...
makanan khas indramayu
5-min read

9 Makanan Khas Indramayu yang Nikmat dan Lezat!

makanan khas indramayu

Yuk, intip beberapa makanan khas Indramayu yang recommended berikut ini!

Makanan khas Indramayu memiliki berbagai cita rasa seafood karena wilayah kabupaten ini terletak di sepanjang pantai utara (pantura). Namun, tidak sedikit daerah lain yang memengaruhi kuliner di Indramayu.

Beberapa hidangan bahkan memiliki kemiripan dengan masakan daerah lain di Jawa Barat. Keanekaragaman rasa seperti gurih asin, manis, dan pedas menjadi ciri khas makanan Indramayu, menjadikannya bagian yang kaya dari warisan kuliner Nusantara.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Kebumen Untuk Menemani Liburanmu!

9 Makanan Khas Indramayu

Penasaran apa saja makanan tersebut? Nah, berikut ini daftar makanan khas Indramayu yang wajib kamu coba kalau berkunjung ke Indramayu. Yuk, cek daftarnya di sini!

1. Nasi lengko

makanan khas indramayu
Source: inibaru.id

Makanan khas Indramayu yang pertama ada nasi lengko. Makanan ini sudah menjadi incaran banyak orang.

Dengan harga yang terjangkau, nasi lengko menjadi pilihan yang tepat untuk disantap pada pagi atau siang hari. Nasi lengko disajikan dengan berbagai macam topping, termasuk berbagai jenis sayuran seperti tauge dan potongan mentimun.

Bahkan, sayuran tersebut ditaburi tumbukan kacang dengan racikan bumbu yang sangat memikat lidah. Berbeda dengan nasi lengko di Cirebon, nasi lengko Indramayu memiliki keunikan dengan tambahan irisan daun kucai, yang semakin memperkaya cita rasa khas Indramayu, hidangan ini cocok disantap ketika nasi lengko masih hangat.

2. Pindang gombyang ikan manyung

Pindang gombyang merupakan hidangan khas Indramayu yang menggunakan ikan manyung sebagai bahan utama. Makanan tersebut menjadi salah satu primadona kuliner di daerah ini.

Kuah yang disajikan bersama ikan manyung biasanya tidak mengandung santan atau yang biasa disebut air pindang. Campuran rempah-rempah alami menghilangkan rasa amis pada ikan tersebut.

Hal itu menjadi ciri khas dari kuliner di pesisir pantai. Selain hidangan kuah (pindangan), kelembutan daging ikan manyung dan kelezatan kepala ikan menjadi daya tarik utama bagi para penikmat kuliner. Menikmati hidangan ini lebih cocok dihidangkan selagi masih hangat.

3. Burbacek (bubur, rumbah, cecek)

Burbacek adalah singkatan dari bubur rumbah dan cecek yang menjadi favorit para pencinta kuliner. Hidangan khas Indramayu ini terdiri dari bubur, rumbah (rebusan sayur), dan cecek (kikil kulit sapi).

Bubur menjadi bahan dasar utama dalam pembuatan burbacek. Penambahan rumbah dengan tingkat kepedasan yang pas, serta bumbu dalam taburan kulit sapi (cecek), menambah kenikmatan kuliner khas Indramayu ini.

Makanan ini cocok dinikmati untuk semua kalangan, terutama sebagai sarapan pagi atau makan siang. Kelezatan hidangan ini yang tahan lama, ditambah dengan harganya yang terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang populer di wilayah Indramayu.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Cianjur yang Wajib Kamu Cicipi Ketika Berkunjung Kesana

4. Mie ragit

makanan khas indramayu
Source: bandoeng.co.id

Makanan ini merupakan hidangan tradisional khas Indramayu yang terdiri dari mie dan telur dadar dengan kuah udang santan. Dan sudah menjadi kuliner yang langka dan turun-temurun.

Untuk meningkatkan cita rasa, mie ragit disajikan bersama sambal kacang. Kelezatan ragit semakin terasa ketika disantap dalam kondisi hangat. Namun, makanan legendaris ini hanya diproduksi selama bulan Ramadan.

5. Pedesan entog

Pedesan entog, kuliner khas dari Indramayu yang cukup terkenal. Dan memiliki tampilan mirip kuah sayur namun dengan dominasi daging entog.

Kuliner ini merupakan kreasi dari daging entog dengan kuah yang diperkaya berbagai rempah-rempah. Biasanya, pedesan entog disiapkan dengan jumlah kuah yang lebih sedikit untuk memastikan citarasa bumbu bisa mengurangi rasa amis pada daging entog dan menjaga kekenyalan daging.

Selain kelezatan dan kenikmatan rasanya, pedesan entog juga memberikan sentuhan pedas sesuai dengan namanya. Perpaduan antara bumbu cabai dan merica menciptakan hidangan yang menggoyang lidah bagi penggemar kuliner.

Jika kamu penggemar hidangan pedas, maka wajib mencoba pedesan entog. Sesuai dengan namanya, hidangan ini memiliki cita rasa pedas yang pedas dan cocok disajikan dengan nasi hangat.

6. Blendung jagung

Salah satu rekomendasi kuliner khas Indramayu berikutnya adalah blendung jagung. Menu ini terdiri dari jagung manis rebus dan dicampur dengan parutan kelapa.

Blendung jagung menghadirkan cita rasa gurih manis yang lezat. Hidangan ini dapat ditemui di pasar atau warung kaki lima sebagai camilan di sore hari.

7. Cimplo

makanan khas indramayu
Source: resepkreatifmaskan

Cimplo adalah hidangan yang awalnya dibuat hanya pada acara-acara khusus sebagai bentuk tolak bala. Hidangan ini terbuat dari campuran tepung beras, tape singkong, gula, dan ragi.

Umumnya, cimplo disajikan dengan tambahan gula merah cair, parutan kelapa. Serta santan kelapa untuk memberikan cita rasa khas.

8. Bubur glintir

Sekilas mirip dengann bubur candil, namun, bubur glintir memiliki perbedaan di bahan dasarnya. Bubur glintir terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat dan disajikan dengan gula merah serta santan, rasa manis dan gurih dapat dinikmati saat menyantap hidangan ini.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Makanan Khas Pemalang yang Wajib Dicoba | Ada Nasi Grombyang hingga Kue Kamir

9. Orog-orog

Terakhir, ada orog-orog yang cocok dijadikan camilan. Terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa, makanan ini sangat disukai oleh masyarakat Indramayu.


Inilah beberapa hidangan khas Indramayu yang bisa dijadikan pilihan ketika kamu mengunjungi daerah tersebut. Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna bagi kamu yang sedang mencari kuliner khas Indramayu!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare