...
camilan penderita darah tinggi
5-min read

Camilan Penderita Darah Tinggi, Cara Enak Jaga Tekanan Darah!

camilan penderita darah tinggi

Emangnya ada camilan untuk penderita darah tinggi? Ada, dong!

Penderita darah tinggi atau hipertensi perlu menjaga pola makan yang sehat dan teratur agar tekanan darahnya tetap terkontrol. Salah satu cara untuk menjaga pola makan yang sehat adalah dengan memilih camilan yang tepat. Camilan yang sehat dapat membantu menjaga keseimbangan gula darah dan mencegah kenaikan tekanan darah yang tiba-tiba.

Darah tinggi, penyakit yang satu ini banyak diderita oleh orang-orang yang berusia lanjut. Tapi, jangan salah, orang-orang dengan usia produktif juga rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah ini, loh! Kira-kira, apa aja penyebab dan faktor dari penyakit ini, ya?

Faktor Darah Tinggi

Faktor Darah Tinggi
Source: Everyday Health

Darah tinggi adalah suatu kondisi di mana tekanan darah pada seseorang melebihi batas normal. Kondisi ini bisa menyebabkan serangan jantung, stroke, dan gangguan ginjal. Untuk mencegah komplikasi, orang yang menderita darah tinggi harus menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Darah tinggi sendiri tentunya juga disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Selain usia, ada juga beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan tekanan darah seseorang, seperti:

  • Memiliki usia di atas 65 tahun.
  • Sering mengonsumsi makanan tinggi garam berlebihan.
  • Alami kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Adanya riwayat keluarga dengan kondisi medis yang sama.
  • Kurang mengonsumsi buah dan sayuran.
  • Tidak aktif secara fisik atau jarang berolahraga.
  • Mengonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang mengandung kafein.
  • Memiliki kebiasaan merokok.
  • Banyak mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Stres. Tingkat stres yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara.
  • Alami kondisi kronis tertentu, seperti penyakit ginjal, diabetes, atau sleep apnea.

Perlu diketahui, ternyata kehamilan juga terkadang bisa jadi salah satu penyebab darah tinggi. Anak-anak sekalipun juga bisa terkena jika ia memiliki riwayat masalah pada ginjal atau jantung. Sedangkan untuk orang-orang dengan usia produktif, jika terpengaruh gaya hidup yang kurang sehat makan akan meningkatkan resiko darah tinggi ini.

Nggak usah takut, kamu bisa menurunkan resiko terkena penyakit yang satu ini dengan berbagai cara, mulai dari mengkonsumsi obat, rajin berolahraga dan mengatur pola hidup agar lebih sehat. Selain itu, mengatur pola makan dan memenuhi asupan gizi juga bisa memperhambat penyakit yang satu ini.

Info wajib baca: Ide Menu Diet Seminggu Turun 10 Kg | Bisa Banget Dapetin Tubuh Ideal dan Sehat

Makanan dan Camilan Penderita Darah Tinggi

Eits, kata siapa dengan menjaga pola makan dan asupan gizi untuk menjadi lebih sehat berarti para penderita darah tinggi nggak bisa makan atau ngemil enak? Bisa, kok!

Buat kamu atau keluargamu yang punya riwayat penyakit hipertensi, tetap bisa ngemil enak, karena ada beberapa makanan atau camilan yang aman buat para penderita darah tinggi. Kira-kira apa aja, ya?

1. Yoghurt rendah lemak

camilan penderita darah tinggi
Source: IDN Times

Yang pertama ada yoghurt rendah lemak. Camilan yang satu ini mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Yoghurt juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Dark chocolate

camilan penderita darah tinggi
Source: www.ayobandung.com

Dark chocolate mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung. Makanan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi, pastikan untuk memilih dark chocolate dengan kandungan gula yang rendah, ya.

3. Popcorn tanpa garam

camilan penderita darah tinggi
Source: BP Guide

Siapa yang suka makanan ini? Penderita darah tinggi juga tetap bisa makan popcorn asal tanpa garam dan tidak dicampur dengan mentega atau keju.

Popcorn ini dapat menjadi camilan sehat untuk penderita darah tinggi. Popcorn sendiri mengandung serat dan rendah kalori, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah.

4. Smoothie buah-buahan

Smoothie buah-buahan
Source: Taste

Smoothie buah-buahan bisa jadi camilan yang sehat dan menyegarkan. Buah-buahan yang dipilih untuk bikin smoothie tentunya harus yang rendah gula dan tinggi serat seperti buah beri, pepaya, dan apel. Selain itu, pastikan kamu nggak nambahin gula lebih pada smoothie tersebut, ya.

5. Telur rebus

camilan penderita darah tinggi
Source: HiMedik.com

Berikut adalah camilan yang mudah dan praktis untuk kamu konsumsi. Kamu pun bisa bikin sendiri di rumah, yep, telur rebus.

Telur mengandung protein yang baik untuk kesehatan tubuh dan tidak menyebabkan kenaikan tekanan darah yang tiba-tiba. Tapi, pastikan kamu nggak menambahkan garam saat membuatnya, ya!

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan
Source: Suara.com

Kacang-kacangan mengandung banyak serat, protein, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang satu ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat dijadikan camilan sehat antara lain kacang almond, kacang kenari, dan kacang pistachio.

7. Buah-buahan

Buah-buahan
Source: HonestDocs

Buah mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi oleh kamu yang menderita darah tinggi antara lain apel, jeruk, anggur, dan pisang. Buah-buahan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penumpukan plak pada arteri.

8. Sayuran

Sayuran
Source: Lifestyle – Bisnis.com

Sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah kenaikan berat badan yang tidak sehat. Kamu bisa makan sayur bening, atau sop dengan garam yang rendah.

Info wajib baca: 8 Tips Mengecilkan Perut Buncit dengan Cara Alami | Auto Langsing!


Nah, sekarang, kamu atau keluargamu yang menderita hipertensi nggak usah pusing lagi dan takut nggak bisa ngemil enak. Buktinya, makanan dan camilan di atas bisa tetap membantu untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dengan tetap nikmat! Kalau kamu ada saran makanan atau camilan penderita darah tinggi lainnya, tulis di komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare