...
jenis media pembelajaran
5-min read

Media Pembelajaran Membuat Belajar Lebih Menyenangkan dan Mudah Dipahami

jenis media pembelajaran

Apa saja jenis media pembelajaran saat ini? Yuk, kenali dan pahami manfaat-manfaatnya!

Semakin berkembangnya teknologi, media pembelajaran menjadi salah satu hal yang semakin diperlukan dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran tidak hanya membuat kegiatan belajar lebih mudah dipahami, tetapi juga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Dalam artikel kali ini, Kostmin akan membahas semua tentang media pembelajaran dan bagaimana mereka dapat membuat proses belajar lebih menyenangkan bagi siswa! Jangan lewatkan kesempatan untuk menemukan cara baru dan kreatif untuk mengajarkan materi kepada siswamu juga.

Apa itu Media Pembelajaran?

Apa itu Media Pembelajaran?
Source: Reddit

Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat berupa buku, gambar, film, komputer, dan sebagainya.

Tujuan utama dari penggunaan media pembelajaran adalah untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran dan untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Media pembelajaran dapat menjadi lebih efektif jika dilengkapi dengan aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mendukung dan membangun tanggapan siswa terhadap materi yang disampaikan.

Jika hal ini dilakukan dengan benar dan terstruktur dapat memberikan dampak yang lebih besar bagi siswa dalam proses belajarnya.

Info wajib baca: Tes BUMN 2023: Persiapkan Diri dan Pelajari Lebih Lanjut tentang Prosesnya

Jenis Media Pembelajaran

Selanjutnya, yuk, pelajari apa saja jenis-jenis media yang bisa digunakan untuk memahami materi belajar.

1. Buku teks

Buku teks
Source: Business Insider

Media pembelajaran satu ini merupakan yang paling umum digunakan di sekolah dan universitas. Buku ini biasanya berisi informasi yang relevan dengan topik pembelajaran, serta disusun dalam bentuk tulisan, gambar, dan diagram.

Jenis buku ini dapat membantu siswa memahami konsep dan teori yang berkaitan dengan topik pembelajaran, serta memberikan dasar pengetahuan untuk menguasai materi pelajaran.

Cara pembelajaran dengan media ini memiliki berbagai macam keuntungan antara lain yaitu buku teks dapat dibaca kapan saja dan di mana saja, tanpa memerlukan akses ke internet atau perangkat elektronik.

Materi penjelasan disusun secara sistematis, sehingga informasi yang disajikan mudah untuk diikuti dan dipahami dengan baik. Membaca buku teks secara rutin juga dapat membantu meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman siswa.

Buku teks dapat menjadi referensi yang berguna bagi siswa untuk menyelesaikan tugas dan mempersiapkan ujian.

2. Jenis media pembelajaran: Media audio

Jenis media pembelajaran: Media audio
Source: The New York Times

Media audio merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami informasi dengan menggunakan indra pendengaran. Jenis media pembelajaran ini terdiri atas berbagai macam bentuk, seperti rekaman audio, podcast, atau musik.

Beberapa keuntungan yang dapat ditemukan dalam penggunaan media audio antara lain seperti dapat membantu siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik, terutama bagi siswa yang lebih memahami informasi secara verbal dan pendengaran.

Siswa dapat mengakses media audio kapan saja dan di mana saja, misalnya ketika mereka sedang melakukan aktivitas yang tidak memerlukan penglihatan atau sedang dalam perjalanan.

Media ini juga mempermudah siswa dalam memahami materi karena dapat dibawa-bawa dan diputar kembali berulang-ulang tanpa perlu khawatir mengalami kelelahan seperti ketika membaca.

3. Media visual

Media visual
Source: FMCP English

Yang dimaksud dengan media visual merupakan jenis media pembelajaran yang menggunakan gambar atau video untuk membantu siswa memahami informasi dengan lebih baik. Beberapa jenis media visual yang biasa digunakan dalam pembelajaran antara lain gambar, video, presentasi, dan grafik.

Ada beberapa keuntungan juga dalam penggunaan jenis media pembelajaran satu ini, lho! Media visual dapat membantu siswa memahami konsep dan informasi dengan lebih mudah dan cepat.

Penyampaian materi juga menjadi lebih menarik dibandingkan hanya teks biasa sehingga siswa lebih tertarik dalam mempelajari materi pembelajaran. Tidak hanya itu, media visual dapat membantu meningkatkan daya ingat siswa terhadap informasi yang diberikan.

Beberapa media visual seperti video atau presentasi juga dapat dilengkapi oleh animasi dan suara, sehingga lebih interaktif dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.

Info wajib baca: Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing, Salah Satunya Meningkatkan Kecerdasan

4. Jenis media pembelajaran: Multimedia

Jenis media pembelajaran: Multimedia
Source: fwd.co.id

Multimedia merupakan jenis media pembelajaran yang menggabungkan beberapa jenis media seperti teks, gambar, suara, dan video untuk menyajikan informasi dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.

Beberapa manfaat yang ditawarkan dari penggunaan multimedia sebagai media pembelajaran ini di antaranya yaitu multimedia memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi pelajaran, baik melalui gambar, suara, maupun video.

Dengan penggabungan beberapa media seperti audio dan visual, hal itu dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan membuatnya lebih menarik.

Dalam multimedia, informasi yang disajikan dapat dijelaskan melalui berbagai jenis media sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami konsep yang disampaikan. Multimedia dapat diakses di mana saja dan kapan saja, dan dapat dilihat ulang tanpa terkendala waktu dan tempat.

5. E-book

E-book
Source: Brooklyn Public Library

Jenis media pembelajaran digital yang berupa buku elektronik ini biasanya dapat diakses melalui perangkat elektronik seperti tablet, laptop, atau smartphone, dan mengandung teks, gambar, dan terkadang juga video atau audio.

E-book dapat diakses di mana saja dan kapan saja, karena hanya memerlukan perangkat elektronik dan akses internet (jika diperlukan) dan biasanya lebih murah daripada buku cetak, sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi siswa dan lembaga pendidikan.

Keberadaan e-book dapat dengan mudah dicari dan diakses, karena biasanya dilengkapi dengan fitur pencarian dan indeks yang memudahkan siswa dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Media pembelajaran ini juga dapat dilengkapi oleh fitur interaktif seperti penanda, catatan, dan tautan yang memperkaya pengalaman membaca siswa. Penggunaan e-book sebagai media pembelajaran dapat membantu mengurangi limbah kertas dan membantu menjaga keberlanjutan lingkungan, lho!


Itu tadi, gaes, beberapa jenis media pembelajaran yang dapat kamu ketahui agar belajar jadi lebih menyenangkan. Tentunya, seiring berkembangnya teknologi canggih sudah banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk mempermudah kebutuhan sehari-hari, termasuk cari kost secara online.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare