...
makanan khas demak
5-min read

7 Makanan Khas Demak untuk Santap Makan Siang | Ada Menu Legendaris!

makanan khas demak

Demak mempunyai sejumlah makanan khas yang bisa dinikmati sebagai lauk makan, apa saja?

Ragam kuliner di Indonesia yang begitu kaya tentunya menjadi hal yang wajib disyukuri, nih. Dari Sabang sampai Merauke, kamu bisa menemukan berbagai macam kuliner daerah dengan cita rasa yang khas.

Menu makanan tradisional khas daerah yang bisa kamu coba salah satunya berasal dari Demak. Kota yang identik dengan sejarah kesultanannya ini mempunyai banyak ragam kuliner menarik yang sudah ada sejak zaman dulu.

Nah, apa kamu penasaran apa saja makanan khas Demak yang menarik dan kaya akan nilai sejarah? Yuk, simak ulasan lengkap mengenai kuliner khas Demak yang menggoda. Simak sampai habis, ya!

Pilihan Makanan Khas Demak

Source: IDN Times

Salah satunya sudah ada sejak zaman kesultanan, berikut ini sejumlah rekomendasi makanan khas Demak dengan cita rasa khas dan nilai sejarah yang tinggi:

1. Caos dhahar lorogending, makanan legendaris khas Demak

Makanan khas Demak yang pertama adalah caos dhahar lorogending yang legendaris. Pasalnya, makanan ini sudah ada sejak era Sunan Kalijaga dan menjadi salah satu hidangan favoritnya.

Dengan nilai historisnya yang tinggi, makanan ini bahkan tidak diperjualbelikan, lho. Peraciknya hidangan ini pun khusus karena dimasak oleh abdi dalem yang masih keturunan Sunan Kalijaga dan ditunjuk untuk membuat hidangan ini.

Selain itu, lauk yang terdapat di dalamnya pun sangat bervariasi mulai dari ayam bakar bumbu kacang, lele bakar bumbu kacang, dan lorogending atau urap daun mengkudu muda yang disajikan dengan parutan kelapa. Selain itu, ada pula sayuran lain seperti sayur bening daun kelor, sayur terong putih dan kacang panjang, serta gereh pethek bakar.

Info wajib baca: 8 Makanan Khas Subang yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Nasi Goreng Nanas

2. Mangut kepala manyung

Mangut kepala manyung merupakan makanan khas Demak yang menggunakan kepala ikan manyung sebagai bahan dasar hidangannya. Ikan ini termasuk hewan air asin yang bentuknya mirip dengan ikan patin dan biasa dimasak dengan berbagai olahan.

Biasanya, kepala manyung diolah menjadi sayur dengan kuah pedas, diasap, atau dibakar. Makanan ini juga cukup populer di sekitaran pesisir utara Pulau Jawa termasuk Semarang.

3. Nasi kropokhan

Ingin coba mencicipi makanan berkuah yang menyegarkan? Kamu bisa coba nasi kropokhan yang menggunakan berbagai macam bumbu khusus, termasuk daun kedondong.

Tak hanya kuahnya yang menjadi ciri khas makanan, namun isian di dalamnya juga nggak kalah menarik. Pasalnya, hidangan ini menggunakan daging kerbau dan labu putih sebagai lauknya.

4. Asem-asem daging

Selain nasi kropokhan, ada juga asem-asem daging yang mempunyai cita rasa pedas segar. Sesuai namanya, hidangan ini mempunyai kuah dengan rasa asam dengan potongan daging dan tetelah sebagai lauknya.

Biasanya, makanan ini disajikan sebagai teman makan nasi, baik itu dipisah atau dicampur ke dalam kuah. Selain asam, rasa pedas di dalamnya juga membuat makanan ini mempunyai rasa yang kompleks.

5. Sop balungan

makanan khas demak
Source: Pati Update

Sapi merupakan hewan yang bagian tubuhnya dapat diolah menjadi makanan, termasuk tulangnya. Sop balungan, atau sop tulang dalam bahasa Indonesia, menjadi makanan khas Jawa Tengah yang bisa kamu coba selanjutnya.

Tak hanya kuahnya yang segar dengan potongan wortel, kentang, dan daun bawang, tulangnya juga mempunyai rasa khas tersendiri, lho. Pasalnya, kamu bisa merasakan kuah sekaligus menggigit daging yang menempel di tulang.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Wonogiri yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung!

6. Nasi ndoreng, makanan bersejarah khas Demak

Selanjutnya, ada nasi ndoreng yang mirip dengan nasi pecel. Bedanya, nasi ndoreng tidak menggunakan sambal kacang sebagai taburannya, melainkan uyah goreng, atau garam goreng yang berasal dari kelapa parut dan dibumbui garam.

Hidangan ini juga termasuk yang legendaris karena menjadi warisan dari Kesultanan Demak. Nasi ndoreng pun menjadi favorit warga Demak dan biasanya dinikmati saat sarapan dengan rempeyek ikan asin, bakwan, dan mendoan sebagai pelengkapnya.

7. Botok telur asin

Botok merupakanan makanan yang menggunakan kelapa parut dengan isian lauk, ikan, atau sebagainya, kemudian dibungkus di dalam daun pisang kemudian dikukus. Nah, di Demak, botok menggunakan telur asin sebagai isiannya yang menjadikan makanan ini cukup khas.

Hidangan ini mempunyai rasa yang begitu kaya dengan campuran asin, gurih, dan sedikit pedas. Botok telur asin menjadi lauk yang tepat sebagai teman santap makan siang.


Nah, itulah beberapa pilihan makanan khas Demak yang bisa kamu coba. Apa kamu tertarik untuk mencicipi salah satunya? Atau sudah pernah mengonsumsinya? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Source:

  • https://www.detik.com/jateng/kuliner/d-5917955/10-kuliner-khas-demak-warisan-era-kerajaan-hingga-favorit-sunan-kalijaga
  • https://www.liputan6.com/jateng/read/5199518/7-kuliner-demak-salah-satunya-favorit-raja?page=3
  • https://www.suara.com/lifestyle/2022/03/15/110102/6-makanan-khas-demak-yang-enaknya-kebangetan-bikin-wisata-kuliner-semakin-seru

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare