...
kue khas bangka belitung
5-min read

9 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Kamu Coba

kue khas bangka belitung

Jangan hanya nikmati panoramanya yang indah saja, kue khas Bangka Belitung juga patut dicoba!

Indonesia memang dikenal memiliki beragam kuliner yang menarik, lezat, dan tentunya patut dicoba. Salah satunya adalah hidangan khas dari Bangka Belitung.

Kali ini, kita akan membahas beberapa kue khas Bangka Belitung yang menjadi incaran wisatawan ketika berada di daerah tersebut. Ini adalah hidangan-hidangan yang sebaiknya kamu cicipi dan beli sebagai oleh-oleh untuk teman, keluarga, atau orang tersayang.

Berikut ini adalah beberapa kue khas Bangka Belitung yang sangat diminati oleh para wisatawan. Yuk baca artikel ini sampai habis, ya!

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Nias yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung

9 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba

Penasaran untuk mengetahui apa saja jenis kue khas Bangka Belitung yang bisa kamu beli ketika berkunjung ke sana? Berikut adalah beberapa pilihannya:

1. Sambalingkung

kue khas bangka belitung
Source: kompas.com

Kuliner yang pertama ini sangat direkomendasikan untuk dicoba dan dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Bagi yang belum familiar dengan sambalingkung, hidangan ini terbuat dari daging ikan tenggiri yang diolah menjadi abon.

Sambalingkung memberikan sensasi nikmat, terutama ketika disantap dengan nasi hangat, baik itu pada pagi, siang, atau malam hari. Meskipun harganya cenderung mahal, sekitar 200 ribu rupiah, namun rasanya yang lezat sebanding dengan harga yang dikeluarkan.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Karawang yang Terkenal dan Ramah di Kantong

2. Getas Bangka

Produk getas juga tidak kalah menarik dibandingkan oleh-oleh yang telah disebutkan sebelumnya. Getas memiliki citarasa yang lezat dan bentuknya bulat dan panjang, memberikan sensasi gurih.

Umumnya dijadikan camilan atau pelengkap nasi, getas terbuat dari ikan tenggiri dan merupakan hidangan khas Bangka yang patut dicoba. Harganya terjangkau sekitar 75 ribu rupiah per bungkus dan dapat ditemukan dengan mudah di pusat oleh-oleh Bangka.

3. Belacan Belitong

Meskipun aslinya merupakan oleh-oleh khas Belitung, Belacan Belitong juga bisa ditemukan di Bangka. Belacan Belitong, yang merupakan jenis terasi khas Bangka Belitung, dibuat dari bahan utama udang dan ikan segar yang berasal dari wilayah laut Bangka Belitung.

Dalam berbagai olahan oleh-oleh, Belacan Belitong sering kali dikombinasikan dengan cabai untuk membuat sambal dan berbagai bumbu khas Bangka Belitung. Selain itu, Belacan Belitong juga bisa menjadi pelengkap makanan lain.

4. Kue Rintak

kue khas bangka belitung
Source: tokopedia

Kue Rintak atau yang dikenal sebagai Kue Bangkit adalah kue kering khas Bangka yang mudah ditemui. Tidak hanya di pusat oleh-oleh, tetapi juga di pasar dan warung kecil, karena bentuk dan rasanya sangat disukai terutama oleh anak-anak.

Makanan tersebut berbahan dasar utama dari sagu dan santan kelapa. Kue Rintak kadang-kadang dicampur dengan jahe dan wijen untuk memberikan variasi rasa.

5. Kericu

Kericu merupakan singkatan dari keripik telur cumi-cumi, juga menarik untuk dicoba. Seperti namanya, keripik ini terbuat dari cumi-cumi segar hasil tangkapan nelayan di wilayah laut Bangka.

Camilan ini cocok menjadi pendamping makan siang atau malam. Selain itu, bisa dijadikan oleh-oleh untuk diberikan kepada orang-orang terdekat.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Tuban, Nomor 1 Terbuat Dari Tanah Liat!

6. Lemok Cempedak

Lemok merupakan salah satu kuliner khas Bangka yang selalu menjadi incaran wisatawan, adalah dodol yang terbuat dari buah cempedak. Tekstur dan rasa lempok ini sangat manis, lezat, dan kenyal, membuatnya menjadi pilihan yang sangat menggugah selera.

Kamu bisa menemukan lempok cempedak ini di pusat oleh-oleh, dengan harga sekitar Rp50-150 ribu per kotak. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, cari lempok cempedak sebagai oleh-oleh untuk teman, keluarga, atau orang yang kamu sayangi!

7. Dodol Bangka

Dodol di Bangka memiliki cita rasa khas dodol pada umumnya, yakni lengket, kenyal, dan manis. Yang membedakan dodol Bangka adalah pengemasannya yang unik dengan berbagai bentuk seperti persegi panjang, bulat panjang, bulat kecil, hingga oval.

8. Bong Li Piang

kue khas bangka belitung
Source: tokopedia

Mungkin kamu sudah pernah melihat atau mencoba makanan yang lucu ini. Bong Li Piang awalnya dikenal sebagai makanan Tionghoa dan ternyata menjadi salah satu kuliner khas Bangka Belitung.

Nama Bong Li Piang diberikan karena makanan ini merupakan perpaduan budaya pribumi dan suku Hakka dari Tiongkok. Kue ini terbuat dari tepung terigu, santan, dan gula aren. Kue ini biasanya diisi dengan selai nanas, memberikan rasa asam, manis, dan tentunya lezat.

9. Kue Yet Yet

Yet yet adalah kue kenyal yang terbuat dari campuran adonan gula merah, tepung terigu, dan sagu. Kue ini biasanya disajikan dalam potongan loyang besar yang kemudian diiris menjadi potongan lebih kecil.

Kue ini mirip dengan jongkong yang punya rasa gurih dan manis. Yet-yet juga mempunyai cita rasa yang sama dan biasanya diberi topping parutan kelapa serta daun pandan


Saat kamu mengunjungi daerah ini, pastikan untuk mencicipi berbagai kue khas Bangka Belitung yang telah direkomendasikan di atas, ya. Pengalaman kuliner kamu pun akan menjadi lebih sempurna dan membantu kamu memahami lebih dalam kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki oleh Bangka Belitung. Selamat menikmati!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare