...
5-min read

5 Makanan Khas NTB yang Wajib Dicoba, Enak dan Gurih!

Selain ada Stadion Mandalika, jangan lupa mencicipi makanan khas NTB kalau berniat main ke sana!

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, namun juga kulinernya yang lezat! Dari yang digoreng hingga dibakar, semua cita rasa bisa kamu temukan di sini. Perpaduan pedas dan gurih pada sebuah hidangan dijamin akan membuatmu ingin kembali lagi.

Kebetulan MotoGP seri 16 kembali digelar di Stadion Mandalika pada tanggal 13-15 Oktober 2023. Jika berkesempatan menontonnya langsung, nih, bisa sambil isi perut dengan aneka kuliner enak khas NTB berikut ini. Sst, ternyata makanan-makanan ini juga bisa kamu temukan di kotamu, kok.

Makanan Khas NTB

Ingin mencicipi makanan yang digoreng, ditumis, atau dibakar? NTB memiliki segudang pilihan kuliner bagi kalian yang gemar wiskul. Berikut adalah makanan khas NTB yang wajib kalian coba:

1. Makanan khas NTB: Ayam taliwang

Source: Koranmemo.com

Lombok terkenal dengan ayam bakar taliwangnya yang lezat. Potongan ayam dilumuri bumbu dan rempah super aromatik lalu dipanggang hingga sempurna. Makanan lezat yang satu ini bisa dibuat menggunakan pot instan atau dipanggang di atas kompor. Dilansir dari What To Cook Today, ayam bakar taliwang tradisional biasanya dibuat dengan cita rasa yang sangat pedas.

Ayam taliwang dimasak menggunakan bumbu aromatik dan bahan lainnya, lalu dipanggang di api terbuka (bakar). Sentuhan modern pada resepnya adalah dengan cara memanggang ayam di dalam oven untuk mendapatkan warna cokelat keemasan yang bagus dan sedikit arang.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Kamu Coba, Ada Daging Ikan Hiu!

2. Beberuk terong

makanan khas ntb
Source: Yummy App

Hidangan ini terbuat dari terong yang dipanggang, dihaluskan, lalu dicampur dengan bumbu-bumbu khas untuk menambah cita rasa seperti cabe, bawang, dan tomat. Mengutip dari Wisata Lombok Murah, hidangan ini bisa menggunakan segala jenis terong, mulai dari terong ungu, terong hijau, maupun terong putih.

Ingin mencoba beberuk terong? Jangan khawatir! Jika ke NTB, kamu akan menemukan makanan ini di mana saja, alias mudah dicari. Beberuk terong bisa dijadikan sebagai hidangan utama maupun sebagai pelengkap. Jika beberuk terong dimakan sebagai pelengkap biasanya disantap bersama ayam goreng, ikan bakar, dan sate.

3. Plecing kangkung

makanan khas ntb
Source: Holiday Ayo

Plecing kangkung merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang berasal dari Pulau Lombok. Hidangan ini dibuat dengan kombinasi kangkung (kangkung) dan sambal plecing. Melansir dari Taste Atlas, sambalnya terbuat dari kombinasi cabai merah giling, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, terasi, garam, dan gula.

Proses untuk membuat plecing kangkung cukup mudah, yakni kangkung ditumis sebentar, setelah itu biasanya ditambahkan sayuran pelengkap seperti kacang panjang, tauge, dan kacang tanah goreng sebelum disajikan. Untuk menambah rasa segar, irisan jeruk nipis sering disajikan sebagai pendamping hidangan ini.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Riau yang Kaya Akan Cita Rasa Rempah, Bikin Ketagihan!

4. Sate bulayak

Source: GenPI.co

Sate bulayak juga wajib masuk ke daftar makanan wajib coba saat berkunjung ke NTB. Hidangan yang terbuat dari daging atau jeroan sapi ini tidak memiliki perbedaan besar dari sate khas daerah lainnya di Indonesia. Bulayak sendiri berarti lontong, seperti yang ada di daerah lain.

Melansir dari Indonesia Kaya, bumbu satenya terbuat dari kacang tanah yang disangrai ditumbuk, lalu direbus bersama santan. Selain itu, ditambahkan juga bumbu-bumbu lain seperti ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, lada, santan kelapa, kemiri, cabai, dan air jeruk nipis yang membuat sate menjadi lebih enak. Rasanya tidak seperti bumbu kacang, melainkan seperti bumbu kare.

Sate yang terbuat dari sapi ini akan didampingi oleh bulayak (lontong) untuk menambah kelezatan dan agar lebih kenyang. Bulayak tidak dibalut daun pisang, melainkan dibungkus menggunakan daun aren atau enau yang dililit-lilit.

5. Nasi balap puyung

Source: Detikcom

Salah satu kuliner khas Lombok yang paling terkenal adalah Nasi Balap Puyung Inaq Esun yang terletak di Praya, Lombok Tengah. Mengutip dari Wisata App, hidangan ini merupakan olahan nasi dengan tambahan lauk kering seperti ayam suwir dan kentang kering. Seperti kebanyakan makanan khas Indonesia, nasi balap puyung biasanya disajikan menggunakan daun pisang.

Terdapat banyak versi di balik ‘sejarah’ dari nama hidangan ini, lho. Versi paling populer adalah hidangan ini awalnya dijual menggunakan sepeda yang terkadang membuat pembeli perlu berlari seperti pembalap demi merasakan seporsi nasi ini. Jadilah dinamakan nasi balap puyung.

Jika ingin coba hidangan ini, Kostmin merekomendasikan Warung Nasi Balap Inaq Esun yang beralamat di di Dusun Lingkuq Daye, Desa Puyung Kabupaten Lombok Tengah atau berada di jalur besar jalanan Kediri menuju Praya, sebagai pelopor nasi balap puyung asli.


Makanan khas NTB cocok dimakan sembari memandangi keindahan alamnya. Dari ayam taliwang yang pedas menggoda selera, hingga plecing kangkung segar yang menyegarkan lidah, NTB menawarkan rasa baru di lidah yang dijamin bikin kamu ketagihan dan pengen balik lagi ke sana.

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare