...
kue khas gorontalo
5-min read

7 Kue Khas Gorontalo dengan Kelezatan Menggoyang Lidah

kue khas gorontalo

Kue khas Gorontalo punya cita rasa unik!

Gorontalo sangat populer dengan destinasi wisata baharinya. Kalau keindahan tempat wisatanya begitu memanjakan mata, maka kulinernya akan memanjakan lidah kamu.

Selain makanan berat, tentunya kamu nggak boleh melewatkan kue-kue khas dari daerah ini. Bisa kamu nikmati sebagai camilan saat berwisata di kota, lho. Ada berbagai kue menarik yang enak untuk kamu coba.

Masing-masing kue khas daerah ini punye bentuk dan cita rasa khas yang beragam. Apalagi kuliner Gorontalo dikenal sangat erat dengan tradisi setempat, ada juga yang menjadi bagian dari perayaan tertentu, seperti upacara adat maupun ritual keagamaan.

Info wajib baca: 7 Kue Khas Sulawesi Selatan, Enak Jadi Camilan Tradisional

Rekomendasi Kue Khas Gorontalo

Nah, berikut ini rekomendasi kue khas Gorotalo yang bisa menemani waktu luangnmu saat berlibur. Selain menikmati rasanya, mungkin saja kamu ingin menjajal resepnya dan membuat kue khas Gorontalo sendiri.

1. Kue khas Gorontalo, popaco

Source: Kompas.com

Salah satu pilihan kue khas Gorontalo yang menarik untuk dicicipi adalah kue popaco. Kue ini terkenal karena kombinasi cita rasa manis dan gurihnya yang unik. Terbuat dari campuran gula merah parut, tepung terigu, telur, gula pasir, dan sentuhan vanili, kue popaco memiliki tekstur kenyal yang membuatnya istimewa.

Menariknya, kue ini disajikan dalam wadah yang menyerupai perahu, memberikan sentuhan visual yang unik.

Kue popaco dengan mudah dapat ditemukan di berbagai pasar tradisional di Gorontalo. Proses pembuatannya relatif sederhana, sehingga kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

2. Kue tobu’u

Sementara itu, kue Tobu’u menjadi pilihan camilan lezat lain yang menarik. Sayangnya, kalau kamu ingin membuatnya, butuh lebih banyak bahan dan waktu dalam proses pembuatannya. Campuran tepung beras, beras pulo, santan, susu cair, dan irisan nangka menciptakan rasa yang legit dan manis.

Kue ini dikukus dengan lapisan-lapisan untuk memastikan hasil yang sempurna, dan dibungkus menggunakan daun pandan yang telah dibentuk. Meski membutuhkan usaha lebih, hasil akhirnya sebanding dengan kelezatan yang kamu nikmati.

3. Tili aya

kue khas gorontalo
Source: Fimela.com

Tili Aya, jajanan tradisional khas Gorontalo, biasanya menjadi bagian tak terpisahkan dari sahur pertama selama bulan puasa. Terbuat dari gula merah yang diproses bersama telur dan santan, Tili Aya memiliki cita rasa manis yang mampu bikin perut kamu kenyang!

Tak hanya sebagai hidangan sahur, Tili Aya juga bisa menjadi pasangan sempurna untuk minum teh saat waktu senggang. Sayangnya, ketersediaan Tili Aya cenderung menurun selama bulan puasa.

Info wajib baca: 6 Kue Khas Aceh yang Enak dan Gurih, Cocok Untuk Oleh-oleh!

4. Kue khas Gorontalo, tutulu

Kue Tutulu, yang juga dikenal sebagai kue cucur khas Gorontalo, merupakan rekomendasi yang patut dicoba. Tutulu sering menjadi bagian dari acara adat dan meskipun telah ada sejak lama sebagai hidangan kue tradisional, tetap diminati dan dicari hingga saat ini.

Kamu juga dapat mencoba membuat Kue Tutulu di rumah dengan menggunakan bahan seperti tepung terigu, tepung beras, gula merah, dan kacang tanah. Rasa lezat dan keunikan kue ini membuatnya menjadi salah satu hidangan yang nggak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Gorontalo.

5. Duduli

Source: Tokopedia.com

Kalau Garut memiliki dodol, Gorontalo juga memiliki duduli. Mirip dengan dodol, duduli terbuat dari gula merah yang dicampur dengan ketan dan santan.

Teksturnya yang lengket sehingga menggunakan daun woka sebagai pembungkus dan juga untuk menambah cita rasa. Duduli nggak hanya dinikmati di Gorontalo tapi juga sering dijadikan oleh-oleh.

6. Kue karawo

Pernahkah kamu mendengar tentang kue karawo? Kue karawo adalah salah satu kue khas Gorontalo yang terkenal dengan motifnya yang unik dan menggugah selera. Kalau kue ini dibuat dengan tampilan yang terinspirasi dari kain karawo, sebuah kerajinan khas Gorontalo.

Kue karawo memberikan enaknya butter cookies putih dan cokelat yang lezat yang dilapisi dengan gula halus. Selain menambah rasa manis, kue ini juga terlihat semakin menggugah selera karena motif dan gambar yang dibuat.

Dikenal lezat dan memiliki tampilan yang cantik, kue karawo biasanya dijual dengan harga yang ramah di kantong.

7. Kue khas Gorontalo, cara isi

kue khas gorontalo
Source: Hops.id

Ada banyak pilihan kue khas Gorontalo yang bisa kamu coba, salah satunya adalah kue cara isi. Untuk membuatnya, kue cara isi merupakan kue basah yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu sebagai bahan utamanya.

Bahan-bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat kue ini antara lain gula pasir, santan, dan telur ayam. Kue ini juga memiliki isian berupa ikan tongkol kukus. Kamu pasti akan ketagihan setelah mencoba kue yang satu ini.


Nah, itu dia rekomendasi beberapa kue khas Gorontalo dengan cita rasa uniknya. Dari rekomendasi di atas, mana yang sudah pernah kamu cicipi?

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare