...
cek kjp
5-min read

Cara Cek KJP Tahap 2 2023 Beserta Besaran Dana yang Diterima

cek kjp

Berikut cara sederhana untuk cek KJP 2023 tahap 2 yang sudah selesai diverifikasi beberapa waktu yang lalu!

Pendataan Kartu Jakarta Pintar (KJP) Plus dilakukan dalam dua periode, yaitu pada bulan Februari-Maret dan September-Oktober. Berikut adalah panduan untuk memeriksa status penerimaan siswa KJP dan besaran bantuan yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

KJP Plus merupakan program strategis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertujuan memberikan akses pendidikan formal kepada siswa berusia 6-21 tahun dari keluarga yang ekonominya kurang mampu. Program ini dirancang untuk menyelesaikan kewajiban belajar 12 tahun.

Setelah proses pendataan, pengumuman hasilnya akan disampaikan melalui akun media sosial Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, P4OP dan akun resmi masing-masing sekolah. Bagaimana cara memeriksa status penerimaan siswa KJP?

Info wajib baca: Batas Laut Pulau Jawa yang Wajib Kamu Tahu | Simak juga Letak Astronomis dan Kondisi Alamnya

Syarat Mendaftar KJP Plus

  1. Masih tercatat dan berstatus aktif di salah satu lembaga pendidikan di Provinsi DKI Jakarta.
  2. Terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), DTKS tingkat daerah, atau data lain yang telah ditentukan oleh keputusan gubernur.
  3. Adalah penduduk DKI Jakarta yang tinggal di wilayah tersebut, yang dapat dibuktikan dengan Kartu Keluarga (KK) atau dokumen lain yang sesuai.

Cara Daftar

Pendaftaran KJP Plus bisa dibilang mudah karena dapat diakses melalui daring atau online. Kamu bisa mengakses informasi tentang pendaftaran KJP Plus di https://kjp.jakarta.go.id/, berikut cara daftarnya secara online.

  1. Akses laman https://fmotm.jakarta.go.id/.
  2. Daftarkan akun apabila kamu belum memiliki akun KJP Plus.
  3. Masuk dengan menggunakan akun yang telah berhasil dibuat.
  4. Pilih menu Input Pendaftaran Baru, kemudian isikan rincian data diri dan informasi yang diperlukan sebelum menekan tombol Simpan.

Cara Cek KJP Pakai NIK

cek kjp
Source: pikiranrakyat.com

Calon penerima yang sudah melakukan verifikasi dan ingin mengecek status penerimaan KJP Plus, berikut ini cara cek KJP pakai NIK yang bisa kamu lakukan:

  1. Kunjungi situs resmi KJP di alamat kjp.jakarta.go.id untuk memeriksa status penerimaan KJP Plus.
  2. Setelah itu, pilih “Periksa Status Penerimaan KJP” untuk memverifikasi status KJP kamu.
  3. Inputkan nomor induk kependudukan (NIK) yang terkait dengan sekolah pada kolom yang disediakan.
  4. Pilih opsi “Tahun dan Tahap Penyaluran” yang kamu inginkan untuk memeriksa statusnya.
  5. Klik tombol “Cek” dan tunggu beberapa saat hingga pengumuman muncul.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat memeriksa status KJP Plus 2023 tahap 2 yang kamu ajukan, apakah sudah disahkan sebagai penerima bantuan atau belum. Harap dicatat bahwa jika kjp.jakarta.go.id tidak dapat diakses, disarankan untuk melakukan pengecekan secara berkala.

Info wajib baca: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Kalimat Imperatif | Pelajari Agar Tidak Salah Paham!

Besaran Dana KJP Plus 2023

Untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang bantuan yang diberikan pemerintah ini, kamu perlu mengetahui besaran dana KJP Plus yang akan diterima. Berdasarkan informasi dari akun Instagram @disdikdki, berikut ini adalah nominal besaran dana KJP Plus 2023.

  • Biaya pendidikan untuk tingkat SD/MI/SLB adalah Rp250.000 per bulan, dengan tambahan biaya SPP sebesar Rp130.000 per bulan untuk SD/MI swasta.
  • Untuk tingkat SMP/MTs/SMPLB, biaya pendidikannya adalah Rp300.000 per bulan, dengan penambahan biaya SPP sebesar Rp170.000 per bulan untuk SMP/MTs swasta.
  • Tingkat SMA/MA memiliki biaya pendidikan sebesar Rp420.000 per bulan, ditambah dengan biaya SPP Rp290.000 per bulan untuk SMA/MA swasta.
  • Sementara itu, tingkat SMK memiliki biaya pendidikan sebesar Rp450.000 per bulan, dengan penambahan biaya SPP sebesar Rp240.000 per bulan untuk SMK swasta.
  • Untuk PKBM, biayanya adalah Rp300.000 per bulan. Untuk lembaga kursus pelatihan, biayanya mencapai Rp1.800.000 per semester.

Pencairan bantuan ini umumnya dilakukan di awal bulan, sekitar minggu pertama ataupun minggu kedua. Akan tetapi, karena adanya keterlambatan, pencairan dana bantuan KJP Plus kemungkinan dicarikan pada tanggal 22-30 November 2023.

Info wajib baca: 7 Manfaat Tanaman Hias, Salah Satunya Baik Untuk Kesehatan Mental!

Penggunaan Bantuan KJP Plus

Dana bantuan KJP Plus hanya bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Berikut ini beberapa kebutuhan pendidikan yang diperbolehkan.

  • Pangan bersubsidi
  • Alat bantu baca (kacamata)
  • Kalkulator ilmiah
  • Alat simpan data elektronik
  • Sepeda
  • Komputer atau laptop
  • Alat bantu disabilitas bagi siswa disabilitas
  • Uang saku siswa
  • Biaya transportasi sekolah
  • Alat tulis dan perlengkapan pendidikan lainnya
  • Alat dan bahan praktik
  • Pakaian/seragam sekolah dan kelengkapannya

Manfaat KJP Plus

Cek kjp
Source: ayoindonesia

Setelah mengetahui cara cek dan penggunaan KJP Plus, yuk cari tahu tentang manfaat bantuan dari pemerintah ini. Manfaat dan dampak positif yang diharapkan dari siswa penerima KJP Plus, seperti:

  • Memperluas jangkauan pelayanan pendidikan bagi anak-anak usia 6 hingga 21 tahun hingga menyelesaikan pendidikan menengah, dengan tujuan mendukung program Wajib Belajar 12 Tahun.
  • Mengurangi beban biaya pendidikan pribadi.
  • Mencegah peserta didik mengalami risiko putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan karena kendala ekonomi.
  • Mendorong siswa yang telah putus sekolah atau anak yang tidak mengikuti pendidikan formal agar memanfaatkan layanan pendidikan di sekolah, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), atau lembaga pendidikan nonformal lainnya.
  • Menargetkan peningkatan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Dasar dan Menengah.
  • Meningkatkan kesiapan siswa pendidikan menengah dan peserta pendidikan kesetaraan serta kursus untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara cek status penerimaan KJP Plus, besaran dana dan kegunaannya untuk pendidikan. Semoga bermanfaat bagi kamu, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare