...
kue khas yogyakarta
5-min read

6 Rekomendasi Kue Khas Yogyakarta, Cocok Untuk Dijadikan Oleh-oleh!

kue khas yogyakarta

Memiliki rasa yang enak serta tekstur yang unik, kue khas Yogyakarta berikut cocok untuk dijadikan buah tangan!

Yogyakarta, kota istimewa ini tidak hanya terkenal dengan keindahan budaya dan sejarahnya, tetapi juga menyajikan ragam kue tradisional yang menggoda selera. Dari yang manis hingga yang gurih, kue-kue khas Yogyakarta tidak hanya sekadar camilan, tetapi juga cerminan kekayaan kuliner nusantara.

Tak hanya enak, hidangan-hidangan asal Yogyakarta juga terbuat dari bahan alami, lho! Dari rasa serta tekstur yang unik, kue Yogyakarta juga cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Deretan Kue Khas Yogyakarta

Tak hanya itu, harganya yang terjangkau juga membuatmu ingin membeli semua hidangannya. Oleh karena itu, ari kita merasakan keunikan dan kenikmatan setiap gigitan kue khas Yogyakarta bersama-sama!

1. Bakpia

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kue yang satu ini, Bakpia. Kue ini dijual di berbagai tempat di Yogyakarta, serta menjadi salah satu oleh-oleh paling popouler di kalangan wisatawan.

Ada dua jenis bakpia yang sangat direkomendasikan untuk kamu bawa pulang, yakni bakpia pathok dan bakpia kukus. Keduanya memiliki rasa yang sama-sama enak, namun memiliki tekstur yang berbeda.

Adapun makanan ini adalah kombinasi antara cita rasa Tionghoa dengan lokal. Pada awalnya, bakpia menggunakan minyak babi dalam proses pembuatannya.

Namun agar bisa dinikmati semua kalangan, hidangan ini diubah sedikt menjadi kue bulat tanpa minyak babi. Selain enak, harganya juga terjangkau, yakni mulai dengan 30 ribu saja untuk satu kotak.

Info wajib baca: Liburan Akhir Tahun Seru di Festival Balon Udara Yogyakarta 2023 | Catat Tanggal, Lokasi, Informasi dan Harga Tiketnya!

2. Yangko

Source: Parboaboa

Hidangan ini memiliki berbagai macam warna, rasa yang manis, serta tekstur yang kenyal. Hal ini membuatnya memiliki julukan mochi khas Yogyakarta. Yangko merupakan hidangan yang terbuat dari adonan tepung ketan yang dibalut tepung gula.

Berbeda dengan mochi khas Tiongkok yang berbentuk bulat, yangko umumnya berbentuk kotak dan ada isian berupa kacang yang dapat menambah rasa gurih dan kenikmatan kue ini. Harganya cukup terjangkau, yakni mulai dari 24 ribu untuk satu kotaknya, membuat kue yang satu ini cocok untuk dijadikan buah tangan. 

3. Kue geplak khas Yogyakarta

kue khas yogyakarta
Source: Lazada

Geplak merupakan salah satu hidangan penutup tradisional yang berasal dari Yogyakarta. Kue ini terkenal memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang lezat.

Kue ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti kelapa parut, gula kelapa, dan air. Geplak juga merupakan salah satu hidangan yang populer dan sering ditemui dalam berbagai acara atau sebagai buah tangan khas Jogja.

Kue ini memiliki nama “geplak” yang berarti “memukul” dalam bahasa Jawa. Adapun nama tersebut diberikan karena mengacu pada proses pembuatan hidangan ini yang melibatkan pemukulan adonan.

Keunikkan dari hidangan ini yaitu tidak hanya memiliki bentuk yang pipih, namun juga bentuk lainnya seperti bunga dan buah. Pewarna makanannya pun terbuat dari bahan alami seperti pandan dan kunyit.

4. Kue kipo khas Yogyakarta

Kipo adalah salah satu hidangan tradisional khas Kotagede, Yogyakarta. Kue ini terbuat dari adonan tepung ketan yang ditambah dengan ekstrak daun pandan, membuat penampilannya berwarna hijau alami. Ada juga enten–enten atau unti kelapa yang digunakan sebagai isian, menambahkan rasa manis dan gurih yang enak dimakan.

Proses pembuatan kue tradisional ini yaitu dengan cara dipanggang. Adapun kue ini biasanya dibuat dalam ukuran kecil berbentuk pipih. Satu potong Kipo biasanya berukuran tidak lebih dari ibu jari orang dewasa.

Nama “kipo” sendiri berasa dari kata “iki opo” yang berarti “ini apa.” Kamu bisa membeli kue ini secara satuan dengan harga kurang lebih 3 ribu rupiah.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Tempat Wisata dan Kuliner Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

5. Kue legomoro

Terlihat seperti hidangan asin bernama lemper, kue legomoro ini memiliki rasa gurih yang disukai masyarakat Yogyakarta. Legomoro adalah makanan kecil khas Kotagede yang selalu digunakan untuk hajatan terutama pernikahan.

Makanan ini biasanya ada untuk hantaran pernikahan. Adapun makanan ini berasal dari beras ketan yang direbus dengan santan sampai setengah matang lalu dikukus sampai matang.

Kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih karena mengandung santan. Isiannya biasanya mengandung daging ayam, daging sapi, maupun abon. Bungkusannya terbuat dari daun pisang serta diikat dengan tali bambu.

Kue ini cukup mengenyangkan dan biasa dimakan untuk sarapan sebelum memulai aktivitas. Adapun harga satuannya mulai dari 3 ribu hingga 5 ribu rupiah.

6. Ukel dan banjar

Terakhir yaitu ukel dan banjar yang merupakan camilan manis khas Kotagede, Yogyakarta. Kue ini terbuat dari kombinasi tepung, telur, gula, santan, dan garam. Melalui proses penggorengan, kue ini memiliki tekstur yang renyah dan empuk.

Tak hanya itu, kue ini juga terasa manis dari gula asli dan tanpa bahan pengawet. Selain rasa original, kamu juga bisa membeli rasa coklat dan kacang.

Harganya juga terjangkau, yakni mulai 16 ribu rupiah saja, membuatnya cocok dibeli sebagai buah tangan.


Sampai di sini petualangan kita dalam mencicipi kelezatan kue khas Yogyakarta berakhir. Pernahkah kamu mencoba salah satu hidangan di atas? Jika iya, berikan pendapatmu mengenai rasanya di kolom komentar, ya!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare