...
makanan khas CIlacap
5-min read

7 Makanan Khas Cilacap Wajib Coba | Identik dengan Olahan Laut

makanan khas CIlacap

Cilacap mempunyai sejumlah makanan khas yang berasal dari kekayaan hasil laut kota tersebut. Apa saja?

Berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat, Cilacap menjadi salah satu kota yang mempunyai kekayaan alam dan  budaya yang luar biasa. Letaknya yang berada di pesisir pantai selatan juga membuat Cilacap mempunyai daerah pantai yang cantik.

Namun begitu, pesona Cilacap nggak berhenti sampai di situ saja. Kamu juga bisa menikmati kekayaan kuliner asli Cilacap yang nggak kalah menggoda, lho!

Nah, apa kamu penasaran untuk mencicipi berbagai makanan khas Cilacap? Yuk, simak rekomendasi makanannya berikut ini!

Rekomendasi Makanan Khas Cilacap Wajib Coba

Source: Jowonews

Dengan cita rasanya yang khas, makanan asli Cilacap ini nggak boleh kamu lewatkan. Berikut di antaranya:

1. Brekecek, olahan ikan laut khas Cilacap

Identik dengan wilayah pantai, pastinya nggak boleh melewatkan untuk mencicipi makanan dengan nama brekecek ini. Brekecek adalah salah satu hidangan terkenal di Cilacap yang menggunakan bahan dasar kepala ikan.

Biasanya, ikan yang digunakan adalah ikan jahan atau ikan pathak berasal dari perairan laut lepas. Untuk membuat brekecek, ikan ini digoreng hingga kering dan kemudian dimasak dengan berbagai bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, cabai, jahe, dan kunyit.

Info wajib baca: Mencicipi 10 Makanan Khas Blitar yang Menggugah Selera

Adapun bumbu rempah-rempah ini ditumis hingga harum, lalu ditambahkan air dan ikan jambal roti. Masakan ini dimasak hingga ikan menjadi empuk dan bumbunya meresap.

Brekecek memiliki cita rasa gurih pedas yang khas. Rasa gurih datang dari ikan yang digunakan sementara rasa pedasnya berasal dari cabai. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan seperti mentimun, kol, dan kemangi. Brekecek adalah sajian yang mencerminkan kekayaan hasil laut Cilacap.

2. Tahu Brontak, makanan pedas khas Cilacap

Tahu brontak adalah camilan khas Cilacap yang sangat populer. Hidangan ini mirip dengan tahu isi karena menggunakan bahan dasar tahu yang diberi berbagai macam isian seperti wortel dan cabai.

Nah, yang membedakannya dengan tahu isi biasa adalah rasanya yang khas. Tahu brontak umumnya mempunyai cita rasa pedas sehingga cocok sebagai camilan maupun teman makan dengan nasi.

Tahu Brontak memiliki tekstur yang renyah karena digoreng sampai kering. Makanan ini pun menjadi salah satu camilan favorit yang mudah ditemukan di Cilacap baik itu di warung pinggir jalan atau di resto

3. Lotek Cilacap

Lotek Cilacap adalah salah satu hidangan yang mirip dengan gado-gado atau pecel, tetapi dengan bumbu kacang yang memiliki ciri khas tersendiri. Bumbu kacang Lotek Cilacap dibuat dari kacang tanah, bawang putih, cabai, dan bumbu lainnya yang diracik dengan teliti.

Hidangan ini biasanya disajikan dengan sayuran seperti kangkung, tauge, bayam, dan kacang panjang. Rasanya pun dominan gurih karena menggunakan kacang tanah dan bumbu rempah-rempah. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi putih dan menjadi salah satu alternatif yang lezat bagi pecinta sayuran.

4. Mendoan

Mendoan adalah makanan khas Jawa Tengah yang mudah ditemukan di kawasan Banyumas, Purbalingga, Cilacap, dan Kebumen. Hidangan ini terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng dengan tepung.

Bedanya dengan tempe tepung pada umumnya, mendoan umumnya dimasak setengah matang sehingga teksturnya cenderung lembek dan tepungnya berwarna putih pucat. 

Cita rasanya pun dominan gurih pedas dengan rasa gurih yang berasal dari tempe dan sentuhan pedas dari sambal kecap yang biasa menjadi pelengkap camilan ini. Mendoan cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau sebagai pendamping hidangan utama.

5. Thempleng, makanan khas Cilacap mirip rempeyek

makanan khas CIlacap
Source: zulletin

Kamu mungkin pernah mendengar atau mencicipi makanan rempeyek, kan? Di Cilacap, ada makanan khas serupa yang mempunyai nama thempleng.

Thempleng adalah camilan khas Cilacap yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan berbagai bumbu rempah-rempah. Campuran ini kemudian digoreng hingga menjadi kering sehingga menciptakan tekstur yang renyah.

Biasanya, makanan tradisional Jawa ini dilengkapi dengan kacang sebagaimana rempeyek pada umumnya. Namun, banyak juga yang menggunakan yutuk, atau sejenis kepiting kecil di pantai dengan cita rasa yang mirip dengan udang.

Camilan satu ini pun menjadi gambaran kekayaan bahari yang ada di Cilacap. Tak jarang, makanan khas ini menjadi incaran para wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Info wajib baca: Rekomendasi 8 Makanan khas Banjarmasin yang Menggugah Selera | Sudah Pernah Coba yang Mana?

6. Keripik Sukun

Keripik sukun adalah salah satu camilan khas Cilacap yang memiliki cita rasa manis gurih. Hidangan ini terbuat dari sukun yang diiris tipis dan kemudian digoreng hingga menjadi kering.

Biasa digunakan sebagai camilan, keripik sukun memiliki tekstur yang renyah dengan rasa manis yang dominan. Hidangan ini sangat cocok sebagai camilan atau oleh-oleh untuk dibagikan kepada teman dan keluarga.

7. Lanting

Terakhir, ada lanting yang menjadi makanan khas Cilacap paling populer. Lanting adalah camilan menggunakan bahan dasar singkong dan tepung yang dicampur dan dibentuk menyerupai angka delapan.

Adonan lanting selanjutnya digoreng sampai mengering sehingga menciptakan tekstur yang renyah saat digigit. Kamu pun bisa menemukan lanting dengan beberapa varian rasa mulai dari original, pedas, atau manis. Bahkan, beberapa kedai pembuat lanting kini mulai menyesuaikan selera konsumen dengan memberikan bumbu tambahan seperti keju, barbeque, balado, dan lainnya.


Nah, itulah sejumlah makanan khas Cilacap yang wajib kamu coba jika mendatangi kota satu ini. Apakah kamu sudah pernah mencoba salah satunya? Bagaimana tanggapanmu? Yuk, share di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare