...
tes BUMN 2023
5-min read

Tes BUMN 2023: Persiapkan Diri dan Pelajari Lebih Lanjut Tentang Prosesnya

tes BUMN 2023

Tertarik untuk daftar rekrutmen BUMN? Yuk, simak serba-serbi tes BUMN 2023 berikut ini!

Saat ini, persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Terlebih lagi untuk dapat bergabung di perusahaan BUMN yang sangat diminati oleh banyak orang. Salah satu syarat utama untuk bisa masuk ke perusahaan tersebut adalah melewati seleksi Tes BUMN 2023 yang akan segera dilaksanakan.

Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri dan belajar lebih lanjut tentang prosesnya agar dapat bersaing dengan calon karyawan lainnya. Temukan semua infonya di artikel kami ini, yuk!

Mengenal BUMN

Mengenal BUMN
Source: Orami

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah sebuah perusahaan yang dimiliki oleh negara. BUMN dibentuk untuk menjalankan kegiatan usaha tertentu yang dianggap penting bagi negara, seperti kegiatan infrastruktur, pengelolaan sumber daya alam, atau jasa publik.

BUMN juga dapat dibentuk untuk mempromosikan kesejahteraan rakyat, misalnya dengan menyediakan barang dan jasa dengan harga yang terjangkau. Beberapa BUMN telah sukses dan mendapatkan keuntungan, tetapi banyak juga yang masih berjuang untuk mencapai kesuksesan.

Kinerja BUMN sangat dipengaruhi oleh faktor internal seperti manajemen dan struktur organisasi, serta faktor eksternal seperti lingkungan bisnis dan politik. BUMN akan menyelenggarakan tes 2023 untuk memilih calon pegawai BUMN yang akan diterima di perusahaan.

Tes BUMN 2023

Tes BUMN 2023
Source: Hops.id

Tes ini merujuk pada proses seleksi atau ujian yang dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Indonesia untuk merekrut karyawan baru. Sama seperti tes umum lainnya, tes ini biasanya terdiri dari beberapa tahap, mulai dari tes tertulis hingga tes wawancara, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan, pengetahuan, keterampilan, serta kepribadian calon karyawan.

Calon karyawan yang lolos dalam tahap seleksi tersebut kemudian akan diundang untuk mengikuti tahap selanjutnya, seperti tes kesehatan dan psikologi, serta wawancara dengan manajemen BUMN. Tes BUMN ini umumnya diperlukan untuk mengisi posisi yang dibutuhkan oleh BUMN, baik itu posisi di bidang administrasi, keuangan, teknik, maupun lainnya. Adapun materi yang diujikan dalam tes BUMN dapat bervariasi tergantung pada posisi yang dibutuhkan dan kebijakan BUMN tersebut.

Info wajib baca: Cara Daftar Grab Car secara Online | Nggak Perlu Repot Datang ke Kantor

1. Syarat-syarat umum

Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar tes BUMN 2023:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Mencapai usia maksimal per Desember 2022 dengan pendidikan terakhir yaitu D3 maksimal 27 tahun, S1/D4 maksimal 30 tahun, S2 maksimal 35 tahun.
  • IPK minimum 2.75
  • Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  • Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba.
  • Dokumen SKCK dari Kepolisian jika ada.
  • Sertifikasi pelatihan yang sesuai dengan kompetensi dan rekomendasi pengalaman kerja bila ada.
  • Rekomendasi Komunitas (berprestasi di bidang olahraga/seni/digital creator/start up) jika ada.

2. Tes BUMN 2023: Dokumen yang harus disiapkan

Untuk memenuhi syarat-syarat di atas, kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen berikut ini terlebih dahulu.

  • Foto diri; Softcopy KTP (dalam format jpg/jpeg/png dan maksimal 500KB)
  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) (File PDF maksimal 1MB)
  • Transkrip nilai (File PDF maksimal 1MB)
  • SKCK jika ada (File PDF maksimal 500KB)
  • Dokumen lain seperti Sertifikat Pelatihan, Bahasa Inggris, dan sebagainya jika ada (File PDF maksimal 1MB)
  • Surat Rekomendasi (File PDF maksimal 500KB) yang digabungkan dalam 1 file

3. Tahapan rekrutmen BUMN 2023

  1. Registrasi Pendaftaran
    • Hal ini meliputi proses pendaftaran dan seleksi administrasi yang dilakukan oleh PIC BUMN yang dibuka mulai tanggal 5 Mei 2023 hingga 20 Mei 2023. Hasil tahap ini akan diumumkan pada 1 Juni 2023.
  2. Tes TKD dan Akhlak
    • Pembobotan TKD sebesar 40 persen dan akhlak sebesar 60 persen. Tes ini akan dilakukan mulai dari tanggal 10 Juni 2023 hingga 19 Juni 2023. Hasil dari tahap ini akan diumumkan pada 28 Juni 2023.
  3. Tes Bahasa Inggris
    • Threshold >450 dan ranking sesuai ratio. Tes Bahasa Inggris akan dilakukan mulai tanggal 8 Juli 2023 hingga 12 Juli 2023. Hasil pengumuman akan diumumkan pada 19 Juli 2023.
  4. Tes yang diselenggarakan oleh BUMN
    • Tes Kompetensi Bidang
    • User Interview
    • Social Media Analytic and Digital
    • Mindset
    • MCU
    • Tes ini akan dimulai tanggal 22 Juli 2023 – 9 Agustus 2023
  5. Pengumuman Final
    • Pengumuman berdasarkan hasil tes yang diselenggarakan oleh BUMN yang telah dimasukkan melalui sistem akan dilakukan pada 16 Agustus 2023.

4. Tes BUMN 2023: Cara daftar rekrutmen bersama BUMN 2023

Untuk mengakses informasi selengkapnya terkait cara daftar, syarat, dan ketentuan rekrutmen BUMN 2023, kamu bisa mendapatkannya dengan mengunjungi situs resmi rekrutmen BUMN. Setelah berhasil mengakses situs tersebut, para pelamar bisa mengisi data diri serta memasukkan dokumen-dokumen yang diminta pada persyaratan dan ketentuan.

Selain itu, dalam seleksi BUMN 2023 ini terdapat ketentuan yang harus diikuti, yakni pelamar hanya bisa mendaftar 1 posisi di BUMN saja. Jika link rekrutmen bersama BUMN 2023 masih belum bisa diakses, maka kamu bisa akses kembali situs resmi rekrutmen BUMN tersebut pada tanggal 5 Mei 2023.

Info wajib baca: Cara Transfer BRI ke DANA yang Mudah dan Anti Ribet, Simak Yuk!


Nah, itu dia informasi terkait tes BUMN 2023 mulai dari syarat, dokumen yang harus disiapkan, proses rekrutmen, hingga cara daftar rekrutmen bersama BUMN. Kamu juga bisa mengetahui informasi serupa terkait cara mendaftar hal-hal lain loh seperti misalnya cara dan syarat daftar menjadi driver Maxim motor serta pendaftaran CPNS 2023 yang telah dibuka.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Yogyakarta Murah

Kost Semarang Murah

Info Kost Malang Murah

Kost Bandung Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare