...
makanan khas bojonegoro
5-min read

6 Makanan Khas Bojonegoro yang Wajib Coba | Ada yang Pegang Rekor MURI!

makanan khas bojonegoro

Setidaknya makanan khas Bojonegoro berikut ini wajib coba saat kamu ke Jawa Timur.

Kamu ada rencana berkunjung ke salah satu daerah di Jawa Timur ini? Kalau jawabannya iya, jangan lupa buat cobain beberapa makanan khas Bojonegoro. Bisa juga kamu bawa sebagai oleh-oleh buat teman atau kerabat di rumah, lho.

makanan khas bojonegoro
Source: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bojonegoro

Bojonegoro adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terkenal sebagai penghasil tembakau virginia terbesar di Indonesia, bahkan telah lama dikenal sebagai tembakau terbaik di dunia. Selain menjadi penghasil tembakau, Bojonegoro juga dikenal memiliki sumber daya alam yang besar, yakni minyak bumi.

Nggak ketinggalan, nih, Bojonegoro menjadi daerah yang punya beragam makanan khas daerah, bahkan salah satu makanan khasnya pun sempat masuk rekor MURI! Gimana nggak semakin tertarik buat cobain makanan-makanan dari daerah yang satu ini, kan?

Makanan Khas Bojonegoro yang Menghangatkan Tubuh

Kamu ada rencana untuk main ke kota yang dilintasi kereta api jalur Surabaya-Semarang-Jakarta ini? Jangan sampai melewatkan makanan-makanan khas Bojonegoro yang pastinya nggak kalah enak dari makanan khas daerah lainnya! Berikut pilihan makanan hangatnya:

1. Wedang tape

makanan khas bojonegoro
Source: Jurnaba

Wedang jahe? Udah biasa, gimana kalo wedang tape? Waduh, apa, tuh? Wedang tape ini adalah salah satu makanan khas Bojonegoro yang banyak diincar oleh para wisatawan untuk menghangatkan tubuh di malam hari yang dingin.

Bahan yang digunakan untuk membuat wedang tape khas Bojonegoro sendiri adalah ketan hitam dengan campuran santan, gula, dan air panas. Kalau kamu main ke Bojonegoro dan ada rencana buat jalan-jalan malam, jangan lupa coba minuman yang satu ini, ya!

2. Keripik jahe

Keripik Jahe
Source: Travel Diva

Selanjutnya ada makanan ringan dengan sensasi menghangatkan tenggorokan. Apakah kamu sudah pernah coba keripik berbahan dasar jahe? Ya, keripik jahe ternyata menjadi slah satu makanan khas Bojonegoro.

Orang-orang menyukai keripik yang satu ini karena rasanya pedas, manis, gurih, dan renyah di lidah. Selain itu, sensasi hangat dari jahe pun menjadi daya tarik tersendiri buat para penikmatnya. Kamu juga bisa menjadikan keripik ini sebagai oleh-oleh khas Bojonegoro untuk dibawa pulang.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Laksa Tangerang, Ada yang Legendaris!

Makanan Khas Bogonegoro yang Manis dan Legit

Yuk, beralih ke makanan asal Bojonegoro yang manis dan legit. Cocok untuk camilan saat ngumpul bareng teman, nih.

3. Gethuk

makanan khas bojonegoro
Source: Ngopibareng.id

Siapa yang nggak tau gethuk? Makanan berbahan dasar singkong ini mudah ditemukan di Pulau Jawa dan punya banyak penggemar. Bojonegoro juga punya gethuk khas daerahnya sendiri yang berbeda dari gethuk lindri asal Magelang.

Salah satu gethuk legendaris di Bojonegoro adalah Gethuk Mak Yah, berupa gethuk yang dipotong kotak-kotak dan disajikan bersama sambal deplok kedelai dan parutan kelapa. Pas banget disantap bersama kopi dan teh hangat. Kamu juga bisa bawa makanan ini sebagai oleh-oleh, mantap!

4. Makanan khas Bojonegoro: Ledre

makanan khas bojonegoro
Source: IDN Times

Inilah salah satu camilan khas Bojonegoro terkenal sehingga kota ini disebut Kota Ledre. Ledre berasal dari singkatan kata “dielet-elet” atau dilembutkan dengan kata “diendre-endre” artinya dipipihkan hingga melebar yang keduanya mengacu kepada proses pembuatannya.

Ledre terbuat dari tepung terigu, tepung beras, gula, dan pisang raja. Camilan berbentuk seperti pipa lurus ini memiliki cita rasa manis dan gurih. Mirip semprong, tetapi ukuran diameternya lebih kecil dan ramping.

Ledre banyak dijual di toko oleh-oleh Bojonegoro dengan harga mulai Rp15 ribu saja untuk satu dus seberat 400 gram. Murah banget, kan? Kamu nggak bakal pusing lagi mencari buah tangan yang tepat untuk orang rumah karena ledre ada di mana-mana.

Info wajib baca: 8 Makanan Khas Bogor Wajib Coba hingga Jajanan yang Legendaris

Makanan Khas Bojonegoro yang Bikin Kenyang

Lanjut ke makanan berat, di Bojonegoro juga ada makanan khas yang menggugah selera dan mengenyangkan perut. Cek pilihannya di bawah ini.

5. Nasi flambe

makanan khas bojonegoro
Source: Jember Network – Jatim Network

Dari tadi bahas jajanan mulu, ada makanan beratnya nggak? Ada, dong! Kenalin, nih, makanan berat khas Bojonegoro bernama nasi flambe! Isi dari nasi flambe ini apa aja, sih, min? Emang bisa bikin kenyang? Pasti kenyang, gaes!

Soalnya isi dari nasi campur Bojonegoro ini adalah nasi putih yang dilengkapi dengan udang goreng, telur orak-arik, serta daging ayam suwir. Kamu bisa makan nasi flambe dengan tambahan sambal terasi yang cocok buat para penyuka pedas. Selain itu, harganya nggak bikin kantong jebol!

6. Sego buwuhan

Sego Buwuhan
Source: Liputan6.com

Ada lagi nggak, min, makanan beratnya? Ada! Kenalin: sego buwuhan! Makanan khas Bojonegoro yang satu ini adalah makanan sehari-hari yang sudah lumayan akrab di telinga dan lidah para warga Bojonegoro. Bahkan banyak warung-warung makan yang menjual sego buwuhan ini.

Sego buwuhan terdiri atas nasi putih yang dilengkapi oleh momok tempe, mi, sayur tewel atau nangka muda, sate daging sapi, telur, serta rempeyek teri atau kacang. Uniknya, makanan yang satu ini juga sempat masuk rekor MURI dengan kategori hidangan terbanyak dalam pagelaran Bojonegoro Thengul International Folklore Festival 2019 lalu. Wah, wajib coba, nih!


Selain menjadi daerah penghasil tembakau serta minyak bumi yang bagus, ternyata ada juga makanan-makanan khas Bojonegoro yang nggak kalah menarik dan enak untuk kamu coba. Kamu mau coba yang mana kalau berkunjung ke Bojonegoro? Coba tinggalin komentar di bawah.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Surabaya Murah

Info Kost Semarang Murah

Kost Solo Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare