...
10 makanan yang terbuat dari singkong
5-min read

10 Makanan yang Terbuat dari Singkong, Enak dan Wajib Kamu Coba!

10 makanan yang terbuat dari singkong

Bosen sama keripik singkong, bisa coba 10 makanan yang terbuat dari singkong lainnya ini!

Siapa bilang singkong hanya bisa dijadikan keripik atau gorengan saja? Ternyata, olahan singkong bisa beragam dan tak kalah enak dari makanan lainnya. Yuk intip 10 makanan yang terbuat dari singkong yang wajib kamu coba ini!

Di Indonesia ada banyak makanan yang bisa dicoba, dari makanan khas dareah seperti makanan khas purwokerto, sampai makanan kekinian. Tapi, dalam memilih makanan juga harus hati-hati, dan harus waspada terkait makanan penyebab bab berdarah, biar kamu nggak sakit!

Kembali ke singkong, sebelum masuk ke pembahasan terkait rekomendasi 10 makanan yang terbuat dari singkong selain keripik, kita kenalan sedikit sama salah satu umbi-umbian tropis ini, yuk!

Apa itu Singkong?

Source: Halodoc

Singkong adalah tanaman akar yang tumbuh di banyak negara tropis, termasuk Indonesia, Thailand, dan Brasil. Singkong biasanya diolah menjadi makanan dengan cara dipanggang, direbus, atau digoreng.

Salah satu umbi-umbian tropis ini juga biasa jadi salah satu bahan membuat makanan penutup atau camilan. Singkong juga bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan kue atau pastel. Selain itu, singkong juga digunakan dalam pembuatan tepung tapai dan beberapa jenis pasta.

Manfaat Konsumsi Singkong untuk Kesehatan

Manfaat singkong bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Kandungan nutrisinya yang lengkap membuatnya cocok dikonsumsi sebagai salah satu menu diet sehat.

Singkong mengandung karbohidrat, protein, vitamin A, B1, B2, dan C serta mineral seperti fosfor dan kalium. Tak hanya itu, singkong juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk pencernaan.

Info wajib baca: Tepung Terigu Bukan Hanya untuk Roti, Yuk Coba Variasi Olahan Lainnya!

10 Olahan Makanan yang Terbuat dari Singkong

Apa yang nggak disukai tentang singkong? Razanya, buah ini memiliki tekstur yang khas dan sedikit pahit. Oleh karena itu, banyak orang yang mengolahnya dengan berbagai cara agar rasa singkong tersembunyi.

Padahal, jika diolah dengan tepat, singkong justru akan menjadi sebuah makanan yang begitu enak dan nikmat.

1. Salah satu dari 10 makanan yang terbuat dari singkong, keripik

10 makanan yang terbuat dari singkong
Source: Merdeka

Keripik singkong adalah salah satu olahan singkong yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dan renyah membuat keripik singkong sangat disukai banyak orang. Makanan yang satu ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah!

Untuk membuat keripik singkong, kamu cuma perlu mengiris singkong menjadi irisan tipis lalu goreng dalam minyak panas selama beberapa menit. Setelah itu, tiriskan dan sajikan dengan sambal atau bumbu acar favorit kamu.

2. Tape

10 makanan yang terbuat dari singkong
Source: IDN Times

Tape singkong adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Singkong diparut dan dicampur dengan ragi, lalu dibiarkan selama beberapa hari untuk menghasilkan tape. Tape singkong sering disajikan sebagai hidangan penutup atau cemilan.

3. Puding

Source: Love Indonesia

Puding singkong adalah makanan penutup yang terbuat dari singkong yang dihaluskan, susu, gula, dan telur. Bahan-bahan tersebut dicampur dan dikukus sampai matang, lalu disajikan dingin dengan taburan kelapa parut.

4. Gulai daun

Source: cookpad.com

Kata siapa cuma umbi singkong yang bisa dijadiin bahan masakan? Daunnya juga bisa, tau! Ini dia, gulai daun singkong. Siapa yang udah pernah cobain?

Makanan yang satu ini jadi salah satu olahan daun singkong yang populer di Indonesia. Gulai daun singkong adalah makanan yang terbuat dari daun singkong yang direbus atau ditumis bersama kuah gulai. Gulai daun singkong biasanya disajikan dengan nasi putih hangat sebagai lauk pauk.

5. Salah satu dari 10 makanan yang terbuat dari singkong, bakwan

10 makanan yang terbuat dari singkong
Source: Lifestyle Okezone

Bakwan singkong adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong yang dipotong dadu dan dicampur dengan tepung terigu, telur, daun bawang, dan bumbu rempah. Adonan kemudian digoreng sampai kuning kecoklatan.

10 Olahan Makanan yang Terbuat dari Singkong Lainnya

6. Sate singkong pelangi

Source: Purnawarta

Namanya sate, tapi bahannya bukan daging. Lha, terus apa, min? Singkong! Makanan yang satu ini adalah cemilan tradisional yang terbuat dari singkong parut. Rasanya manis dan asin, serta gurih dari parutan kelapa yangmenyelimuti bulatan-bulatan adonan singkong berwarna warni.

Sate singkong pelangi biasanya bisa kamu temukan di pasar-pasar tradisional atau di tukang jualan yang masih menjajakan camilan tradisional yang enak ini!

Info wajib baca: Camilan Penderita Darah Tinggi, Cara Enak Jaga Tekanan Darah!

7. Getuk lindri

Source: Kompas.com

Getuk lindri adalah makanan tradisional Jawa Tengah yang terbuat dari singkong yang dihaluskan, gula kelapa, dan parutan kelapa. Bahan-bahan tersebut dicampur, lalu dibentuk menjadi bulat-bulat kecil. Getuk lindri biasanya disajikan sebagai hidangan penutup.

8. Serabi

Source: cookpad.com

Serabi singkong adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong yang dihaluskan, tepung beras, santan, dan gula. Adonan kemudian digoreng dalam cetakan khusus, lalu disajikan dengan sirup gula merah.

9. Mie

Source: CoWaSJP.com

Mie singkong adalah makanan yang terbuat dari tepung singkong dan tepung sagu. Adonan kemudian diuleni dan diolah seperti membuat mie pada umumnya. Mie singkong biasanya disajikan dengan kuah kental.

10. Salah satu dari 10 makanan yang terbuat dari singkong, timus

10 makanan yang terbuat dari singkong
Source: fnbpreneur

Makanan satu ini adalah makanan basah yang terbuat dari parutan singkong. Cara membuatnya, singkong yang sudah diparut ini dicampur dengan gula merah dan kelapa, serta beberapa bahan lainnya sampai jadi adonan, lalu dibungkus daun singkong dan dikukus.

Makanan yang satu ini nggak kalah enak dengan makanan lainnya. Timus sendiri lebih nikmat kalau kamu santap saat masih hangat. Yuk cobain!


Ternyata, singkong nggak cuma dijadiin keripik atau tape. Ada juga maknan-makanan lainnya yang bisa dibuat dari umbi-umbian yang satu ini, yang pasti nggak kalah enak dari keripik! Kamu udah pernah coba makanan dari singkong yang mana aja, nih, gaes?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare