...
ltmpt 2023
5-min read

Tertarik Masuk PTN? Yuk Simak Syarat-Syarat Pendaftaran Seleksi PTN 2023!

ltmpt 2023

Pahami istilah dan syarat LTMPT 2023 dalam pendaftaran seleksi perguruan tinggi berikut ini, yuk!

Siapa, nih, di antara kalian yang lagi sibuk mempersiapkan berbagai jenis tes masuk kuliah? Tak terasa seleksi perguruan tinggi telah di depan mata. Sekarang ini, terdapat berbagai macam istilah sistem seleksi perguruan tinggi yang dapat ditemukan, salah satunya yaitu LTMPT 2023.

Untuk kamu yang lagi cari-cari informasi terkait seleksi perguruan tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN), wajib mengetahui tentang LTMPT ini. Lalu, apa itu LTMPT dan apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftar seleksi perguruan tinggi melalui LTMPT? Yuk, simak beberapa penjelasannya di bawah ini!

Apa itu LTMPT 2023?

Berikut penjelasan singkat yang dapat kamu pahami terkait LTMPT 2023.

apa itu ltmpt 2023
Source: New Straits Times

LTMPT merupakan singkatan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. LTMPT adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi para calon mahasiswa baru dan bekerja di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Menjadi satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi di Indonesia, LTMPT adalah langkah pertama bagi para calon mahasiswa yang ingin mewujudkan cita-citanya untuk dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

LTMPT ini kemudian dibentuk sebagai salah satu bagian dalam rangkaian alur seleksi sistem perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri mereka di PTN.

LTMPT pertama kali dibentuk secara resmi pada tanggal 4 Januari 2019 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dibentuknya LTMPT ini memiliki tujuan khusus, yaitu menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi yang adil, kredibel, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

Info wajib baca: Info Cari Kost Murah dan Strategis di Karawang | Cek Panduan Tinggal di Kawasan Industri Ini

Fungsi LTMPT 2023

fungsi ltmpt 2023
Source: BioFar.ID

LTMPT juga memiliki beberapa fungsi dalam penyelenggaraannya sebagai berikut:

  1. Mengolah dan mengelola data calon para mahasiswa oleh rektor PTN yang akan digunakan untuk bahan seleksi PTN jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri).
  2. Mengolah dan mengelola data calon para mahasiswa oleh rektor PTN yang akan digunakan untuk bahan seleksi PTN jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).
  3. Menyelenggarakan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN yang terdiri atas TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akademik) sebagai salah satu ketentuan dalam penyeleksian calon mahasiswa PTN jalur SBMPTN dan mandiri.
  4. Memberikan informasi terkait hasil UTBK SBMPTN kepada seluruh peserta seleksi dan PTN yang dituju.

Mengapa LTMPT Diganti Menjadi SNPMB?

SNPMB menggantikan LTMPT
Source: Tirto.ID

Mulai tahun 2023, LTMPT ditiadakan dan diganti dengan istilah baru yaitu SNPMB. Pada awal tahun 2023, terdapat perubahan dalam jalur penerimaan Mahasiswa di perguruan tinggi di mana sudah tidak lagi dilakukan melalui LTMPT. Dalam sistem LTMPT, terdapat beberapa istilah yang telah familiar di kalangan calon mahasiswa seperti SNMPTN dan SBMPTN.

Namun, pada tahun 2022 kemarin, LTMPT diganti menjadi SNPMB yang merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru. Dalam SNPMB terdapat 3 jenis model di antaranya yaitu SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes), dan Seleksi Mandiri.

Sebenarnya tidak banyak perubahan yang terjadi dari LTMPT ke SNPMB, hanya berubah istilah saja, kok. LTMPT menjadi SNPMB, SNMPTN menjadi SNBP, SBMPTN menjadi SNBT, dan Jalur Mandiri. Perubahan ini berdasarkan Permendikbud Ristek no. 48 tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Nadiem Anwar Makarim pada tanggal 1 September 2022 lalu dan diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM yaitu Yasonna H. Lalou pada 5 September 2022.

Syarat Daftar SNBP 2023

Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon Mahasiswa untuk SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) 2023.

syarat snbp 2023
Source: snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  1. Siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan (SMA/MA/SMK yang memiliki NPSN).
  2. Memiliki prestasi akademik dan/atau nonakademik yang baik dan konsisten.
  3. Masuk kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah.
    • Akreditasi A: 40 persen terbaik di sekolah
    • Akreditasi B: 25 persen terbaik di sekolah
    • Akreditasi C dan lainnya: 5 persen terbaik di sekolah
  4. Memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 yang telah diisi di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa).
  5. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib untuk mengunggah portofolio.

Info wajib baca: 7 Pilihan Pekerjaan Sampingan Online, Cuma Modal Hp Dapat Uang!

Syarat Daftar SNBT 2023

syarat snbt 2023
Source: iStock

Di bawah ini tertera beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon Mahasiswa untuk mendaftar SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2023.

  1. Memiliki akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).
  2. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK sederajat calon lulusan 2023 harus memiliki surat keterangan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 atau peserta didik paket C tahun 2023 dengan usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023.
  4. Surat keterangan siswa kelas 12 yang juga dilengkapi dengan foto terbaru (berwarna), stempel sekolah, dan tanda tangan kepala sekolah.
  5. Bagi peserta didik lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan paket C tahun 2021 dan 2022 harus mempunyai ijazah dan berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023. Sementara, siswa lulusan SMA/sederajat dari luar negeri wajib mempunyai ijazah yang sudah disetarakan.
  6. Tidak lulus SNBP 2023/SNMPTN 2022/SNMPTN 2021.
  7. Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.
  8. Untuk peserta yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah portofolio.
  9. Pendaftar tunanetra wajib mengunggah surat pernyataan tunanetra.

Syarat Daftar Seleksi Mandiri 2023

Persyaratan untuk Seleksi Mandiri ini telah ditetapkan oleh pemimpin PTN yang telah dilaporkan kepada Kementerian. Berikut persyaratan untuk daftar Seleksi Mandiri 2023:

syarat daftar seleksi mandiri 2023
Source: VOA Indonesia
  1. Mengikuti dan dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru.
  2. Telah mempunyai ijazah asli. Jika belum, dapat menggunakan surat keterangan lulus pada pendidikan menengah.
  3. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Nah, itu tadi penjelasan terkait LTMPT dan SNPMB beserta syarat-syarat untuk mengikuti pendaftaran seleksi perguruan tinggi jalur SNBP, SNBT, dan Seleksi Mandiri. Kira-kira persiapan kamu udah sampai mana, nih, buat mengikuti seleksi-seleksi perguruan tinggi ini? Coba bagikan di kolom komentar.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Kost Bandung Murah

Info Kost Dago Murah

Info Kost Manado Murah

Kost Jakarta Selatan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare