...
5-min read

Mau Tidur Nyenyak? Praktikkan 6 Cara Mengatasi Asma di Malam Hari Ini

Simak cara mengatasi asma di malam hari agar tidurmu lebih nyenyak.

Asma merupakan penyakit yang bisa datang kapan saja, baik pada saat kamu beraktivitas atau saat kamu tertidur di malam hari. Penyakit satu ini tentu sangat mengganggu aktivitas jika tidak segera diatasi, apalagi jika terjadi di malam hari. Duh, dijamin mengganggu kualitas tidur sehingga dapat menyebabkan kantuk pada siang harinya.

Dengan membaca artikel ini, kamu nggak akan bingung lagi soal cara mengatasi asma di malam hari. Kostmin juga punya beberapa cara ampuh untuk mencegah serangan asma terjadi lagi saat kamu sedang tidur. Jika penasaran, simak sampai habis, yuk!

Apa itu Asma?

Menurut WHO, asma adalah penyakit paru-paru kronis yang menyerang orang-orang dari segala usia. Hal ini disebabkan oleh peradangan dan pengencangan otot di sekitar saluran udara, sehingga membuat pernapasan menjadi lebih sulit.

Gejalanya bisa berupa batuk, mengi, sesak napas, dan dada sesak. Gejala-gejala ini bisa ringan atau berat dan bisa datang dan pergi seiring berjalannya waktu.

Meskipun asma bisa menjadi kondisi serius, kondisi ini dapat ditangani melalui pengobatan yang tepat. Jika memiliki gejala asma, segeralah konsultasikan kesehatanmu kepada ahli kesehatan.

FYI, asma juga memiliki hari khusus, lho, yaitu pada tanggal 5 Mei yang diperingati sebagai Hari Asma Sedunia atau World Asthma Day.

Penyebab Asma Memburuk di Malam Hari

Tidak jelas secara pasti mengapa gejala asma biasanya memburuk pada malam hari. Salah satu penjelasan yang mungkin adalah suhu yang lebih dingin menyebabkan saluran udara berkontraksi. Mengutip dari Baptist Health, alasan lainnya adalah adanya peningkatan paparan alergen di kamar tidur.

Kemungkinan penyebab lain dari gejala asma malam hari termasuk sekresi hormon berhubungan dengan pola alami terjaga dan tidur (disebut ritme sirkadian) atau perubahan fungsi bronkus yang disebabkan oleh tidur itu sendiri.

Terakhir, posisi tidur bisa secara langsung memengaruhi seberapa baik lkualitas tidur, terutama bagi penderita asma.

Cara Mengatasi Asma di Malam Hari

Ingin tidur nyenyak di malam hari tanpa gangguan asma? Coba beberapa cara berikut ini:

1. Mengganti posisi tidur

Melansir dari Medical News Today, berikut posisi tidur yang bisa kamu coba jika mengalami asma pada malam hari:

  • Tidur miring ke kiri dengan bantal di antara kedua kaki

Tidur miring ke kiri dapat mengurangi gejala refluks gastroesofageal, pemicu umum asma nokturnal. Karena gravitasi dan bentuk hubungan antara lambung dan kerongkongan, tidur miring ke kiri dapat membantu meredakan refluks asam.

Menempatkan bantal di antara kedua kaki juga dapat memberikan kenyamanan dan kestabilan lebih pada tulang belakangmu.

Info wajib baca: 10 Manfaat Lari Malam Hari untuk Kesehatan Tubuh | Bikin Tidur Makin Berkualitas!

  • Tidur telentang dengan bahu dan leher terangkat

Meninggikan leher dan bahu dengan bantal sambil bertumpu pada punggung dapat membantu membuka saluran udara saat tidur dan mengurangi risiko serangan asma nokturnal.

Tidur dengan posisi ini juga dapat membantu mencegah postnasal menetes, yakni suatu kondisi di mana lendir menumpuk di bagian belakang tenggorokan serta batuk-batuk. Hal ini mungkin terjadi karena gravitasi membantu menjaga saluran udara tetap bersih dan membuat pernapasan lebih mudah.

  • Tidur telentang dengan kepala ditinggikan dan bantal di bawah lutut

Menopang kepala dan bahu saat bertumpu pada punggung dapat membantu membuka saluran napas. Menambahkan bantal di bawah lutut dapat membuat lebih nyaman dan membantu seseorang untuk tetap pada posisi tersebut. Hal ini membantu mencegah tubuh mereka tergelincir secara perlahan dari posisi tinggi saat tidur.

2. Gunakan air purifier

cara mengatasi asma di malam hari
Source: Welzo

Air purifier membantu mengurangi jumlah alergen di udara, dan penggunaan pelembap udara mencegah udara menjadi terlalu kering. Udara kering dapat mengiritasi saluran hidung dan tenggorokan, sehingga memperburuk gejala asma.

3. Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur

Bulu hewan peliharaan memicu gejala asma. Idealnya, hewan peliharaan harus selalu dijauhkan dari kamar tidur, sebab bulu hewan dapat menempel pada tempat tidur, pakaian, dan permukaan lembut lainnya. Setidaknya kamu harus menjauhkan hewan peliharaanmu dari kamar tidur setiap malam hari agar tidak membuat asmamu kambuh.

4. Tidurlah di tempat tidur yang lebih tinggi dari lantai

Sebagian orang suka meletakkan kasurnya tepat di lantai. Namun, faktanya semakin dekat kamu dengan permukaan tanah, semakin banyak alergen yang dihirup saat kamu tertidur. Tidur di kasur dengan jarak yang jauh dari tanah akan mengurangi paparanmu terhadap bahan iritan yang dapat memicu gejala asma.

5. Tutup jendela

Udara luar dapat membawa serbuk sari, tungau debu, dan bahan pengiritasi lainnya ke dalam kamar tidurmu. Ini tentunya menjadi salah satu penyebab asma memburuk di malam hari. Menutup jendela akan menghilangkan sumber pemicu asma tersebut.

Info wajib baca: 15 Cara Mengatasi Badan Tiba-tiba Menggigil Kedinginan di Malam Hari

6. Mencuci kasur

Mencuci tempat tidurmu setiap minggu dengan air bersuhu minimal 130 derajat Fahrenheit membantu membunuh bakteri dan alergen lainnya. Selain itu, juga direkomendasikan untuk mengeringkannya dengan api besar agar semakin efektif.

Pastikan kasurmu benar-benar kering sebelum menaruhnya di tempat tidur. Tempat tidur yang lembap dapat menimbulkan jamur, yang merupakan pemicu asma yang umum.


Mengatasi asma di malam hari merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan respiratori dan kualitas hidup secara keseluruhan. Dengan menerapkan tips dan trik yang sesuai, penderita asma dapat meraih tidur yang lebih nyenyak dan mengurangi risiko serangan asma yang mengganggu,

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare