...
kantung empedu
5-min read

Kenali Apa itu Kantung Empedu, Mulai dari Pengertian, Fungsi, dan Penyebabnya

kantung empedu

Kantung empedu itu apa, sih? Apakah berbahaya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Kantung empedu merupakan kantung yang mempunyai ukuran kecil dan memiliki bentuk layaknya seperti buah pir. Selain itu, kantung empedu ini berada di bawah, tepatnya pada bagian kanan atas perut manusia.

Lalu, apakah penyakit empedu ini berbahaya? Dan apa fungsi serta penyebab dari sakit batu empedu tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Info wajib baca: Ini 9 Cara Tidur Berkualitas yang Bikin Kamu Segar di Pagi Hari

Pengertian Kantung Empedu

kantung empedu
Source: Halodoc.com

Batu empedu adalah endapan keras yang terbentuk di kantung empedu. Kantung empedu adalah organ kecil yang terletak di bawah hati. Kantung empedu menyimpan empedu, cairan yang membantu tubuh mencerna lemak.

Batu empedu adalah benda kecil mirip batu yang ditemukan dalam kantung empedu maupun saluran empedu. Dalam istilah medis, penyakit batu empedu juga dikenal sebagai kolelitiasis atau cholelithiasis.

Kolesterol, air, lemak, garam empedu, dan bilirubin adalah komponen dari empedu. Jika tingkat kolesterol, bilirubin, atau garam tinggi dalam empedu, maka akan terjadi timbunan cairan empedu mengeras, yang disebut kolelitiasis.

Bentuk batu empedu sangat beragam, seperti batu besar seukuran bola golf, batu kecil, atau kombinasi keduanya. Batu empedu umumnya terbagi menjadi tiga kategori, di antaranya:

  • Batu kolesterol adalah jenis batu empedu yang paling umum. Batu ini terbentuk ketika kolesterol dalam empedu terlalu tinggi.
  • Batu pigmen terbentuk ketika bilirubin, zat kuning yang dihasilkan dari pemecahan sel darah merah, tidak larut dalam empedu.
  • Batu campuran terbentuk dari kombinasi batu kolesterol dan batu pigmen.

Mengenal batu kolesterol

Batu kolesterol terbentuk ketika kolesterol dalam empedu terlalu tinggi. Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah. Empedu mengandung kolesterol, tetapi juga mengandung cairan yang membantu melarutkan kolesterol.

Ketika kadar kolesterol dalam empedu terlalu tinggi, kolesterol tidak dapat larut dan membentuk kristal. Kristal-kristal ini dapat bergabung dan membentuk batu.

Batu kolesterol lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Batu ini juga lebih sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan, obesitas, atau memiliki diabetes.

Mengenal batu pigmen

Batu pigmen terbentuk ketika bilirubin, zat kuning yang dihasilkan dari pemecahan sel darah merah, tidak larut dalam empedu. Bilirubin biasanya larut dalam empedu, tetapi dapat menjadi tidak larut jika kadar bilirubin dalam darah terlalu tinggi.

Batu pigmen lebih sering terjadi pada orang yang mengalami penyakit hati, seperti sirosis hati. Batu ini juga lebih sering terjadi pada orang yang mengalami penyakit darah, seperti anemia sel sabit.

Mengenal batu campuran

Batu campuran terbentuk dari kombinasi batu kolesterol dan batu pigmen. Batu ini lebih sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas atau diabetes.

Fungsi Kantung Empedu

kantung empedu
Source: Kompas.com

Secara umum, tugas empedu adalah untuk membantu tubuh dalam memproses makanan dengan lebih baik. Lebih spesifiknya, sebagai cairan, empedu membantu saluran pencernaan yang dapat memecah lemak.

Nah, berikut ini akan ada beberapa fungsi kantung empedu yang harus kamu tahu, di antaranya:

1. Bantu proses pencernaan lemak

Empedu berfungsi untuk membantu pencernaan lemak. Berhubung tubuh manusia sebagian besar terdiri atas air, makan lemak adalah zat nutrisi yang tidak dapat larut dalam air. Oleh karena itu, cairan empedu basa ini membantu lemak larut dalam air saat dicerna oleh organ tubuh.

2. Basmi bakteri patogen

Cairan empedu yang memiliki sifat basa, memiliki kemampuan untuk mencegah perkembangan bakteri patogen dalam saluran pencernaan.

3. Bisa mengoptimalkan kerja enzim pencernaan

Salah satu fungsi empedu dalam pencernaan adalah menetralkan asam lambung. Enzim pencernaan di usus halus dapat bekerja dengan baik dalam kondisi basah.

Sedangkan zat makanan yang masuk ke usus memiliki sifat asam, sehingga proses ini membantu enzim pencernaan bekerja lebih baik dalam kondisi netral.

4. Lindungi tubuh dari bakteri

Terbebas dari berbagai mikroba yang dapat masuk ke dalam tubuh kita sangat sulit. Salah satu cara paling mungkin bagi mikroba untuk masuk ke dalam tubuh adalah melalui makanan.

Jumlah mikroba yang dapat masuk ke dalam tubuh melalui suatu makanan sangat kecil. Ini adalah tempat sistem kekebalan tubuh berfungsi.

Selain sistem imun, sistem pencernaan memiliki mekanisme pertahanan sendiri seperti empedu. Fungsi empedu menciptakan kondisi basa yang dapat mematikan atau menghambat mikroba masuk ke dalam tubuh.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Hotel Budget Dekat Stadion GBK untuk Persiapan Setelah Nonton Konser Coldplay

5. Dapat mengeluarkan racun pada tubuh

Usus manusia dapat menyerap makanan setelah diproses. Setelah itu, zat-zat penting yang masuk ke dalam tubuh akan diserap oleh darah untuk membantu sel-sel bekerja.

Nah, zat-zat tidak baik atau beracun yang masuk ke dalam tubuh biasanya disaring oleh hati agar tidak diserap oleh darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Selanjutnya, zat-zat beracun tersebut akan dibawa keluar dari tubuh melalui empedu yang akan mengeluarkannya dari tubuh bersama dengan urine atau feses.

Penyebab Sakit Batu Empedu

Setelah mengetahui apa itu kantung empedu dan fungsinya, yuk, ketahui juga penyebab dari sakit batu empedu ini.

1. Empedu mengandung banyak kolesterol

Jika hati mengeluarkan lebih banyak kolesterol daripada yang dilarutkan oleh empedu, kelebihan kolesterol dapat membentuk kristal dan akhirnya menjadi batu. Namun, biasanya empedu memiliki cukup bahan kimia untuk melarutkan kolesterol yang dikeluarkan oleh hati.

2. Empedu mengandung banyak bilirubin

Ketika hati memecah sel darah merah, tubuh menghasilkan bilirubin. Sirosis hati, infeksi saluran empedu, dan beberapa kelainan darah menyebabkan hati menghasilkan lebih banyak bilirubin, yang berkontribusi terhadap pembentukan batu empedu.

3. Kantung empedu tidak bisa mengosongkan diri

Jika kantung empedu tidak bebas dari endapan sepenuhnya, maka cairan empedu menjadi sangat pekat, dan hal ini dapat memicu pembentukan batu empedu, lho.


Nah, itulah tadi pembahasan mengenai kantung empedu yang perlu kamu ketahui guna bisa menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, sayangi diri dan perhatikan kesehatanmu selalu jika ingin menikmati hidup lebih lama.

Mau tahu informasi mengenai kesehatan lainnya? Yuk kamu bisa baca cara tidur berkualitas yang bikin kamu seger di pagi hari dan cara mengecilkan paha dengan mudah dan instan.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare