ketika pertama kali buka di Prawirotaman pada 2015, Tempo Gelato masih berupa outlet kecil. Outlet ini menjadi menarik karena memiliki nuansa industrial Eropa dan sentuhan khas rural (pedesaan) Jawa, kini outlet di Prawirotaman sudah dianggap menjadi ikon Jogja.

Gelato adalah es krim dalam bahasa Italia, tetapi rasanya berbeda dari es krim pada umumnya. sajian dingin ini terbuat dari susu, krim, dan gula, lalu disajikan dalam suhu ideal tiga derajat. Berbeda dari es krim, gelato memiliki terasa lebih padat dengan tekstur halus dan rasa susu yang kuat.

Info wajib baca: 5 Tempat Makan Sate Taichan Enak dan Murah di Jakarta | Pencinta Makanan Pedas Merapat!

Mengenal Gelato dan Perbedaannya dari Es Krim

Tempo gelato taman siswa
Source: Kompas.com

Kamu sudah tahu belum, nih, kalau gelato dan es krim itu berbeda, lho. Kalau mau tahu lebih detail coba simak di bawah ini, ya!

1. Memiliki kalori dan lemak yang lebih rendah

Gelato memiliki kandungan kalori dan lemak yang lebih rendah daripada es krim. Ini karena gelato umumnya dibuat dengan takaran susu yang lebih banyak daripada es krim. 

Sedangkan pada es krim, lebih banyak menggunakan krim daripada susu. Makin banyak krim yang digunakan, makin tinggi pula kandungan lemak jenuhnya.

Selain itu, es krim biasanya juga mengandung kuning telur yang bisa menambah lemak di dalamnya, sedangkan gelato jarang.

Fyi, kadar lemak jenuh yang tinggi dapat berpotensi meningkatkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

2. Gelato dari Italia, sementara es krim dari Tiongkok

Gelato merupakan dessert yang berasal dari Italia. Ada versi yang menyebutkan bahwa gelato pertama kali dibuat di kota Sisilia. Namun versi lain menyebutkan pencuci mulut ini pertama kali dibuat di kota Florence.

Sedangkan asal muasal es krim sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun, menurut sumber paling awal yang bisa ditemukan, es krim sudah mulai dibuat di Tiongkok pada zaman kerajaan kuno menggunakan bahan susu kerbau, tepung, dan es.

3. Penyajian gelato dan es krim juga beda

Gelato umumnya diambil menggunakan sendok lebar berbentuk datar. Tujuannya yaitu agar mempertahankan teksturnya yang lembut. Untuk penyimpanan, gelato disimpan di suhu yang lebih tinggi daripada es krim.

Kemudian seperti yang biasa terlihat, es krim diambil menggunakan sendok es krim berbentuk bulat agar lebih mudah saat menyajikannya, sesuai dengan tekstur lembut dan tidak padat.

Info wajib baca: Daftar Menu Ice Cream Mixue yang Wajib Dicoba, Harganya Ramah di Kantong!

5 Alasan kamu harus ke Tempo Gelato Taman Siswa

Source: Restaurant Guru

Setelah mengetahui apa itu gelato dan perbedaannya dengan es krim, maka selanjutnya kamu harus tahu lima alasan yang membuatmu harus berkunjung ke gerai Tempo Gelato Taman Siswa di Yogyakarta.

1. Harga menu yang terjangkau

Harga menu gelato yang dijual di seluruh outlet Tempo Gelato tergolong terjangkau, termasuk di Tempo Gelato Tamansiswa. Hal ini dikarenakan kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp30 ribu untuk membeli gelato 2 rasa dengan cone.

Jika kamu tidak ingin cone, maka kamu dapat membeli varian cup dengan harga mulai dari Rp25 ribu saja. Untuk harga lengkap varian cup di Tempo Gelato Tamansiswa yaitu sebagai berikut:

  • Small: Rp25 ribu (2 rasa)
  • Medium: Rp45 ribu (3 rasa)
  • Big: Rp70 ribu (4 rasa)
  • Extra Big: Rp120 ribu (5 rasa)

2. Tersedia banyak varian rasa

tempo gelato tamansisw
Source: Travel Kompas

Jika ke Tempo Gelato Taman Siswa maka kamu dapat memilih 2 atau lebih dari 65 varian rasa yang tersedia. Ada varian rasa buah-buahan, rempah-rempah seperti kemangi, dan juga sorbet. Beberapa rasa gelato yang jadi favorit di antaranya adalah banana (pisang), chocomilk (susu cokelat), cocho mint (mint dengan cokelat), vanilla, dan cappucino.

Tidak hanya itu saja, ada banyak rasa lain yang dapat kamu nikmati di outlet gelato ini. Beberapa rasa lain yang dapat kamu nikmati di outlet gelato ini antara lain adalah coffee, cheese, coconut, chocolate, tiramisu, Oreo, Nutella, bahkan kemangi, dan masih banyak lagi.

3. Tanpa bahan pengawet

Gelato dari Tempo Gelato Taman siswa dibuat tanpa menggunakan mesin, alias homemade. Semua gelatonya terbuat dari bahan-bahan alami,alias tanpa menggunakan bahan pengawet. Hal tersebutlah yang membuat pengunjung bolak-balika datang ke sini. Oleh karena itu, rasanya tak lengkap apabila ke Jogja tidak mengunjungi Tempo Gelato.

4. Memiliki tempat yang luas

Source: Kotomono.co

Outlet Tempo Gelato yang terletak di Tamansiswa memiliki luas lebih besar dibanding outlet-nya yang terletak di Prawirotaman.

Lalu, di bagian belakang outlet terdapat ruangan terbuka dengan pepohonan hijau yang bisa membuat pengunjung makin betah untuk menghabiskan waktunya di sini. Pengunjung dapat memilih untuk menikmati gelato di dalam ruang maupun di ruang terbuka.

5. Bangunan yang estetik jadi makin menarik

Sesuai dengan asal muasal gelato yaitu Italia, bangunan di Tempo Gelato Taman Siswa ini memiliki desain yang sangat estetik dan unik karena bernuansa perpaduan antara Jawa dan Eropa (Italia), sehingga tak jarang pengunjung yang memanfaatkan keestetikan tempat ini untuk foto-foto atau membuat konten.

Seru, kan?


Itu dia sejumlah alasan mengapa kamu harus mengunjungi Tempo Gelato Taman Siswa, apalagi kamu yang penggemar gelato, wajib coba, deh!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare