...
5-min read

6 Cara Mengusir Semut agar Tidak Datang Lagi, Bisa Pakai Bahan Alami!

Nggak mau terganggu oleh semut nakal? Begini cara mengusir semut agar tidak datang lagi!

Banyaknya semut di rumah dapat mengganggu kenyamanan, setuju? Selain kurang enak dipandang, adanya koloni semut di rumah terkadang bisa menggigitmu dan menyebabkan kulit menjadi bentol serta gatal akibat gigitan serangga. Lalu, bagaimana cara efektif mengusir semut?

Tenang saja, Kostmin punya banyak tips dan cara mengusir semut agar tidak datang lagi, baik menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah maupun beli di pasaran. Coba, yuk!

Cara Mengusir Semut agar Tidak Datang Lagi

Kamu mau cara mengusir semut yang alami? Langsung cari bahan-bahannya di dapur, deh, seperti yang berikut ini:

1. Cara mengusir semut agar tidak datang lagi: ampas kopi

Suka minum kopi di pagi hari? Jangan buang ampasnya! Ambil sisa ampas kopi dan taburkan di sekitar area yang dikerumuni semut atau setiap sudut rumahmu. Ini adalah metode sementara yang perlu diulangi atau dipadukan dengan cara lain, karena ‘kekuatan’ ampas kopi akan melemah saat mengering.

Semut tidak menyukai aroma kopi dan akan berusaha meninggalkan tempat yang memiliki bau kopi. Metode ini akan memaksa semut keluar dari area yang menjadi sarangnya tersebut.

Info wajib baca: Canggih! Ini Cara Mudah Mengusir Nyamuk dengan Hp | Pakai Suara Ultrasonik!

2. Cuka dan minyak atsiri

Source: Slay At Home Mother

Cuka dan minyak atsiri merupakan salah satu metode untuk mengendalikan jumlah semut secara alami. Perlu dicatat bahwa metode ini tidak akan berfungsi dengan baik jika jumlah semut di dalamnya terlalu banyak. Untuk melakukan metode ini, kamu hanya perlu mencampurkan keduanya, lalu semprotkan cairan ini ke dalam lubang tempat semut bersarang.

Produk pembersih ini tidak hanya akan membunuh semut yang kamu lihat, tetapi juga akan menghapus jejak feromon yang ditinggalkan semut untuk memberi sinyal makanan kepada teman-temannya. Jika mereka tidak dapat mengundang temannya, semut tidak akan mau kembali ke tempat tersebut dan akan mencari sumber makanan di tempat lain.

Bahan Pengusir Semut yang Lebih Kuat

Selanjutnya ada bahan-bahan yang harus kamu beli jika ingin mengusir dan membasmi semut dalam jangka waktu lama.

3. Boraks

Kamu juga bisa menggunakan boraks untuk membuat umpan bagi semut. Caranya: campur boraks dengan bahan yang menarik bagi semut sebagai sumber makanannya. Hal ini akan membuat mereka tertarik untuk memakannya. Penting untuk menyiapkan umpan sesuai dengan spesies semut yang kamu hadapi, ya.

Pancing semut menggunakan sesuatu yang manis seperti jeli, sirop, atau madu. Sedangkan untuk semut semut lain yang menyukai protein dan lemak, sih, sebaiknya menggunakan sesuatu seperti selai kacang atau selai cokelat.

Campurkan 3/4 sendok teh boraks dengan sekitar 1/4 cangkir bahan dasar manis atau gurih sesuai pilihanmu. Kemudian, letakkan campuran tersebut di tempat yang dapat ditemukan semut. Jika kamu memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, jauhkan dari jangkauan mereka. Meski tergolong bahan alami, boraks tetap beracun, ya.

Memang apa itu boraks? Menurut KBBI, boraks adalah bahan pembersih (antiseptik; zat pembantu melelehkan zat padat) yang berupa hablur (kristal) berwarna kuning atau serbuk berwarna cokelat. Boraks dapat menjadi racun yang bekerja lambat jika dikonsumsi.

Semut yang mengonsumsi umpan bercampur boraks akan terkena racunnya, namun sebelumnya mereka akan meninggalkan jejak aroma yang memandu semut lain menuju “sumber makanan” baru ini. Harapannya adalah memberi mereka sumber makanan yang begitu luar biasa sehingga mereka merasa perlu untuk mengembalikannya kepada ratu semut. Dengan begitu koloni semut bisa dibasmi, deh.

4. Tanah diatom

Source: Grow Barato

Tanah diatom adalah bubuk lain yang bisa ditaburkan di area rumahmu yang dipenuhi semut untuk mengurangi jumlah koloni semut. Bubuk ini harus ditaburkan di sekitar alas tiang atau area pintu masuk agar dapat bekerja secara efektif.

Tanah diatom cukup kuat untuk menghancurkan koloni kecil dalam hitungan hari, namun triknya adalah menaburkan bubuk ini ke seluruh koloni. Untuk serangan yang lebih besar, metode ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama karena kuncinya adalah menemukan semua semut yang bersembunyi.

Metode ini efektif untuk mengusir semut karena tanah diatom mengandung silika, yakni komponen yang ditemukan dalam batuan. Ketika silika ini bersentuhan dengan semut, ia akan menyerap melalui tubuh semut, yang akan menyebabkan semut mengalami dehidrasi dan mati.

Info wajib baca: 10 Cara Mengusir Tokek dari Rumah, Ampuh Dicoba!

5. Kapur

Kapur adalah cara yang aman untuk mengalihkan perhatian semut dari jejaknya dan mengendalikan masalahnya sebelum kamu menggunakan metode lain untuk membasmi sendiri serangan dari koloni semut.

Ambillah satu batang kapur (bisa menggunakan kapur biasa atau kapur ajaib), lalu gambar garis di sekitar area yang dipenuhi semut. Kamu juga bisa menumbuk kapur tersebut hingga menjadi halus dan taburkan di area yang didatangi semut.

Kapur mengandung kalsium karbonat yang membingungkan aroma asli yang dicium semut. Cara ini hanya akan membingungkan semut dan tidak menghilangkan masalah sepenuhnya, jadi ini bukanlah taktik yang bisa diandalkan untuk menghilangkan semut seluruhnya. Namun, menggambar garis kapur di depan pintu masuk rumahmu akan mencegah semut masuk.

6. Asam borat

Asam borat adalah variasi lain dari senyawa yang sama yang ditemukan pada boraks. Cara melakukan metode ini yaitu dengan mencampurkan bubuk asam borat dengan makanan manis dalam jumlah yang sama (misalnya selai kacang atau gula bubuk) dan air. Letakkan campuran ini di tempat terbuka dekat sarang semut agar semut dapat memakan asam borat untuk bekerja secara ajaib.

Metode ini ampuh untuk mengusir semut karena biasanya semut tertarik kepada bahan manis yang dicampur dengan asam borat untuk memikat mereka ke dalam perangkap. Asam borat akan merusak sistem saraf dan pencernaan semut serta menyebabkan kematian.


Ingatlah untuk tidak membahayakan lingkungan sekitar saat mencoba mengusir semut. Semoga artikel ini memberikan solusi bagi kamu saat menghadapi masalah semut nakal di rumah.

Mengambil langkah-langkah yang tepat, kamu dapat menjaga rumah tetap nyaman tanpa gangguan semut maupun hewan lain seperti mengusir lalat dari rumah.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare