...
wisata cianjur
5-min read

5 Destinasi Wisata di Cianjur yang Cocok untuk Healing!

wisata cianjur

Nggak hanya sejuk, wisata Cianjur ini juga memanjakan mata dan cocok untuk foto-foto!

Ingin merasakan udara yang sejuk dan pemandangan yang indah? Mungkin kamu ingin mempertimbangkan beberapa destinasi wisata ini sebagai tujuan wisatamu. Tidak jauh dari Jakarta, banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Cianjur, dari situs sejarah hingga taman nasional.

Ingin tahu apa saja rekomendasi tempatnya? Pastikan kamu membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui kapan kawasan wisata buka serta berapa harga tiketnya. Mari kita bersama-sama memulai perjalanan ke Cianjur!

Rekomendasi Destinasi Wisata di Cianjur

Kostmin punya bocoran beberapa destinasi wisata Cianjur yang menarik untuk kamu kunjungi, nih.

1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

wisata cianjur
Source: Kabar Alam

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) memiliki peran yang penting dalam sejarah konservasi di Indonesia. Kawasan yang ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1980 ini memiliki luas 22.851,03 hektar. Mengutip Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan.

Tempat ini sangat cocok untuk healing, karena banyak pepohonan yang membuat paru-parumu lebih segar. Kamu bisa melihat pohon-pohon langka seperti “pohon raksasa” Rasamala, “si pemburu serangga” atau kantong semar, serta beragam jenis anggrek hutan. Tak hanya itu, ada juga beberapa jenis tumbuhan yang belum dikenal namanya secara ilmiah, seperti jamur yang bercahaya.

Tak hanya memiliki beragam tumbuhan yang unik, kawasan ini juga merupakan habitat dari berbagai jenis satwa liar. Kamu bisa melihat kepik raksasa, sejenis kumbang, lebih dari 100 jenis mamalia seperti kijang, pelanduk, anjing hutan, macan tutul, sigung, serta dua ratus lima puluh jenis burung.

  • Alamat: Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jln. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

2. Karang Potong Ocean View

wisata cianjur
Source: Radar Cianjur

Selain cocok untuk healing, destinasi wisata yang satu ini menawaran pemandangan yang indah dan estetik, sehingga cocok untuk berfoto-foto. Serasa di Bali, Karang Potong Ocean View menawarkan berbagai fasilitas untuk pengunjung, seperti wisata selfie, resor mewah, glam camp resto, beragam gerai makanan, hingga taman bermain anak-anak.

Memiliki konsep yang serupa dengan Heha Ocean View kamu bisa mengambil foto dengan pemandangan laut. Tak hanya pantainya yang biru, Karang Potong Ocean View juga memiliki arsitektur bangunan unik yang terinspirasi dari bangunan-bangunan di seluruh dunia. Serasa di Eropa, kamu bisa berfoto dengan replika Koloseum Roma Italia di sini.

Karang Potong Ocean View buka dari pukul 9 pagi hingga 6 sore. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak 20 ribu pada weekday dan 25 ribu untuk menikmati laut biru dan udara yang segar ala pantai!

  • Alamat: Karang potong Ocean View @ Kampung Sedekan, Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Cianjur yang Wajib Kamu Cicipi Ketika Berkunjung Kesana

3. Gunung Padang Megalithic Site

wisata cianjur
Source: Orami

Kawasan ini merupakan salah satu kawasan bersejarah di Cianjur. Di bagian atas Gunung Padang, kamu bisa melihat balok-balok bangunan konstruksi kuno tersebar di rerumputan. Bentuknya seperti batu bata persegi panjang, mungkin rata-rata panjangnya sekitar dua meter, dan berat saat diangkat.

Meskipun seperti batu bata, batu-batu ini bukan buatan manusia. Setiap bagiannya adalah batuan padat dan ditempa oleh gunung berapi pada zaman dahulu kala. Mengutip dari Time Travel Turtle, seorang penjaga gunung ini mengatakan bahwa batu-batu ini mengeluarkan energi. Tak hanya itu, ada juga dua batu panjang khusus yang bisa menghasilkan suara musik ketika dipukul di tempat yang tepat.

Para arkeolog mengatakan, gunung ini dibuat oleh manusia. Mereka juga mengatakan bahwa kawasan ini merupakan makam yang sangat besar yang dibangun dari batuan vulkanik selama berabad-abad serta dari generasi ke generasi. Arkeolog mengklaim memiliki bukti dari pengujian bahwa manusia mungkin telah membangunnya sejak 20.000 tahun yang lalu.

Kamu bisa berkunjung ke situs bersejarah yang dibuka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 4 sore. Tiket dijual dengan harga 10 ribu rupiah.

  • Alamat: Gunung Padang @ Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

4. Taman Bunga Nusantara

Source: CianjurKUY

Ingin melihat pemandangan yang cantik dan warna-warni? Taman Bunga Nusantara merupakan tempat yang tepat untukmu! Serasa di Belanda, kamu bisa melihat indahnya bermacam-macam bunga. Ada pula fasilitas lain yang membuat kamu ingin berkunjung ke sini, seperti Nany’s Galleria (tempat oleh-oleh dan souvenir), kafe dan restoran, Menara Pandang, amphitheater, dan lain sebagainya.

Tak hanya menyegarkan mata, kawasannya yang estetik juga bikin kamu ingin selalu berfoto di setiap spotnya. Dengan tiket masuk yang hanya 40 ribu rupiah, kamu bisa menikmati berbagai bunga dari berbagai macam negara. Taman ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga 5 sore pada saat weekday, dan 8 sore hingga 6 sore saat weekend.

  • Alamat: Taman Bunga Nusantara Jln. Mariwati No.KM. 7, Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Info wajib baca: Rekomendasi Curug di Cianjur yang Segar dan Memanjakan Mata

5. Bravo Camping Ground Citampele

Bravo Camping Ground Citampele sangat cocok bagi kamu yang ingin liburan bersama keluarga atau teman-teman. Mengutip dari Pinhome, kamu bisa menikmat beragam fasilitas di kawasan ini, mulai dari fasilitas diantaranya, kolam renang, outbondflying fox, serta spot foto keren dengan background keindahan alam perbukitan. Perbukitan di Campground ini dipenuhi dengan pohon-pohon hijau yang memanjakan mata.

Kamu juga bisa berenang di fasilitas kolam renang yang disediakan oleh Campground Citampele. Pada hari biasa wisata ini buka mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore WIB, sedangkan pada hari libur buka mulai pukul 8 pagi hingga 8 sore WIB.

Adapun harga tiket masuknya dibanderol dengan harga 10 ribu rupiah untuk anak-anak, dan 15 ribu untuk orang dewasa pada weekdays. Namun saat weekend, harga tikernya naik menjadi 15 ribu untuk anak-anak, dan 20 ribu untuk orang dewasa.

  • Alamat: Bravo Camping Ground Citampele Jln. Raya Jonggol, Kampung Citampele, Kecamatan Cikalong Kulon, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

Itulah rekomendasi wisata yang ada di Cianjur yang memiliki keindahan alam luar biasa.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare