...
5-min read

Kue Khas NTT yang Wajib Kamu Coba, Cocok Untuk Teman Ngopi!

Berkunjung ke Nusa Tenggara Timur jangan hanya mencoba makanan beratnya saja, coba juga kue khas NTT yang manis dan lezat!

Selamat datang di dunia cita rasa Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui kelezatan sebuah kue khas yang kaya akan warisan budaya dan tradisi. Kue ini bukan sekadar hidangan manis, melainkan sebuah perpaduan harmonis antara bahan-bahan lokal yang autentik dan rasa yang memikat lidah.

Berkunjung ke NTT? Ada baiknya kamu juga membawakan buah tangan untuk keluarga di rumah! Pada kali ini, Kostmin akan memberikan rekomendasi kue khas NTT yang bisa kamu coba. Untuk itu, mari kita sambut kelezatan yang membawa kita merasakan keindahan alam dan kehangatan kebudayaan NTT melalui setiap gigitannya. Yuk kita mulai!

Rekomendasi Kue Khas NTT

1. Kue khas NTT: gula hela

Gula hela merupakan hidangan manis yang berasal dari daerah bernama Sabu yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Adapun nama “hela” dikarenakan hidangan ini terbuat dari gula lempeng (lontar), kacang tanah, gula pasir dan minyak, lalu dibuat dengan cara ditarik (hela).

Tak hanya bisa dinikmati di tempat, kamu juga bisa membawa kue ini sebagai buah tangan, lho! Harganya juga terjangkau, yakni mulai 10 ribu rupiah saja.

Info wajib baca: Rekomendasi 8 Oleh-oleh Khas Tarakan yang Wajib Beli dari Makanan sampai Tas Etnik

2. Kue manggulu

kue khas ntt
Source: Dimensi Indonesia

Kue manggulu adalah kue yang berasal dari Sumba Timur yang telah ada semenjak penjajahan Belanda di Indonesia. Mengutip dari Jurnal Pangan, hidangan manis yang satu ini terbuat dari dua bahan, di antaranya kacang tanah dan pisang kepok.

Proses pembuatannya yakni dengan cara dimasak lalu dijemur di bawah sinar matahari. Waktu untuk membuat kue manggulu cukup lama, yakni bisa mencapai 2 minggu. Hal ini dikarenakan kue manggulu masih dibuat secara tradisional untuk menjaga cita rasanya.

Kue ini bisa kamu temukan di tempat oleh-oleh yang ada di NTT dengan harga mulai dari 10 ribu rupiah saja. Jika kamu berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, pastikan kamu membeli kue ini, ya!

3. Kue jawada

Kue jawada adalah hidangan manis khas NTT, tepatnya dari Pulau Flores dan Pulau Alor. Jawada memiliki bentuk segitiga dengan aroma khas dari wangi tepung beras yang digoreng yang dicampur dengan air nira, santan, dan gula aren. Keunikkan dari kue jawada adalah teksturnya yang seperti rambut ataupun bihun yang digoreng. Oleh karena itu, jawada juga sering disebut kue rambut.

Umumnya kue jawada disajikan pada saat upacara adat istimewa di NTT. Meskipun begitu, kue ini bisa juga dibeli oleh para wisatawan yang berkunjung, sehingga kue jawada merupakan salah satu oleh-oleh yang cocok untuk dibeli. Melansir dari TICMPU, harga satu buah kue jawada mulai dari seribu rupiah saja dan bisa kamu temukan di pasar tradisional maupun pusat oleh-oleh.

Info wajib baca: 6 Rekomendasi Kue Khas Yogyakarta, Cocok Untuk Dijadikan Oleh-oleh!

4. Bolu pisang

Source: Shopee

Siapa yang tidak kenal kue khas Nusa Tenggara Timur yang satu ini? Bolu pisang khas NTT tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat NTT saja, namun juga terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Seperti namanya, kue ini terbuat dari bahan utama pisang yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya, yakni tepung, telur, mentega, gula, dan baking powder.

Tidak seperti kue jawada yang memiliki ukuran kecil serta tekstur yang seperti rambut, bolu pisang biasanya berukuran sedang hingga besar, serta memiliki tekstur yang lembut. Bolu pisang khas NTT juga memiliki aroma pisang yang khas tanpa pengawet maupun penambah aroma pisang. Harga bolu pisang bervariasi, yakni mulai 60 ribu rupiah.

5. Kue jintan

Kue jintan merupakan jenis kue kering yang memiliki bentuk serupa dengan kue putri salju. Mengutip dari Portal Baraya, pada umumnya kue jintan berbentuk bulat pipih dengan taburan jintan hitam di atasnya. Berbeda dengan jenis kue lain yang biasa kita temui, kue jintan memiliki rasa yang renyah dan gurih, dengan aroma khas dari jintan hitam.

Bagi kamu yang ingin membawakan oleh-oleh yang unik dari Nusa Tenggara Timur, kue jintan ini bisa jadi pilihanmu. Harganya mulai dari 16 ribu rupiah saja, lho! Murah bukan?

6. Kue lekun

Ingin melihat indahnya pemandangan Nusa Tenggara Timur sembari ngopi? Ada baiknya kamu juga makan kue lekun sebagai pendamping! Kue lekun memiliki cita rasa yang sangat khas dan nikmat serta tampilannya yang unik. Tak heran jika hidangan ini sering disajikan dalam acara adat dan acara penting lainnya di daerah Maumere.

Melansir dari Warisan Budaya Kemdikbud, kue khas Maumere Timur ini terbuat dari tepung beras ketan hitam, kelapa parut, larutan air gula, dan pisang yang sudah matang.


Dengan setiap suapannya, kita telah mengakhiri perjalanan melalui kelezatan kue khas NTT. Apakah kamu pernah mencoba salah satu kue di atas? Jika pernah, berikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare