...
5-min read

Hari Peringatan Penting di Tanggal 9 Desember, Salah Satunya Hari Anti-Korupsi Internasional

Ada peringatan apa saja pada tanggal 9 Desember?

Tanggal 9 Desember bukanlah sekadar angka dalam kalender, namun tanggal ini juga menjadi penanda sejarah yang mengingatkan kita pada peristiwa-peristiwa penting yang membentuk dunia kita.

Tanggal ini menjadi jendela untuk merenung, menghargai, dan memahami momen-momen yang mengubah arah perjalanan umat manusia.

Dari tonggak sejarah hingga tonggak kehidupan pribadi, 9 Desember adalah panggung di mana kita menyoroti dan mengenang, memahami bahwa setiap tanggal memiliki ceritanya sendiri yang patut diabadikan.

Apa saja peringatan yang diperingati pada tanggal 9 Desember setiap tahunnya? Jangan lewatkan artikel ini, ya karena Kostmin akan memberitahu jawabannya. Stay tune!

Hari Anti-Korupsi Seluruh Dunia 9 Desember

Melansir dari Investopedia, korupsi adalah perilaku tidak jujur yang dilakukan oleh mereka yang mempunyai kekuasaan. Tak hanya pejabat pemerintah, perilaku ini juga bisa dilakukan oleh manajer bisnis di perusahaan swasta . Korupsi dapat terjadi dalam bentuk penyuapan, transaksi ganda, dan penipuan investor.

Perilaku ini mempunyai dampak negatif pada setiap aspek masyarakat dan sangat terkait dengan konflik dan ketidakstabilan. Ini tentunya akan membahayakan pembangunan sosial dan ekonomi serta melemahkan lembaga-lembaga demokrasi dan supremasi hukum.

Hari Anti-Korupsi Internasional (IACD) tahun 2023 berupaya menyoroti hubungan penting antara anti-korupsi dan perdamaian, keamanan, dan pembangunan. Pada intinya adalah anggapan bahwa penanggulangan kejahatan ini adalah hak dan tanggung jawab setiap orang. Hanya melalui kerjasama dan keterlibatan setiap orang dan lembaga, kita dapat mengatasi dampak negatif dari kejahatan ini.

Negara, pejabat pemerintah, pegawai negeri, aparat penegak hukum, perwakilan media, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi, masyarakat dan generasi muda, semuanya mempunyai peran dalam menyatukan dunia melawan korupsi.

Latar Belakang Peringatan

cara pinjam uang di dana
Source: Freepik

Pada tanggal 31 Oktober 2003, Majelis Umum mengadopsi Konvensi PBB Menentang Korupsi dan meminta agar Sekretaris Jenderal menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) sebagai sekretariat Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi (resolusi 58/4) .

Sejak saat itu, 190 negara pihak telah berkomitmen terhadap kewajiban anti-korupsi. Ini juga menunjukkan pengakuan yang hampir universal terhadap pentingnya tata kelola yang baik, akuntabilitas, dan komitmen politik.

Majelis juga menetapkan tanggal 9 Desember sebagai Hari Anti-Korupsi Internasional, untuk meningkatkan kesadaran akan korupsi dan peran Konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Adapun konvensi ini mulai berlaku pada bulan Desember 2005.

Info wajib baca: Hari Hak Asasi Manusia Jatuh Pada Tanggal 10 Desember 2023, Mengapa Penting Untuk Dirayakan?

Hari Internasional untuk Peringatan dan Martabat Korban Kejahatan Genosida

9 desember
Source: New York Times

Setiap tahun pada tanggal 9 Desember, Kantor tersebut menandai diadopsinya Konvensi Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida. Sejak tahun 2015, berdasarkan resolusi Majelis Umum A/RES/69/323, hari itu juga menjadi Hari Peringatan dan Martabat Internasional Korban Kejahatan Genosida dan Pencegahan Kejahatan ini.

Pada hari jadinya yang ke-75 tahun ini, Konvensi Genosida masih tetap relevan. Konvensi Genosida tahun 1948 untuk pertama kalinya mengkodifikasi kejahatan genosida dalam hukum internasional. Pembukaannya mengakui bahwa “di semua periode sejarah, genosida telah menimbulkan kerugian besar bagi umat manusia” dan kerja sama internasional diperlukan untuk membebaskan manusia dari genosida.

Hingga saat ini, 153 Negara telah meratifikasi Konvensi tersebut. Mencapai ratifikasi universal terhadap Konvensi tersebut, serta memastikan implementasi penuhnya, tetap penting untuk memajukan pencegahan genosida secara efektif. Konvensi Genosida mencakup kewajiban tidak hanya untuk menghukum kejahatan genosida, tetapi juga mencegahnya.

Dalam 75 tahun sejak diadopsi, Konvensi Genosida telah memainkan peran penting dalam pengembangan hukum pidana internasional, dalam meminta pertanggungjawaban para pelaku kejahatan ini, mendorong upaya pencegahan, dan dalam memberikan suara kepada para korban genosida.

Hari Kedokteran Hewan Internasional 9 Desember

Hari Kedokteran Hewan Internasional memuji perusahaan dan organisasi yang bekerja setiap tahun. Hal ini karena mereka tidak hanya mempromosikan pengembangan kedokteran hewan, namun juga memastikan bahwa informasi tersedia bagi pemilik hewan peliharaan.

ambutan khusus ditujukan kepada mereka yang mempraktikkan pengobatan hewan eksotik yang mempelajari tentang makhluk yang jarang dijadikan hewan peliharaan.

Melansir dari Days of the Year, Hari Kedokteran Hewan Internasional juga merayakan jiwa-jiwa pemberani yang bekerja keras untuk menjaga keamanan hewan kita, dan terus menjalani pendidikan berkelanjutan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam pengobatan yang akan menjaga hewan peliharaan kita tetap hidup dan sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Info wajib baca: Tips dan Rekomendasi Memilih Nama yang Cocok untuk Kucing Jantan Berdasarkan Rasnya

Adanya kedokteran hewan ini penting untuk mencegah penyakit dan menyembuhkan hewan agar mereka tidak merasakan sakit. Tak hanya itu, namun mereka juga melakukan lebih banyak lagi. Saat ini, permintaan akan tenaga profesional di bidang kedokteran hewan terus meningkat seiring dengan meningkatnya munculnya penyakit zoonosis di seluruh dunia.


Itulah peringatan yang jatuh pada tanggal 9 Desember setiap tahunnya. Apakah kamu tahu ada peringatan lain pada tanggal yang sama? Tulis jawabanmu di kolom komentar, yuk!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid!

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare