...
bakso beranak
5-min read

Ini 5 Tempat Makan Bakso Beranak yang Lezat di Jakarta | Wajib Mampir!

bakso beranak

Kunjungi lima tempat berikut kalau kamu pengen bakso beranak!

Siapa yang tidak suka bakso? Makanan lezat yang satu ini memang bisa membuat siapa saja tergoda untuk mencicipinya. Bagi penggemar bakso sejati, tentu sudah tidak asing lagi dengan salah satu varian terkenalnya, yaitu bakso beranak.

Nah, jika kamu sedang berada di Jakarta dan ingin menikmati kelezatan bakso unik ini setelah nyobain rekomendasi bakso aci di Jakarta, Kostmin udah rangkum 5 tempat makan di Jakarta yang menyajikan bakso beranak lezat dan menggugah selera.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, mulai petualangan kulinermu sekarang juga!

Apa Maksudnya Bakso Beranak?

bakso beranak
Source: Beautynesia

Bakso beranak merupakan salah satu variasi unik dari makanan tradisional Indonesia yang disebut bakso. Bakso sendiri adalah bola daging yang biasanya terbuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lainnya.

Makanan yang satu ini sering dihidangkan bersama kuah kaldu serta mi, sayuran, dan tambahan seperti pangsit, tahu, atau telur. Namun, bakso yang satu ini memiliki keunikan tersendiri dalam bentuk dan presentasinya.

Secara harfiah, bakso ini berarti seperti “bakso yang melahirkan”. Di mana ketika dibelah, otomatis akan keluar bakso-bakso kecil yang merupakan ‘anak’ dari bakso besarnya. Kalau bakso biasa, kan, cuma berisi telur atau daging di bagian tengahnya.

Proses pembuatan bakso ini juga sama seperti bakso biasa. Di mana adonan daging dibentuk menjadi bola besar, selanjutnya adonan yang tersisa dibentuk menjadi bola-bola kecil sebagai ‘anak-anak’ dari bakso besar, kemudian ditaruh di tengah bakso yang besar. Bakso ini kemudian dimasak dalam kuah kaldu hingga matang.

Selain penampilannya yang unik, bakso beranak juga memiliki kelezatan yang sama dengan bakso tradisional, tapi dengan sedikit efek kejutan berasa buka hadiah pas mau makan!

Dalam beberapa tahun terakhir, bakso yang satu ini juga mendapatkan perhatian di media sosial dan menjadi tren makanan viral. Banyak orang yang tertarik untuk mencicipi dan berfoto dengan hidangan ini karena penampilannya yang unik dan menarik.

Info wajib baca: 5 Ide Masakan Daging Sapi yang Mudah dan Enak | Yuk, Coba Semuanya!

5 Restoran untuk Menikmati Bakso Beranak di Jakarta

bakso beranak
Source: Kompas.com

Nah, kalau kamu adalah warga Jakarta atau kebetulan sedang datang ke Jakarta dan mau makan bakso varian unik satu ini, nggak usah khawatir bingung harus cari ke mana, ya. Kostmin punya rekomendasi lima tempat makan di mana kamu bisa cobain makanan unik yang satu ini!

1. Bakso Pak Kumis

Tempat yang pertama ada Bakso Pak Kumis, tempat makan bakso ini berlokasi di Jalan Menteng Atas Dalam Nomor 4, Setiabudi, Jakarta Selatan. Bakso Pak Kumis sendiri sudah berdiri sejak tahun 1989 hingga sekarang.

Restoran ini menyediakan berbagai macam jenis bakso yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan selera kamu, mulai dari bakso keju, hingga bakso goreng. Harga per porsinya juga dibanderol mulai dari Rp 21.000. Di sini juga kamu bisa menikmati bakso beranak yang juga ditawarkan dalam menunya.

2. Bakso Beranak Mpok Rame

Warung bakso nggak harus selalu ada di pinggir jalan, karena tempat makan bakso yang satu ini letaknya ada di dalem mall!

Tempat makan bakso ini bernama Bakso Beranak Mpok Rame, lokasinya ada di Mall Artha Gading, Lantai 2, Eat Street, Jalan Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta.

Nggak cuma bakso beranaknya aja yang unik, tapi adonan baksonya juga. FYI, adonan baksonya menggunakan campuran kelapa, jadi rasa baksonya gurih.

3. Bakso Bom Mas Erwin

Tenang, tenang, isi baksonya bukan bom, kok. Tempat yang satu ini juga menyediakan salah satu varian bakso beranak yang juga terkenal enak di Jakarta.

Tempatnya berada di dua daerah, yaitu di Tebet dan Rawamangun, buat alamat Bakso Bom Mas Erwin di Rawamangun ada di Jalan Pegambiran No.43, Rawamangun, Jakarta Timur. Yang jadi ciri khas dari bakso ini adalah komposisi daging yang digunakan lebih banyak dari tepung.

Bakso yang ditawarkan juga bernama bakso bom, di mana di dalamnya berisi bakso granat dan bakso kecil-kecil. Ada beberapa varian yang bisa kamu pilih juga seperti keju, urat, atau bakso bom telur.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Bandung yang Terkenal, Wajib Kamu Coba!

4. Bakso Beranak Mas Gayeng

Di Jakarta Pusat juga ada, loh, tempat makan bakso unik ini yang juga terkenal enak, nama tempatnya adalah ‘Bakso Beranak Mas Gayeng’. Lokasinya ada di Jalan Tulang Bawang No. 4, Cideng, Jakarta Pusat.

Isian dari bakso yang ditawarkan di sini ada bakso keju, bakso telur puyuh dan bakso yang kecil-kecil. Harganya juga cukup murah kalau dibandingkan dengan di tempat lainnya, yaitu mulai dari Rp 17.000 aja!

Pastinya, selain bakso unik tersebut, kamu juga bisa pesen varian bakso lainnya mulai dari harga Rp 15.000 di sini.

5. Bakso Beranak Pak Ahmad

Yang terakhir ada tempat makan bakso unik ini yang berlokasi di Jalan Sumber Pelita No.22, Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, yaitu Bakso Beranak Pak Ahmad.

Yang bikin tambah unik di sini ada beberapa pilihan menu untuk bakso beranaknya, yaitu Bakso Beranak Mercon dan Bakso Beranak Spesial dengan harga Rp27.500. Selain itu tersedia pula Bakso Kecil, Bakso Telur, serta Mie Ayam Bakso Mercon yang harganya berkisar Rp18.000 – Rp27.000. Terjangkau, kan?


Nah, buat kamu yang masih cari rekomendasi makanan unik lainnya, kamu juga wajib cobain makanan Khas Jepara yang juga ada bakso dengan bentuk unik! Bakso apa, tuh, kira-kira?

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare