...
desain dapur sederhana di kampung
5-min read

Unik dan Estetik! Berikut 5 Desain Dapur Sederhana Layaknya di Kampung!

desain dapur sederhana di kampung

Ini dia desain dapur sederhana di kampung untuk sambut Ramadhan dan Idul Fitri.

Bosan dengan desain dapur minimalis modern dan ingin memiliki suasana dapur seperti di kampung? Kamu nggak perlu khawatir karena Infoblog telah merangkum beberapa rekomendasi dapur sederhana di kampung dalam artikel ini.

Kamu bisa menemukan beberapa rekomendasi desain dapur sederhana di kampung dalam informasi di bawah ini sebagai inspirasi. Selain memberi kesan sedang berada di kampung, desain dapur ini akan membuat kamu bernostalgia untuk mengingat kembali dapur di kampung halamanmu.

Tips Hemat Merenovasi Dapur di Rumah

Sebelum melihat rekomendasi desain dapur sederhana di kampung, yuk, simak terlebih dahulu beberapa tips hemat berikut buat kamu yang sedang ingin merenovasi dapur di rumah!

tips hemat membangun dapur di rumah
Source: Nerolac

1. Mengetahui ukuran dapur

Tentunya, ketika ingin membangun suatu ruangan di rumah, kamu harus mengetahui ukuran dari ruangan tersebut. Jika ruangan yang akan dibangun semakin luas, maka biaya yang harus dikeluarkan pun makin tinggi.

Maka dari itu, tips hemat dalam membangun dapur di rumah yang pertama ialah kamu dapat mulai dengan memilih kitchen set (lemari kabinet untuk menyimpan peralatan dapur) ukuran kecil terlebih dahulu.

Sesuaikan pula dengan ukuran dapurmu, karena jika membutuhkan lebih banyak material kayu, maka biayanya pun akan bertambah.

Kamu juga bisa membeli lemari lepasan yang banyak dijual di pasaran. Selain karena harganya lebih murah, lemari jenis ini dapat dengan mudah kamu pindah-pindahkan sesuai dengan kebutuhan.

2. Bahan atau material kitchen set

Selain ukuran ruangan, bahan juga menjadi suatu hal yang sangat memengaruhi harga kitchen set. Semakin bagus bahannya, maka semakin mahal pula harganya. Biasanya, bahan favorit untuk membangun dapur ialah kayu baik dalam jenis multipleks, kayu belanda, atau Medium Density Fiberboard (MDF).

Umumnya, kitchen set terdiri atas bagian lemari atas dan bawah, namun untuk melakukan tips hemat, kamu bisa membuat lemari bagian bawah saja dan memilih rak-rak terbuka untuk tempat penyimpanan.

3. Backsplash

Backsplash merupakan area dinding yang ada di belakang kompor. Pada umumnya, area ini menjadi bentuk kreasi dari si pemilik rumah mulai dari penggunaan keramik mozaik, motif jadul, pola zig-zag, dan lain-lain.

Namun, perlu diingat bahwa motif keramik pun memiliki desain dan harga yang beragam. Untuk tips hemat ini, kamu dapat memilih keramik polos yang tersedia di pasaran karena selain harganya yang lebih murah, jenis ubin ini tidak memakan waktu lama untuk dipasang sehingga kamu juga bisa menghemat biaya tukang.

4. Table Top

Table top ialah pelapis bagian atas meja tempat menyiapkan masakan atau disebut juga meja kerja dapur. Dan table top ini merupakan salah satu elemen yang menerima beban paling berat di dapur mulai dari memotong bahan makanan, menaruh panci panas, hingga menuang makanan dari wajan ke piring.

Oleh karena itu, bahan-bahan seperti marmer, granit, kayu solid atau stainless steel sering dijadikan bahan utama table top. Namun, jika kamu ingin menggunakan tips hemat ini kamu dapat mengakalinya dengan memasang keramik lantai sebagai table top.

5. Aksesori

Tips hemat yang terakhir yaitu aksesori. Siapa, sih, yang nggak mau punya dapur estetik seperti di media sosial sekarang ini?

Jika kamu tetap ingin memiliki desain dapur estetik namun dengan budget yang terbatas, kamu bisa mengakalinya sendiri dengan memilih produk-produk aksesori yang kece dengan harga terjangkau. Misalnya, kamu tidak perlu membeli lampu mewah yang gemerlap untuk dipasang di dapur, pilihlah lampu dengan kualitas sedang namun garansi pemakaian cukup lama.

Info wajib baca: 9 Ide Dekorasi Idul Fitri untuk Kantor Biar Makin Cakep | Bisa Kamu Bikin Sendiri Juga

5 Desain Dapur Sederhana Layaknya di Kampung

Buat yang ingin bernostalgia sama nuansa kampung halaman, kamu bisa intip beberapa rekomendasi desain dapur sederhana dengan suasana di kampung berikut ini!

1. Desain dapur kampung semi terbuka

desain dapur kampung semi terbuka
Source: Orami

Jika dilihat, desain ini dapat terbilang cukup sederhana. Namun, kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu ruangan terbuka yang ada di rumahmu.

Kamu hanya perlu membuat bagian tungku untuk memasak yang terbuat dari batu bata atau bebatuan dengan ukuran kubus. Pada bagian bawahnya juga terdapat kolong yang dapat digunakan untuk meletakkan kayu bakar.

Untuk bagian atapnya, kamu bisa menggunakan material dari fiber glass dengan kayu untuk menghindari teriknya matahari yang menusuk ataupun antisipasi datangnya musim hujan. Gimana? Desain satu ini sangat sederhana namun memiliki unsur suasana seperti di kampung, kan?

2. Dapur tempo dulu

dapur tempo dulu
Source: Pinterest

Inspirasi desain dapur sederhana dengan nuansa kampung selanjutnya yaitu dapur tempo dulu. Nah, buat penyuka nuansa jadul atau zaman dahulu, kamu bisa banget renovasi dapurmu dengan desain ini.

Kalau kamu masih ingat, desain dapur ini juga sering digunakan oleh orang-orang tua zaman dahulu seperti nenek atau kakek atau buyut kita. Desain dapur ini pun kebanyakan menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya mulai dari meja, kursi, maupun kabinet dapur.

Kalau dapurnya seperti ini, jadi makin kangen sama rumah nenek, ya, gaes?

3. Dapur dengan semua ornamen kayu

dapur ornamen kayu
Source: www.bigstockphoto.com

Zaman dahulu, desain dan bahan-bahan peralatan rumah identik dengan kayu, salah satunya yaitu dapur. Makanya, di kampung halaman masih sering ditemukan dapur-dapur yang menggunakan bahan dasar kayu sebagai bahan untuk desain dapur beserta peralatannya.

Kalau suka dengan konsep desain kayu, kamu bisa mengambil inspirasi dari gambar di atas di mana segala hal dalam desain dapur tersebut terbuat dari kayu mulai dari meja, kursi, lemari, rak, hingga alat masak. Wah, kalau dapurnya kayak gini jadi semakin terasa banget di kampung, ya?

4. Desain dapur tipe 21 di kampung

Source: 1.bp.blogspot.com

Buat yang suka desain dapur minimalis modern namun tetap memberikan suasana sederhana di kampung, desain satu ini juga bisa jadi inspirasi untuk merenovasi dapur kamu, lho!

Yang unik dari desain ini, bagian bawah kitchen set hanya ditutupi oleh kain seperti beberapa rumah di kampung halaman. Selain lebih murah, penggunaan kain juga lebih praktis karena kamu bisa ganti motif kain sesuka kamu, kapan aja.

Dengan rumah minimalis tipe 21 seperti di atas tidak menjadi halangan untuk membangun dapur yang nyaman. Seperti pada gambar di atas, kamu bisa buat ruangan yang memanjang dan manfaatkan dinding dengan semaksimal mungkin untuk menyimpan peralatan dapur.

Info wajib baca: Catat! 20 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dalam Bahasa Indonesia dan Inggris

5. Dapur sederhana kampung dengan kitchen set modern

dapur sederhana di kmapung
Source: 1.bp.blogspot.com

Nah, kalau lebih suka perpaduan antara suasana tradisional dan modern, desain satu ini cocok buat kamu jadikan inspirasi. Kamu dapat meminta tukang kayu untuk membuat kitchen set yang sesuai dengan seleramu.

Dengan desain dapur yang tidak terlalu tinggi ini, kamu dapat dengan mudah melakukan aktivitas di dapur, terutama ketika memasak. Hal ini juga penting agar tubuh kamu tidak mudah lelah dan kesehatan pun tetap terjaga.


Nah, itu tadi, gaes, beberapa rekomendasi desain dapur sederhana di kampung beserta tips hemat dalam merenovasi dapur kamu. Untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, selain berminat untuk mempercantik rumah, kira-kira kamu mau nyiapin apa lagi, nih? Yuk berbagi di kolom komentar!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare