...
makanan khas banyumas
5-min read

Nggak Hanya Tempe Mendoan, Cicipi Juga 7 Makanan Khas Banyumas Ini!

makanan khas banyumas

Selain tempe mendoan, soto Sokaraja dan getuk goreng menjadi makanan khas Banyumas yang nggak boleh kamu lewatkan!

Pernah coba tempe mendoan? Ya, makanan khas satu ini merupakan salah satu hidangan yang terkenal di Indonesia dan asli dari Banyumas. Teksturnya yang khas dan rasa gurih yang terdapat pada makanan tersebut ternyata cocok oleh banyak masyarakat Indonesia.

Namun begitu, tempe mendoan bukanlah satu-satunya makanan khas Banyumas, lho. Ada sejumlah makanan lainnya yang nggak kalah menarik untuk dicoba dengan rasanya yang khas dan otentik.

Nah, apa kamu penasaran dengan makanan khas Jawa Tengah, khususnya daerah Banyumas? Yuk, kita eksplor lebih dalam mengenai kuliner dari kota yang terkenal dengan aksen ngapak-nya ini. Simak sampai habis, ya!

Rekomendasi Makanan Khas Banyumas Wajib Coba

Source: Pinhome

Banyumas menjadi salah satu kota dengan kulinernya yang sangat kaya. Berikut ini makanan khas Banyumas yang wajib kamu coba jika datang ke daerah ini:

1. Soto Sokaraja

Selain tempe mendoan, ada juga makanan khas Banyumas lainnya dengan rasa yang gurih segar. Sesuai namanya, soto Sokaraja berasal dari salah satu kecamatan yang ada di Banyumas, yaitu Sokaraja.

Berbeda pada soto pada umumnya, soto Sokaraja khas Banyumas ini dilengkapi dengan irisan daging sapi, tauge, dan suwiran ayam. Adapun yang menjadi keunikan dari hidangan satu ini yaitu menggunakan sambal kacang dan kerupuk yang menyatu dengan kuahnya.

Ciri khas soto Sokaraja adalah kuahnya yang berwarna kuning dan rasanya yang gurih. Makanan ini pun memiliki aroma yang khas dari ragi bongkrek.

Info wajib baca: 5 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Purwokerto | Asyik, Seru, dan Nyaman untuk Semua Kalangan

2. Kraca, makanan khas Banyumas dari keong sawah

Kraca merupakan salah satu kuliner yang unik dari Banyumas. Pasalnya, kraca merupakan olahan makanan yang berasal dari keong sawah. Biasanya, kraca dimasak dengan bumbu kuning dengan cita rasa asin gurih.

Cara makannya pun cukup unik yaitu dengan mencungkil keong tersebut dari cangkangnya. Namun begitu, ada juga yang menjual kraca dalam bentuk sate sehingga lebih mudah saat dimakan.

3. Tempe bongkrek

Tempe bongkrek adalah makanan khas Banyumas yang terbuat dari tempe fermentasi. Makanan ini biasanya dimasak dengan santan dan disajikan dengan sambal.

Hidangan unik ini pun memiliki cita rasa yang khas dan biasa disajikan sebagai teman saat menyantap nasi. Namun begitu, kamu juga harus berhati-hati jika ingin mengolahnya sendiri, ya. Sebab, makanan ini bisa mengandung racun yang berbahaya karena hasil fermentasi jika tidak diolah dengan baik

4. Getuk Goreng, makanan khas Banyumas dengan cita rasa manis

makanan khas banyumas
Source: Fimela

Ingin mencari makanan manis? Ada satu lagi makanan khas Banyumas yang nggak boleh kamu lewatkan yaitu getuk goreng. Kudapan satu ini terbuat dari singkong yang digoreng dengan tambahan rasa tertentu.

Getuk goreng juga menjadi salah satu kuliner yang laris dibeli para wisatawan, lho. Bisa dijual dalam bentuk kiloan dan bungkus anyaman, getuk goreng mempunyai berbagai macam rasa mulai dari original, pandan, cokelat, nangka, dan beberapa rasa lainnya.

Kamu juga bisa dengan mudah menemukan makanan ini di pusat oleh-oleh sekitar Banyumas maupun Purwokerto.

5. Dage

Dage adalah makanan khas Banyumas yang terbuat dari tempe dengan campuran kelapa dan dibungkus dengan daun pisang. Teksturnya pun cenderung lembut menyerupai oncom.

Ciri khas dage adalah rasanya yang gurih dan sedikit asam. Makanan ini pun biasanya menjadi pilihan camilan atau lauk yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar

Info wajib baca: 4 Rekomendasi Cafe di Purwokerto, Ada yang Buka 24 Jam!

6. Klanting

Terakhir, ada klanting yang menjadi makanan camilan khas Banyumas. Sebenarnya, klanting juga menjadi salah satu makanan khas Cilacap dengan tekstur dan rasa yang tak jauh beda. 

Klanting umumnya terbuat dari singkong yang diparut dan digoreng. Teksturnya yang crunchy dan rasa gurih menjadikannya sebagai camilan yang cocok dinikmati berbagai kalangan sebagai teman santai.

Selain gurih, klanting juga kini tersedia dalam berbagai rasa seperti manis, pedas, balado, jagung bakar, dan beberapa rasa lainnya. Klanting pun dapat menjadi camilan yang tepat dalam perjalanan setelah mengunjungi kota ini.

7. Tempe mendoan, makanan khas Banyumas terpopuler

Siapa yang nggak kenal dengan tempe mendoan? Kudapan yang menjadi salah satu camilan populer di beberapa daerah ini terbuat dari tempe yang dilumuri adonan tepung terigu dan digoreng.

Ciri khas dari mendoan yaitu tepungnya yang terlihat pucat dan teksturnya cenderung lembut. Tekstur ini didapatkannya karena mendoan digoreng setengah matang. Hal ini pun sesuai dari asal kata tempe mendoan yaitu “mendo” yang berarti setengah matang.

Mendoan biasanya disajikan dengan sambal kecap yang menambah variasi rasa selain gurih dan sedikit asin. Makanan ini pun bisa menjadi pilihan camilan atau lauk yang cocok untuk dinikmati kapan saja.


Nah, itu dia beberapa makanan khas Banyumas yang bisa kamu coba. Kalau kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke Banyumas, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khasnya ya. Dijamin kamu akan ketagihan!

Apa kamu punya rekomendasi makanan khas lainnya? Atau sudah pernah mencicipi salah satu dari daftar makanan khas di atas? Bagaimana pendapatmu? Yuk, tulis jawaban kamu di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare