...
makanan khas batam
5-min read

5 Makanan Khas Batam, Dari yang Manis Hingga yang Asin

makanan khas batam

Bukan hanya panoramanya yang indah, makanan khas Batam juga wajib kamu coba untuk menemani liburanmu!

Batam yang terletak di Kepulauan Riau memiliki pemandangan yang indah, membuat banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk healing dan mengambil foto untuk diunggah di media sosial mereka. Namun tahukah kamu bahwa Batam juga merupakan tempat dengan segudang makanan lezat? Dari makanan asin hingga yang manis, kamu bisa menemukan semua itu di tempat ini.

Adapun kuliner-kuliner ini wajib dicoba setidaknya sekali dalam hidupmu. Sekali mencoba hidangan-hidangan ini, dijamin kamu akan ingin lagi untuk kembali ke Batam! Penasaran apa saja kuliner khas Batam yang wajib kamu coba saat berkunjung? Simak selengkapnya, ya!

Makanan Khas Batam

1. Mie Tarempa

Bentuknya yang memanjang dijamin akan membuat kamu kenyang setelah mengonsumsinya! Seperti mie pada umumnya, mie tarempa berwarna kuning dan berbentuk pipih. Mie ini diberikan nama tarempa dikarenakan hidangan ini pertama kali diperkenalkan oleh masyarakat di Tarempa, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

Semangkuk mie tarempa memiliki keunikkan yang luar biasa. Tidak hanya rasa gurih, kamu juga bisa merasakan rasa manis dan asam yang berasal dari ikan tongkol dan cabai pada lidahmu saat mencicipi hidangan ini. Melansir Suara Usu, terdapat dua jenis mie tarempa yang bisa kamu coba, yakni versi kering dan kuah. Meskipun begitu, yang autentik adalah versi keringnya.

Tidak hanya mie saja, hidangan ini juga dilengkapi dengan topping agar kamu tidak bosan saat makan hidangan ini. Kamu bisa memilih daging sapi, seafood, maupun ikan tongkol. Tak hanya enak, mie ini juga dibanderol dengan harga yang terjangkau, yakni Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000 saja dan dijual di banyak tempat di Kepulauan Riau.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas India yang Terkenal, Pernah Coba?

2. Gonggong

makanan khas batam
Source: Balancia Ship Agency

Dikutip dari Karya BRIN, keong gonggong adalah salah satu biota laut yang banyak tersebar secara melimpah di Indonesia, khususnya Kota Batam. Ketersediaannya yang banyak membuat keong gonggong ini dijadikan makanan khas Batam yang lezat. Biota laut ini memiliki cangkang putih kecoklatan yang membedakannya dengan biota laut lainnya.

Hidangan menggunakan keong gonggong bisa kamu temukan di mana saja di Kepulauan Riau. Gonggong dimasak dengan beberapa saus yang bisa kamu pilih sesuai selera seperti gonggong saus padang maupun gonggong asam pedas. Meskipun begitu, yang autentik adalah rebusan gonggong yang dicocol dengan saus pedas.

Cara memakannya yaitu dengan mencongkel bagian dalam dengan lidi atau tusuk gigi kecil. Makanan ini memiliki omega 3 serta protein yang tinggi, maka dari itu sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun hati-hati, karena gonggong juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Satu porsi gonggong dibanderol dengan harga Rp. 60.000 hingga Rp. 100.000 rupiah.

3. Bingka Bakar

Source: PKBM Totabuan

Setelah makan hidangan yang asin, ayo kita eksplorasi juga makanan manis khas Batam! Bingka bakar merupakan salah satu hidangan penutup yang terkenal di Batam. Mengutip dari Indonesia Travel, Umumnya, bingka bakar terbuat dari tepung, telur, santan, gula, dan garam, yang kemudian dicetak dan dibentuk seperti bunga yang sedang mekar. Setelah itu kue dimasak dengan cara dibakar.

Terdapat banyak varian rasa bingka bakar, mulai dari cokelat, stroberi, moka, pandan, dan keju. Meskipun begitu, bingka bakar yang autentik memiliki rasa dan aroma pandan. Kue ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis, sehingga cocok untuk dimakan semua kalangan.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas NTB yang Wajib Dicoba, Enak dan Gurih!

4. Sop Ikan

Cocok dimakan saat sedang hujan maupun saat sedang sakit, sop ikan ini wajib dicoba saat berkunjung ke Batam. Tidak hanya lezat, hidangan ini juga sehat bagi tubuh. Sop Ikan Batam adalah hidangan dengan kuah bening yang memiliki cita rasa yang khas karena memakai sawi asin. 

Rasa gurih dari ebi yang disangrai akan kamu rasakan pada lidahmu saat mencicipi sop ikan ini. Kuah yang mengandung tomat juga memberikan rasa segar pada sop. Meskipun menggunakan ikan sebagai bahan utama, rasa hidangan ini tidak amis sama sekali, melainkan asam dari tomat dan menggiurkan! Sop sehat ini dibanderol dengan harga Rp. 45.000 hingga Rp. 100.000.

5. Luti Gendang

Hidangan ringan ini banyak dijual di Kepulauan Riau. Nama luti gendang sendiri berasal dari dialek orang Tionghoa yang menyebut roti menjadi luti. Sedangkan gendang berasal dari Bahasa Tarempa yang berarti rendang yakni digoreng dalam Bahasa Indonesia.

Mengutip dari Kemendikbud, luti gendang terbuat dari tepung terigu, telur, gula putih, mentega, ragi roti, ikan, bawang, garam dan juga cabai. Uniknya, proses pembuatan luti gendang masih dilakukan secara tradisional hingga saat ini. Makanan ini merupakan roti yang berisi olahan daging ayam dengan tambahan bumbu lainnya yang membuat roti ini terasa gurih.


Makanan khas Batam cocok dimakan sembari memandangi keindahan alamnya. Dari ayam taliwang yang pedas menggoda selera, hingga plecing kangkung segar yang menyegarkan lidah, Batam menawarkan rasa baru di lidah yang dijamin bikin kamu pengen balik lagi.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare