...
5-min read

11 Istilah Populer dalam Sepak Bola, Wajib Paham Sebelum Nonton Pertandingannya

Kenali istilah dalam sepak bola ini, biar nggak bingung saat nonton pertandingan!

Dunia sepak bola selalu memiliki hal yang baru di dalamnya. Namun ada beberapa istilah sepak bola yang tidak akan lekang oleh waktu dari “hat-trick” yang memukau hingga “off side“.

Istilah-istilah ini membentuk serangkaian kode yang menghubungkan jutaan penggemar sepak bola di seluruh dunia dengan pertandingan. Jika baru menjadi penggemar sepak bola, kamu harus tahu beberapa istilah yang sering digunakan agar tidak bingung saat menonton pertandingan.

Tidak tahu istilah-istilah dalam sepak bola? Jangan khawatir, sebab pada kali ini Kostmin akan memperkenalkan istilah-istilah terkenal dalam sepak bola yang sering digunakan. Penasaran? Jika iya, baca artikel ini sampai habis, ya!

Istilah dalam Sepak Bola

Ada banyak istilah yang digunakan dalam sepak bola. Berikut ini beberapa istilah populernya:

1. Free kick

Istilah free kick dalam sepak bola adalah tendangan tanpa lawan yang dilakukan oleh seorang pemain untuk memulai kembali permainan setelah pemain lawan melakukan pelanggaran. Seorang pemain harus melakukan tendangan bebas dari lokasi persis di mana pelanggaran terjadi, dan permainan tidak dimulai kembali sampai bola bergerak dengan jelas.

Info wajib baca: Profil Arkhan Kaka, Atlet Sepak Bola Muda yang Berbakat

2. Corner kick

Source: Brazilian Soccer School Indonesia

Corner kick atau tendangan sudut diberikan ketika seluruh bola melewati garis gawang. Hal ini berlaku jika bola melewati garis baik di tanah maupun di udara, terakhir kali menyentuh pemain dari tim bertahan, dan gol tidak tercipta. Gol dapat dicetak langsung dari tendangan sudut, tetapi ini berarti harus melawan tim lawan terlebih dahulu,

3. Hat trick

Seorang pemain mendapatkan hat-trick ketika mencetak tiga gol dalam satu pertandingan, namun penggunaan istilah tersebut sebenarnya tidak dimulai di lapangan sepak bola. Ungkapan ini berasal dari kriket, dan digunakan ketika seorang pemain bowling mengambil tiga gawang dari tiga bola berturut-turut.

Info wajib baca: Memahami Perbedaan Futsal dan Sepak Bola: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

4. Clean sheet

Clean sheet biasanya dicatat sebagai “0” di garis skor, dan ini hanya didapatkan ketika sebuah tim berhasil mencegah lawannya mencetak gol apa pun sepanjang pertandingan. Mengutip dari ZEbet, ini adalah statistik penting dalam sepak bola, karena mencerminkan kemampuan pertahanan tim dan kinerja penjaga gawang.

5. Yellow card

istilah sepak bola
Source: Soccerprime

Kartu kuning atau yellow card ditunjukkan kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Dalam sepak bola, kartu kuning diberikan ketika pemain terlalu sering melanggar peraturan permainan atau terlalu kasar. Ini juga bisa ditunjukkan oleh wasit kepada pemain jika mereka menunjukkan perilaku tidak sportif. Melansir dari owayo, berikut adalah perilaku yang bisa mendapatkan kartu kuning:

  • Melakukan pelanggaran teknis.
  • Melakukan pelanggaran berat.
  • Melanggar peraturan berulang kali.
  • Tidak memperhatikan jarak yang benar saat melakukan lemparan ke dalam, tendangan sudut, atau tendangan bebas.
  • Menunda permainan agar tidak dimulai lagi setelah ada gangguan.
  • Masuk atau keluar lapangan tanpa izin dari wasit.
  • Memprotes wasit atau tidak menghormatinya (bila menghina wasit akan mendapat kartu merah).

6. Red card

Dalam sepak bola, kartu merah berarti pengusiran dan dengan demikian merupakan hukuman paling berat. Wasit menunjukkan kartu merah kepada pemain saat mereka melakukan pelanggaran berat terhadap peraturan sepak bola.

Pemain kemudian harus segera meninggalkan lapangan dan tidak dapat digantikan, yaitu timnya akan kalah jumlah selama sisa pertandingan. Selanjutnya, pemain yang bersangkutan biasanya terkena skorsing minimal satu pertandingan. Wasit bisa menunjukkan kartu merah jika pemain sepak bola:

  • Melakukan pelanggaran berat.
  • Berperilaku kasar.
  • Menghina seseorang.
  • Mencegah lawan mencetak gol dengan jelas menggunakan apa yang disebut “pelanggaran profesional” (yang merupakan tindakan pelanggaran yang disengaja).

7. Injury time

Sebuah pertandingan sepak bola berlangsung selama 90 menit – 45 menit pada setiap babaknya. Jika seorang pemain cedera atau terjadi penghentian lagi dalam permainan, maka wasit dapat menambahkan beberapa waktu lagi di akhir setiap babak dan ini dikenal sebagai injury time, waktu tambahan atau waktu penghentian.

8. Offside

Offside merupakan suatu situasi di mana seorang pemain berada dalam posisi terlarang jika salah satu bagian tubuh mereka baik kepala, badan atau kaki berada di area pertahanan lawan (tidak termasuk garis tengah).

9. Penalti

Istilah penalti adalah sanksi yang diberikan kepada suatu tim atas pelanggaran peraturan, yang disebut foul. Ofisial awalnya memberi isyarat penalti dengan mengibarkan bendera penalti berwarna kuning cerah ke lapangan menuju atau di tempat pelanggaran.

10. Tackle

Istilah ini digunakan dalam beberapa variasi kontak sepak bola untuk menggambarkan tindakan menahan atau bergulat secara fisik dengan pemain hingga jatuh. Di negara lain, istilah ini hanya menjelaskan satu atau lebih metode pertarungan penguasaan bola. Oleh karena itu, istilah tackle dapat digunakan sebagai gerakan bertahan atau menyerang.

11. Handsball

Handsball adalah suatu situasi saat bola menyentuh lengan atau tangan direntangkan dalam posisi yang tidak wajar. Aturannya menyatakan bahwa ketika lengan direntangkan ke samping atau vertikal, hal itu membuat tubuh menjadi lebih besar secara tidak wajar, sehingga mencakup lebih banyak ruang daripada yang diperlukan.


Saat kita membalik halaman kamus sepak bola, kita merayakan keanekaragaman istilah yang membentuk inti dari olahraga ini. Apakah kamu tahu istilah-istilah lainnya? Jika iya, tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare