...
laksa tangerang
5-min read

6 Rekomendasi Laksa Tangerang, Ada yang Legendaris!

laksa tangerang

Ngidam laksa Tangerang? Ada rekomendasi yang mantap, nih.

Kalau mendengar kata “laksa”, apa yang muncul di pikiran kamu? Kuah kental kaya rasa? Aroma rempah menggoda dengan sensasi segar? Bihun dengan kuah pedas? Atau, malah jadi lapar?

Laksa adalah hidangan mi yang dipadukan dengan berbagai lauk dan berkuah. Konon makanan ini berasal dari bahasa Hindi atau Persia karena diambil dari kata “lakhshah” yang berarti mi licin yang digunakan dalam sup.

Seiring waktu laksa mulai dikenal sebagai makanan perpaduan antara budaya Melayu dengan Tionghoa. Laksa termasuk makanan populer di Negeri jiran, Malaysia, dengan nama Laksa Penang yang sudah mendunia, sementara di Singapura dikenal sebagai Laksa Singapore.

Tenang, kamu nggak perlu ke negara tetangga buat menikmati laksa yang enak, ya, karena di Indonesia juga ada! Kamu cukup pergi ke Tangerang untuk mencicipi laksa yang sudah melegenda! Hayo, siapa yang baru tahu? Kalau penasaran lanjut baca artikel ini sampai habis, dong.

Mengenai Laksa Tangerang

Laksa atau yang juga dikenal dengan sebutan mi laksa, adalah salah satu dari makanan tradisional ternama yang tercipta lewat perpaduan kebudayaan Tionghoa dengan Melayu. Menurut cerita lain, kata “laksa” berasal dari bahasa sanskerta yang berarti banyak, hal ini merujuk kepada penggunaan racikan dari banyak macam bumbu dapur untuk mengolah mi sehingga kuahnya kaya rasa.

Laksa Tangerang sendiri memiliki sebuah keunikan, yaitu terbuat dari mi tepung beras putih yang sudah direbus, kemudian ditaburi daun seledri, dan diberi kuah kuning yang kental. Adanya parutan kelapa yang disangrai serta kacang hijau di dalamnya memunculkan rasa manis sebagai cita rasa khas. Untuk pelengkap, laksa ini biasa dipadukan dengan opor ayam, telur rebus, atau tahu.

Uniknya lagi, makanan satu ini ada dua jenis, yaitu Laksa Nyai dan Laksa Nyonya. Bedanya apa? Ternyata Laksa Nyai dibuat oleh kaum pribumi Tangerang, sedangkan Laksa Nyonya dibuat oleh kaum peranakan China yang tinggal di Tangerang. Namun, kedua laksa ini memiliki rasa yang sama, kok: sama-sama enak!

Info wajib baca: 5 Seblak Enak dan Terdekat di Jakarta | Cari Tahu Juga Tips Makan Seblak Biar Makin Nampol!

Rekomendasi Jajan Laksa di Tangerang

Di kota ini terdapat banyak rekomendasi laksa yang enak dan dapat kamu cicipi. Untuk kamu yang sedang berkunjung atau ngekost di Tangerang, pantang melewatkan rekomendasi satu ini. Jangan sampai kelewatan mencoba laksa legendaris di Tangerang juga!

1. Kawasan Kuliner Laksa Tangerang

laksa tangerang
Source: Liputan6.com

Kamu yang sedang mencari tempat untuk berwisata kuliner di Tangerang, wajib menyambangi tempat yang satu ini! Kawasan Kuliner Laksa adalah tempat di mana para penjual laksa yang sudah lama berkecimpung di industri ‘perlaksaan’. Pastinya nggak bakal nyesel kalau datang ke sini!

Di kawasan kuliner ini terdapat tujuh penjual laksa yang merupakan orang-orang pilihan, karena sudah sejak lama menjual laksa dan dikenal pembuat laksa dengan rasa yang lezat. Mereka adalah Awing, Bewok, Kumis, UU, Lepay, Suro Brewok, dan Surya. Dijamin enak!

Kelebihan lain dari tempat wisata kuliner ini adalah, buka 24 jam. Jadi, kamu yang suka lapar tengah malam, nih, bisa langsung datang ke sini untuk mengganjal perut. Harga-harga dari laksa yang dijual pun nggak sampai Rp50 ribu, nggak bikin boncos!

  • Alamat Kawasan Kuliner Laksa Tangerang: Jln. Mochammad Yamin No.113, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten 

2. Laksa Bang Gondrong

laksa tangerang
Source: GrabFood

Tempatnya tidak semewah restoran, bukan juga kedai atau ruko. Bang Gondrong, begitulah sapaan para pelanggan kepada penjual laksa ini. Ia sudah menjual mi laksa ini selama belasan tahun dan memiliki banyak sekali pelanggan.

Lagi-lagi, harganya nggak bikin kantong menjerit! Cuma dengan modal mulai Rp10 ribu dan beroperasi jam 06.00 – 09.00 WIB, kamu sudah bisa menikmati laksa buatan Bang Gondrong. Cocok untuk sarapan pagi, nih!

  • Alamat Laksa Bang Gondrong: Jln. H. Embang Jaya No.24, Sukaasih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten

Info wajib baca: 13 Rekomendasi Kuliner Pasar Lama Tangerang Wajib Coba, Harga Mulai 10 Ribu!

3. Laksa Benteng Pak Masitar

laksa tangerang
Source: IDN Times

Laksa vegetarian? Ada! Laksa Benteng Pak Masitar inilah laksa vegetarian yang kamu cari! Kenapa bisa? Karena laksa yang satu ini tidak menggunakan kaldu ayam, tapi dari kacang hijau dan santan, ditambah telur dan tahu sebagai sumber protein nabati, lalu ditaburi daun kucai dengan aroma yang khas.

Uniknya lagi, bihunnya pun dibuat sendiri. Tapi, walaupun tidak menggunakan kaldu ayam, laksa ini tetap enak karena bumbunya yang medok! Gerai salah satu laksa legendaris ini buka dari pukul 07.00 – 14.00 WIB, tapi karena selalu ramai pengunjung, jangan sampai kesiangan biar tetap bisa cobain laksa di sini!

  • Alamat Laksa Benteng Pak Masitar: Pasar Lama Tangerang Jln. Kisamaun, Sukasari, Tangerang, Kota Tangerang, Banten

4. Laksa Bihun Cie Ikim

laksa tangerang
Source: About Tangerang

Dari namanya pun kita sudah tahu keunikan dari laksa yang satu ini. Ya, laksa ini menggunakan bihun sebagai pengganti mi! Ditambah lagi, di dalam laksa ini ada ebi yang kriuk dan gurih. Wah, jadi ngiler!

Bihun yang disajikan dalam laksa ini juga banyak, dijamin puas, deh. Tapi, kalau kamu merasa kurang, bisa tambah lontong juga. Kuah santan yang disajikan juga terasa ringan, dan wanginya? Sudah pasti menggoda iman! Laksa yang satu ini buka dari pukul 10.00 -16.00 WIB, dan harganya mulai dari Rp25 ribu saja.

  • Alamat Laksa Bihun Cie Ikim: Gg. Setia III No.28, Sukasari, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten

5. Laksa Pak Openg

makanan khas
Source: IDN Times

Begitu datang jangan langsung kaget lihat tempatnya! Walaupun di pinggir jalan dan menempati sebuah gubuk kecil sebelum rel kereta api, tapi pelanggannya sudah banyak! Pak Openg mampu membuat kurang lebih 100 porsi laksa setiap harinya dan biasanya sudah habis terjual sebelum jam 9 pagi!

Buat kamu yang kangen rasa masakan laksa di rumah, wajib mampir ke sini! Rasa kuah mantap dan bihun yang matangnya pas, ditambah bisa request untuk pakai ayam, telur, atau ati ampela, dijamin puas!

Gerai Laksa Pak Openg sendiri buka mulai dari pukul 06.30-09.30 WIB, dan harga laksa yang dijual mulai dari Rp10 ribu saja. Murah meriah, nih, pantas saja punya banyak pelanggan!

  • Alamat Laksa Pak Openg: Jln. Taman Makam Pahlawan No.8 Taruna (dekat rel kereta), Tangerang

6. Laksa Sari Soleh Ali

makanan khas
Source: PergiKuliner

Ini dia salah satu laksa khas Tangerang yang sudah cukup terkenal dan dibicarakan banyak orang. Laksa bihun yang dibanderol seharga Rp22 ribu seporsi penuh berisi isian laksa, telur, daging ayam, bihun, dan lontong. Selain itu, juga terdapat taburan ebi halus, bawang goreng, dan kemangi yang menambah kelezatannya.

Selain laksa, di sini juga tersedia asinan Betawi seharga Rp18 ribu yang tidak kalah enaknya, dengan bumbu kacang yang nikmat, kol, timun, wortel, tauge, dan sawi.

  • Alamat Laksa Sari Soleh Ali: Jalan KH. Soleh Ali No. 28, Kapling, Tangerang

Info wajib baca: Hobi Jajan, Sudah Coba 5 Mie Ayam Terdekat Murah dan Enak di Jakarta Ini?


Ternyata nggak cuma negara tetangga aja yang punya laksa, Indonesia juga punya! Pastinya nggak kalah enak dari laksa tetangga. Kamu tertarik makan ke tampat yang mana, nih, sob?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Balikpapan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare