...
jajanan khas cirebon
5-min read

7 Jajanan Khas Cirebon yang Wajib Kamu Cicipi

jajanan khas cirebon

Jika berkunjung ke Cirebon, kamu wajib mencicipi jajanan khas Cirebon di bawah ini.

Setiap wilayah memiliki ragam jajanan yang unik, termasuk Cirebon. Kuliner khas Cirebon telah menyebar ke berbagai kota di Indonesia, terutama Jakarta, dan salah satunya yang terkenal adalah tahu gejrot.

Tahu gejrot, yang terbuat dari tahu yang diberi bumbu berupa bawang merah, cabai, larutan gula merah, dan garam, menjadi salah satu kuliner khas Cirebon. Beberapa hidangan khas Cirebon dahulu merupakan hidangan utama untuk melayani tamu oleh para sultan yang ada di daerah ini.

Namun, setelah kejayaan kesultanan meredup, kuliner yang dahulu hanya disajikan untuk keluarga kerajaan, kini dapat dinikmati oleh masyarakat umum. Berikut ini adalah 9 jajanan pasar khas Cirebon yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika kamu mengunjungi daerah ini.

Info wajib baca: 9 Kue Kering Khas Banyuwangi Cocok untuk Kamu Jadikan Oleh-oleh

7 Jajanan Khas Cirebon

Sambil mengunjungi destinasi wisata di Cirebon, 7 jajanan khas Cirebon ini wajib banget kamu coba dan bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah.

1. Tahu gejrot

jajanan khas cirebon
Source: liputan6.com

Kuliner khas Cirebon yang pertama adalah tahu gejrot. Kuliner ini tidak hanya menjadi favorit di Cirebon tetapi juga di kota-kota lain.

Penjual tahu gejrot sering berkeliling di kota besar dengan wadah anyaman bambu dan pikulan. Tahu gejrot merupakan makanan yang terbuat dari tahu yang disajikan dengan bumbu berupa bawang merah, cabai, air gula, dan cuka, dan uniknya, disajikan dalam wadah tanah liat, bukan piring.

Kata “gejrot” berasal dari bahasa Cirebon yang berarti tumbuk atau ulek, merujuk pada proses penyajian tahu yang diulek bersama kuahnya. Salah satu penjual tahu gejrot favorit warga Cirebon berlokasi di Pasar Kanoman.

2. Mie koclok Cirebon

Jajanan pasar khas Cirebon lainnya yang mirip dalam penyebutan dengan mi kocok Bandung adalah mi koclok. Namun, mi koclok Cirebon memiliki perbedaan dalam penyajian dan isian.

Mi kocok Bandung disajikan dengan campuran mie, tauge, kikil dan disiram kuah kaldu sapi bening. Sedangkan, mi koclok Cirebon menggunakan kuah kental dan disajikan dengan daging ayam, telur, dan daun bawang.

Untuk menikmati cita rasa khasnya, mi koclok Cirebon sebaiknya disajikan dalam keadaan hangat. Salah satu kedai mi koclok terkenal di Kota Cirebon adalah Mie Koclok Mas Edi di Jalan Lawanggada Nomor 23, Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, Cirebon.

Info wajib baca: 9 Makanan Khas Ngawi yang Sayang Kamu Lewatkan, Ada Apa Saja?

3. Sate kalong

Jajanan pasar khas Cirebon selanjutnya adalah sate kalong. Dinamakan demikian karena dijual hanya di malam hari.

Meskipun namanya mirip dengan kelelawar (kalong), sate ini sebenarnya terbuat dari daging kerbau dan mempunyai cita rasa yang manis. Bagi kamu untuk pencinta pedas bisa mencocol makanan tersebut dengan sambal merah.

4. Kerupuk melarat

jajanan khas cirebon
Source: linimassa.id

Salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang patut dicoba adalah kerupuk melarat. Keunikannya terletak pada cara pengolahan yang tidak menggunakan minyak goreng, melainkan dengan menggunakan pasir hitam yang sudah dibersihkan.

Kerupuk melarat memiliki rasa manis gurih dan dapat ditemukan di sekitar Pasar Kue Plered. Selain itu juga bisa ditemukan di daerah Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, dengan harga sekitar Rp 10 ribu -15 ribu per bungkus.

5. Intip

Camilan kering khas Cirebon yang terbuat dari kerak nasi disebut intip. Terdapat dua varian rasa, yaitu manis gurih dan asin gurih, dengan warna kecoklatan serta tekstur yang renyah.

Intip dapat ditemukan dengan mudah di wilayah Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon. Dan biasanya dijual dengan harga sekitar Rp 25 ribu untuk setiap ukuran setengah kilogram.

6. Gado-gado ayam Cirebon

Kuliner khas Cirebon berikutnya adalah gado-gado ayam. Makanan ini memiliki perbedaan dengan gado-gado atau pecel pada umumnya yang menggunakan sayuran sebagai bahan utama dengan saus kacang.

Gado-gado ayam Cirebon tidak menggunakan sayuran, melainkan berupa gulai kari ayam dan lontong. Gulai ayam ini memiliki cita rasa gurih yang khas dan sentuhan unik.

Jika ingin mencoba hidangan ini, kamu bisa mengunjungi Jalan Kesambi atau Jalan Lawang Gada, Kesambi, tepatnya di sebelah toko listrik Cahaya Mega Elektronik. Warung gado-gado ayam ini beroperasi di atas trotoar dan biasanya nyaman dikunjungi antara pukul 08.00-12.00 siang.

7. Petis udang

jajanan khas cirebon
Source: wikipedia

Salah satu jajanan pasar khas Cirebon yang terkenal adalah petis udang. Campuran bumbu hitam dalam petis kupat tahu sering kali menggunakan petis udang yang dibuat dari udang rebon.

Rasanya lebih khas dengan sentuhan pedas, gurih, dan manis yang langsung terasa di mulut. Petis udang dapat dibeli di banyak toko makanan atau pusat souvenir di Cirebon, dengan harga sekitar Rp10.000.

Info wajib baca: 8 Makanan Khas Subang yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Nasi Goreng Nanas

7. Kue apem

Jajanan pasar khas Cirebon yang juga dikenal di berbagai daerah adalah apem. Jajanan ini terkenal dengan kelezatan dan kegurihannya.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue apem Cirebon melibatkan telur, santan, gula, tape, dan sedikit garam. Adonan tersebut kemudian dimasak dengan cara dibakar atau dikukus.

Kue apem yang dibakar memiliki rasa yang lebih legit dan gurih. Untuk meningkatkan cita rasa, kue apem khas Cirebon biasanya disajikan dengan saus gula merah.


Saat kamu mengunjungi daerah ini, pastikan untuk mencicipi berbagai Jajanan khas Cirebon yang telah direkomendasikan di atas, ya. Pengalaman kuliner kamu pun akan menjadi lebih sempurna dan membantu kamu memahami lebih dalam kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki oleh Cirebon. Selamat menikmati!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare