...
5-min read

Acara Televisi Berpacu Dalam Melodi Dicintai Boomer dan Milenial, Simak Cara Bermainnya di Sini!

Menghibur masyarakat Indonesia selama bertahun-tahun, Berpacu Dalam Melodi masih sukses meskipun dibuat dengan versi baru.

Tidak lengkap rasanya jika tidak ada program televisi yang menghibur kita. Salah satu program televisi yang dicintai masyarakat Indonesia, khususnya para generasi boomer dan milenial adalah acara Berpacu Dalam Melodi yang tayang di televisi pada tahun 1988. Kembali menghibur masyarakat, program ini kembali lagi pada tahun 2000-an.

Dalam artikel ini, Kostmin akan membawamu untuk menjelajahi acara televisi yang hits di kalangan masyarakat Indonesia ini. Tak hanya itu, Kostmin juga akan memberitahu kamu untuk memainkannya, sehingga kamu bisa berakting layaknya peserta dalam acara Berpacu Dalam Melodi. Sudah siap? Yuk kita mulai!

Mengenal Acara Televisi Berpacu Dalam Melodi

Berpacu Dalam Melodi merupakan program acara Game Show yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1988 dengan pembawa acara Koes Hendratmo dan diiringi oleh Band Pendukung Ireng Maulana All Stars. Mengutip dari laman resmi ISI Jogja, program televisi Berpacu Dalam Melodi sukses dalam penayangan di TVRI selama 10 tahun.

Program telivisi ini tampil kembali di stasiun Metro TV yang tentunya menyajikan kemasan program yang berbeda. Meskipun begitu, dikemas ulangnya program ini tidak melupakan ciri khas dari Game Show Berpacu Dalam Melodi. Selama 28 tahun mengudara distasiun televisi yang berbeda, format penyajian menjadi tolak ukur sukses atau tidaknya program acara Berpacu Dalam Melodi.

Pembawa Acara Berpacu Dalam Melodi

Source: Suara Merdeka Jakarta

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh legendaris yang satu ini? Koes Hendratmo merupakan pembawa acara Berpacu Dalam Melodi yang menjadi salah satu alasan mengapa acara ini sukses besar di kalangan masyarakat Indonesia. Pak Koes merupakan presenter dalam acara “Berpacu dalam Melodi” yang merupakan acara Game Show di TVRI dalam tiga babak. Babak pertama ditayangkan dari tahun 1988-1998, babak kedua tahun 2000-2005, dan terakhir 2013-2014.

Ia memulai karirnya pada tahun 1959 dengan meluncurkan album pertamanya dengan judul “Lambaian Bunga”. Setelah kesuksesannya pada album pertama, Pak Koes kembali meluncurkan album keduanya yang berjudul Sansaro tahun 1968 dengan lagu bergenre pop minang.

Semakin sukses dengan lagu-lagunya, Pak Koes sang penyanyi legendaris akhirnya album ketiganyai pada tahun 1970 yang berjudul Wanita Wanita. Kemudian di tahun 2000, ada album Pop Batak Legendaris. Album terakhirnya dirilis tahun 2011 dengan judul My Love for You.

Info wajib baca: Mengenal Lebih Dekat Macam-Macam Pakaian Adat Terpopuler di Indonesia | Ketahui Sejarah sampai Maknanya!

Cara Bermain

Serunya acara televisi ini membuat kita yang menontonnya ingin berpartisipasi. Ingin bermain Berpacu Dalam Melodi bersama keluarga atau teman-teman di rumah? Jangan khawatir, kamu bisa membuat permainan ini sendiri di rumah dengan mudah. Simak cara berikut!

  1. Setiap peserta harus memiliki “bel” dengan ciri khas masing-masing. Bel tersebut digunakan untuk menebak lagu yang diputar oleh moderator. Sebagai contoh, bel bisa berupa suara binatang, seperti “Kukuruyuk!” atau “Meong” agar suasana menjadi lebih ceria.
  2. 2Moderator memutarkan sebuah lagu di gawai-nya. Agar lebih sulit ditebak, putarlah lagu sebelum bagian reff-nya.
  3. Usai lagu tersebut diputar, peserta harus berebut untuk menebak judul atau penyanyi dari lagu yang diputar oleh moderator.
  4. Peserta yang menyuarakan bel terlebih dahulu berhak menjawab.
  5. Jika berhasil menjawab, peserta akan mendapat 10 poin.
  6. Setelah selesai satu sesi permainan tebak judul atau penyanyi, kini moderator bisa melanjutkan ke sesi yang kedua, yakni menebak lirik lagu yang hilang.
  7. Moderator menuliskan sepenggal lirik dari sebuah lagu, dengan menghilangkan beberapa kata pada lirik tersebut untuk ditebak oleh peserta. Sebelumnya, bisa diputarkan sepenggal lagu tersebut sebelum bagian lirik yang hilang.
  8. Seperti pada sesi sebelumnya, peserta akan menebak lirik lagu yang telah diputar dengan menyuarakan bel terlebih dahulu. Peserta yang berhasil menjawab dengan benar akan mendapatkan poin.
  9. Pada sesi ketiga, moderator dapat menggunakan gawai-nya untuk mencari foto-foto penyanyi dari internet. Pada sesi ini, peserta harus menebak nama penyanyi yang ada di foto tersebut.
  10. Pada akhir sesi, semua poin peserta akan diakumulasikan dan pemenang bisa menjadi moderator. Kemudian, moderator yang sebelumnya akan bergabung dengan peserta lainnya.

Info wajib baca: 10 Pahlawan Nasional Indonesia dari Luar Pulau Jawa, dari Imam Bonjol hingga Frans Kaisiepo

Lagu-lagu Pilihan Untuk Bermain

  • Ku Bukan Untukmu – Rossa
  • Cinta Dan Rahasia – Yura Yunita
  • Glenn Fredly – Januari
  • Anji – Dia
  • Alexa – Jangan Kau Lepas
  • Letto – Ruang Rindu
  • Dewa – Pupus
  • SAMSONS – Kenangan Terindah
  • Andra and The Backbone – Sempurna
  • Tangga – Kesempatan Kedua
  • Maudy Ayunda – Cinta Datang Terlambat
  • Raisa – Kali Kedua
  • Padi – Kasih Tak Sampai
  • Yovie and Nuno – Menjaga Hati

Nah, itu tadi semua yang perlu kamu ketahui tentang Berpacu Dalam Melodi, dari definisi, cara bermain, profil presenter, hingga rekomendasi lagu-lagu musisi Indonesia yang bisa kamu pilih untuk memainkan permainan ini bersama teman aau keluarga. Ingin coba memainkannya? Atau punya rekomendasi lagu lain? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare