...
5-min read

Ingin Punya Wajah Glowing Alami? Ikuti 10 Urutan Pemakaian Skincare ala Korea Ini!

Punya wajah yang glowing adalah impian setiap wanita. Urutan pemakaian skincare ala Korea dapat membantumu untuk mewujudkan impian tersebut!

Siapa yang tidak ingin punya wajah yang glowing dan bersih seperti orang Korea? Bukan sesuatu yang mudah didapat, ternyata orang korea memiliki banyak skincare atau perawatan wajah yang mereka gunakan setiap harinya, lho!

Mereka juga pastinya disiplin dalam menggunakan perawatan wajah ini. Nggak heran apabila wajah mereka bersinar sepanjang hari.

Mau tahu apa saja urutan pemakaian skincare ala Korea? Pada kali ini, Kostmin akan memberitahu kamu apa saja skincare yang perlu kamu gunakan serta bagaimana urutannya dengan benar. Jika ingin punya kulit wajah yang halus, simak artikel ini sampai habis, ya! Mari kita mulai!

Urutan Pemakaian Skincare Ala Korea

Lantas, bagaimana pemakaian skincare ala Korea yang benar? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Urutan pemakaian skincare ala Korea pertama: Oil cleanser

Pembersih berbahan dasar minyak biasanya tersedia dalam dua bentuk: oil cleanser dan balm cleanser. Banyak orang memiliki preferensi dalam satu atau lain hal, namun secara keseluruhan, keduanya bagus untuk digunakan. Kamu bisa mencoba keduanya untuk melihat mana yang lebih kamu sukai.

Pembersih ini membantu melarutkan kotoran, terutama kotoran berbahan dasar minyak dari riasan, tabir surya, dan sebum berlebih. Skincare ini menghidrasi dan melembutkan kulit dimana penghapus riasan tradisional lainnya sering kali mengeringkan atau mengiritasi kulit. Pembersih berbahan dasar minyak membantu menjaga kulitmu tetap sehat dan seimbang.

Info wajib baca: Skincare Hamil: Tips dan Produk yang Aman Biar Tetap Glowing Selama Kehamilan

2. Sabun cuci muka

Source: Insider

Dibutuhkan pembersih kedua untuk menghilangkan seluruh kotoran dari wajah, yakni pembersih wajah berbahan dasar air. Fungsinya ialah untuk menghilangkan residu yang tidak dihilangkan oleh pembersih minyak yang sebelumnya kamu gunakan serta membantu menghilangkan sisa residu dari pembersih minyak. Tipe pembersih ini biasanya memiliki tekstur gel dan busa.

3. Eksflosiasi

Urutan pemakaian skincare ala Korea
Source: Insider

Exfoliator, baik exfoliator kimiawi maupun fisik, membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, sehingga menghasilkan kulit yang lebih cerah dan halus. Tergantung pada kekuatan eksfoliator, biasanya kamu disarankan hanya menggunakannya seminggu sekali.

Sangat penting untuk diingat untuk menggunakan tabir surya jika menggunakan exfoliant kimia. Exfoliant berbahan kimia, seperti BHA/PHA/AHA, membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

4. Urutan pemakaian skincare ala Korea keempat: Toner

Toner membantu menghilangkan residu yang tersisa sekaligus memperbaiki pelindung kulit dan menyeimbangkan tingkat pH-nya. Skincare ini juga membantu kulit menyerap produk setelahnya dengan lebih efektif.

Info wajib baca: Mengenal Ciri Jerawat Karena Tidak Cocok Skincare dan Cara Mencegahnya

5. Essence

Essence adalah skincare berbahan dasar air yang ringan dan dikemas dengan bahan pelembab, pelindung, dan anti penuaan. Skincare ini membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, sehat, dan seimbang. Dikombinasikan dengan pembersihan dan penyegaran, produk ini membantu meningkatkan efektivitas produk perawatan yang digunakan setelahnya.

6. Serum atau ampoule

Source: Blushin.com

Serum mengandung bahan ampuh yang mengatasi masalah kulit tertentu seperti garis halus, lingkaran hitam, hiperpigmentasi, dan jerawat. Skincare ini lebih terkonsentrasi pada bahan aktif dan biasanya lebih kental daripada essence.

Kamu juga bisa menggunakan ampul untuk menggantikan serum. Faktanya, ampul bahkan lebih terkonsentrasi dan kuat dibandingkan serum. Meskipun serum dapat digunakan setiap hari, sebagian besar ampul hanya boleh digunakan seminggu sekali atau jika Anda membutuhkan hasil yang besar untuk suatu acara.

7. Masker wajah

Masker adalah inti dari rutinitas skincare ala Korea. Penggunaan sheetmask wajib dilakukan secara mingguan untuk mengisi kembali nutrisi dan kelembapan kulit. Masker pembersih membantu menghilangkan kotoran yang mengakar di kulit sekaligus membantu pengelupasan kulit. Sedangkan masker tidur membantu menambah lapisan kelembapan ekstra saat tidur.

Menambahkan masker wajah ke dalam rutinitasmu dapat membantu memberikan kulitmu kekuatan ekstra sekaligus menjadi sangat rileks dan meremajakan saat digunakan.

8. Urutan pemakaian skincare ala Korea: Eye cream

Krim mata dan masker mata merawat area kulit yang paling sensitif dan halus sekaligus mengatasi permasalahan seperti lingkaran hitam, bengkak, dan garis-garis halus. Produk perawatan mata umumnya diformulasikan secara khusus dengan bahan-bahan ekstra lembut. Disarankan untuk menggunakan eye cream dua kali setiap hari untuk hasil maksimal. Sedangkan masker mata bisa digunakan seminggu sekali.

9. Pelembap

Pelembap tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk krim, gel, lotion, dan minyak. Beberapa bahkan mengandung pelindung sinar matahari.

Pelembap hadir sebagai langkah terakhir untuk membantu mengunci semua produk super hidrasi yang digunakan sebelumnya. Meskipun membantu memberikan lebih banyak hidrasi, tugas utamanya adalah mencegah kelembapan meninggalkan kulit.

10. Tabir surya

Urutan pemakaian skincare ala Korea
Source: Unsplash.com

Wajib untuk selalu memakai tabir surya setelah menggunakan pelembab. Carilah tabir surya yang mengandung perlindungan broadband, artinya memiliki SPF (perlindungan UVB) dan PA (perlindungan UVA).

Tabir surya atau sunscreen biasanya dikategorikan sebagai bahan kimia atau mineral berdasarkan bahan aktifnya. Tipe sunscreen kimia menggunakan bahan kimia untuk menyaring sinar UV matahari yang merusak. Sedangkan tabir surya mineral menggunakan bahan aktif yang memantulkan sinar matahari. Meskipun keduanya efektif sebagai pelindung sinar matahari.


Itulah 10 urutan skincare ala Korea agar kulit glowing maksimal. Tak hanya menggunakan produk asal Korea, kamu juga bisa melakukan urutan ini dengan produk skincare lokal, lho!

Sudah pernah mencoba urutan skincare ini? Bagaimana pendapatmu? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!

Mau tahu info paling update lainnya? Biar nggak mati gaya, langsung saja follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid! Ada banyak informasi bermanfaat yang pastinya bikin kamu jadi ‘Si Paling Update’!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare