...
5-min read

3 Cara Mengisi Pulsa Listrik ke Meteran | Bisa Via Aplikasi dan m-Banking, Mudah!

Tak perlu ke luar rumah demi mengisi pulsa listrik ke meteran, yuk, coba cara online!

Di era digital ini, kebutuhan akan kenyamanan dan efisiensi semakin menjadi prioritas bagi banyak orang. Salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan listrik, terutama untuk mengisi daya hp maupun laptop.

Bayangkan kalau jelang tengah malam pulsa listrik habis, sementara pekerjaan masih banyak? Duh, repot! Untunglah kini pembeliannya semakin praktis dan bisa dilakukan melalui berbagai metode pembayaran.

Kali ini, Kostmin akan membahas cara mengisi pulsa listrik ke meteran dengan menggunakan layanan aplikasi PLN Mobile, serta melalui agen pembayaran online, maupun mesin ATM. Dengan kemudahan aksesibilitas ini, pengguna dapat lebih fleksibel memilih pembelian dan pengisian pulsa listrik kapan saja dan di mana saja. Simak selengkapnya, yuk!

Cara Mengisi Pulsa Listrik ke Meteran yang Praktis

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengisi pulsa listrik ke meteran tanpa perlu menunggu toko konvensional buka.

1. Cara mengisi pulsa listrik ke meteran via PLN Mobile

Source: Swargantara

Perlu diingat bahwa prosedur untuk mengisi pulsa listrik ke meteran melalui aplikasi PLN Mobile dapat berbeda-beda tergantung versi aplikasi yang kamu gunakan (dianjurkan yang terbaru). Namun, berikut adalah panduan umum yang dapat kamu ikuti:

  • Unduh dan instal aplikasi PLN Mobile

Pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi PLN Mobile dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau Apple App Store, sesuai dengan jenis perangkat yang kamu miliki.

  • Buat akun untuk login

Buka aplikasi PLN Mobile dan buat akun baru jika kamu belum memiliki akun. Jika sudah memiliki akun, login dengan menggunakan kredensial yang benar.

  • Pilih layanan isi pulsa listrik

Setelah login, cari opsi atau menu yang berkaitan dengan isi pulsa listrik seperti “Token & Pembayaran” atau “Isi Pulsa Listrik”.

  • Masukkan informasi meteran dan jumlah pulsa yang diinginkan

Di dalam menu tersebut, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi meteran listrikmu, seperti nomor meteran atau ID pelanggan. Pastikan informasi yang dimasukkan benar dan valid. Selanjutnya, masukkan jumlah pulsa listrik yang ingin kamu beli.

  • Pilih metode pembayaran

Pilih metode pembayaran yang tersedia di aplikasi. Biasanya, aplikasi PLN Mobile menyediakan beberapa opsi pembayaran, seperti kartu kredit, transfer bank, atau menggunakan saldo dari aplikasi dompet digital jika ada.

  • Konfirmasi dan bayar

Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan, pastikan untuk meninjau kembali pesananmu. Jika semuanya sudah benar, konfirmasi ulang dan lakukan pembayaran.

  • Tunggu konfirmasi dan aktualisasi meteran

Setelah pembayaran berhasil, tunggu konfirmasi dari sistem dan pastikan bahwa pulsa listrikmu telah diaktualisasi ke meteran. Proses ini biasanya membutuhkan 5-10 menit.

Info wajib baca: Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Listrik | Wajib Tahu Sebelum Beli!

2. Mengisi pulsa listrik ke meteran dengan aplikasi digital

Saat ini sudah banyak aplikasi yang berfungsi sebagai alat transaksi yang bisa kamu gunakan untuk mengisi pulsa listrik secara online. Sebut saja Shopee, Tokopedia, Gojek, Grab, bahkan aplikasi mobile banking juga sudah bisa melakukan pembelian token listrik.

Kamu cukup cari menu di bagian “Pembayaran/Top-up” maupun “Tagihan & Pulsa” untuk melakukan pembelian token listrik sesuai kebutuhan. Jangan lupa siapkan ID pelanggan atau nomor meteran, lakukan pembayaran dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan nomor token dan isikan secara manual ke meteran listrik pra-bayar.

3. Cara mengisi pulsa listrik via agen pembayaran

Source: Jawa Pos

Mengisi pulsa listrik di agen pembayaran umumnya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Siapkan nomor meteran atau ID pelanggan
    Pastikan kamu memiliki informasi yang diperlukan, seperti nomor meteran atau ID pelanggan. Biasanya, informasi ini terdapat pada tagihan listrikmu.
  • Kunjungi agen pembayaran terdekat
    Agen pembayaran ini bisa berupa minimarket, warung, atau kantor perbankan yang bekerja sama dengan PLN atau penyedia layanan listrik setempat.
  • Beri pulsa listrik sesuai kebutuhan
    Beri tahu petugas di agen bahwa kamu ingin mengisi pulsa listrik. Sampaikan informasi yang diperlukan, seperti nomor meteran atau ID pelanggan, dan sebutkan jumlah pulsa yang ingin diisi.
  • Lakukan pembayaran
    Petugas akan memasukkan informasi yang kamu berikan ke dalam sistem mereka dan memberi tahu jumlah pembayaran yang harus kamu bayarkan. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang diminta.
  • Minta bukti pembayaran
    Pastikan untuk mendapatkan bukti pembayaran seperti struk atau kwitansi yang menyatakan bahwa kamu telah melakukan pembayaran untuk pulsa listrik.
  • Aktualisasi meteran
    Setelah melakukan pembayaran, pulsa listrikmu akan diaktualisasi pada meteran. Biasanya, proses ini membutuhkan beberapa saat hingga daya listrik terisi dan pulsa listrik dapat digunakan.

Info wajib baca: Listrik Statis: Pengertian, Proses Terjadinya, dan Contoh dalam Kehidupan

4. Cara mengisi pulsa listrik ke meteran via ATM

Mengisi pulsa listrik melalui mesin ATM umumnya cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa kamu ikuti:

  • Masukkan kartu ATM
    Tempatkan kartu ATM Anda ke dalam mesin ATM dan masukkan PIN.
  • Pilih menu “Pembayaran/Tagihan” atau sejenisnya
    Pada layar awal mesin ATM, cari dan pilih menu yang berkaitan dengan pembayaran tagihan atau layanan listrik. Biasanya, ini disebut “Pembayaran Tagihan” atau “Pembayaran Layanan Publik.”
  • Pilih penyedia layanan listrik
    Setelah masuk ke menu pembayaran, cari dan pilih penyedia layanan listrik yang sesuai. Pilih PLN atau penyedia layanan listrik setempat.
  • Masukkan nomor meteran atau ID pelanggan
    Masukkan nomor meteran atau ID pelanggan kamu. Pastikan untuk memasukkan informasi dengan benar untuk menghindari kesalahan.
  • Pilih jumlah pulsa yang ingin dibeli
    Pada layar selanjutnya, masukkan jumlah pulsa listrik yang ingin dibeli. Pastikan jumlah ini sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Konfirmasi transaksi
    Setelah memasukkan jumlah pulsa, sistem akan menampilkan ringkasan transaksi. Periksa kembali informasi yang dimasukkan dan pastikan semuanya benar. Jika sudah benar, lanjutkan untuk mengonfirmasi transaksi.
  • Lakukan pembayaran
    ATM akan memintamu untuk melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah pulsa yang dipilih. Segera transfer melalui rekening terkait.
  • Isikan pulsa ke meteran
    Kamu akan mendapatkan nomor token yang harus dimasukkan secara manual untuk mengisi pulsa listrik ke meteran. Proses ini biasanya memerlukan waktu 2-3 menit saja, kok.

Itulah cara mudah mengisi pulsa listrik ke meteran. Mudah bukan?

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare