...
makanan khas india
5-min read

6 Makanan Khas India yang Terkenal, Pernah Coba?

makanan khas india

Memiliki cita rasa rempah yang kuat, makanan khas India seringkali menjadi favorit masyarakat dunia.

Terkenal dengan beragam rempah-rempah, India memiliki beragam kuliner yang lezat dan kaya akan rasa. Tak hanya itu, makanan khas India juga ramah terhadap vegetarian yang tidak mengonsumsi daging. Kelezatan dan cita rasa rempah khas membuat negara yang satu ini dikenal oleh masyarakat dunia sebagai salah satu negara penghasil makanan yang nikmat.

Mau tahu apa saja makanan khas India? Baca artikel ini sampai habis, ya! Tak hanya ditemukan di India, kamu juga bisa menemukan beberapa makanan ini di Indonesia, lho! Jadi untuk kamu yang ingin mencoba, tidak perlu lagi membeli tiket pesawat jauh-jauh ke India.

Makanan Khas India

1. Naan

Source: Masalabox

Siapa yang tidak tahu hidangan yang satu ini? Naan merupakan salah satu makanan asal India yang terkenal di Indonesia, bahkan negara lainnya. Mengutip dari Lotus Restaurant, naan adalah roti pipih beragi yang dipanggang dalam oven. Meskipun mirip dengan roti pita, yang membedakannya adalah kandungan yogurt, susu, terkadang telur atau mentega pada naan yang membuatnya lebih lembut.

Naan tradisional terdiri dari tepung, garam, ragi dan yogurt untuk membuat adonan halus dan elastis. Setelah matang bisa disajikan dengan isian atau bisa juga dicelupkan ke dalam berbagai saus. Naan sendiri memiliki banyak varian, butter naan, garlic naan, dan garlic cheese naan.

2. Ayam tandoori

Ayam tandoori merupakan hidangan ayam panggang yang direndam dalam yogurt dan dibumbui dengan berlimpah yang memberikan warna merah khas pada daging. Nama tandoori pada hidangan ini mengacu pada oven tanah liat berbentuk silinder tempat hidangan ini dimasak, yakni sebuah tandoor.

Hidangan ini pertama kali dibuat oleh Kundan Lal Gujral, seorang Hindu dari negara bagian Punjab yang melarikan diri dari Pakistan yang baru dibentuk setelah pembagian India pada tahun 1947 dan membuka sebuah restoran di Delhi.

Mengutip dari Britannica, rempah-rempah yang paling umum digunakan yakni cabai rawit, bawang putih, jahe, bawang merah, dan garam masala, bubuk cabai merah atau bubuk cabai Kashmir, dan terkadang kunyit dan paprika. Ayam Tandoori sering disajikan dengan tulangnya.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas NTB yang Wajib Dicoba, Enak dan Gurih!

3. Pani puri

Source: Slurrp

Belakangan viral di media sosial TikTok, pani puri merupakan salah satu makanan ringan asal India. Pani puri terbuat dari beberapa bahan dasar, yakni kacang garbanzo (chana), kacang moong dan kentang.

Kacang dimasukkan ke dalam puri (cangkang renyah) dan ditambahkan chutney dan “pani”. Pani sendiri memiliki air, tetapi dalam hal ini adalah air yang diberi rasa. Makanan ini memiliki tekstur yang luar biasa, derenyahnya puri dipadu dengan kentang lembut dan isian. Kamu bisa memiliki pani atau airnya, yakni rasa pedas, manis, ataupun rasa biasa (mint).

4. Masala dosa

Hidangan tradisional India selatan yang dikenal sebagai masala dosa ini populer hampir di seluruh pejuru dunia. Masala dosa terbuat dari adonan nasi basah dan kacang lentil yang dipanggang menjadi pancake tipis dan biasanya diisi dengan kentang, bawang bombay, dan biji mustard. Hidangan ini sering kali diberi hiasan kelapa parut dan ketumbar cincang.

Karena popularitasnya yang tinggi, ada juga beberapa variasi masakannya, seperti mysore masala dosa, rava masala dosa, bawang masala dosa, dan paper masala dosa. Melansir dari Taste Atlas, hidangan ini biasanya dikonsumsi sebagai camilan cepat atau sebagai bagian dari makanan apa pun sepanjang hari.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Kamu Coba, Ada Daging Ikan Hiu!

5. Samosa

makanan khas india
Source: Food Voyageur

Samosa merupakan isi asal Asia Selatan yang digoreng atau dipanggang. Secara tradisional, samosa berbentuk segitiga. Namun, ukurannya sangat bervariasi, mulai dari potongan seukuran satu gigitan hingga yang berukuran besar. Samosa menjadi populer karena ketersediaannya dalam berbagai bentuk. Isiannya sangat beragam, mulai dari kentang dengan jahe dan bawang putih hingga kembang kol, daging domba cincang yang dibumbui, ikan cincang, dan ayam.

Makanan ini harum akan rempah-rempah aromatik. Samosas dibumbui dengan cabai hijau atau merah yang membuatnya terasa pedas. Lapisan pastry yang renyah dan bersisik merupakan ciri khasnya, namun tekstur pastry juga bisa bervariasi. Di Asia Selatan, samosa sering disajikan dengan daun mint segar atau chutney daun ketumbar.

6. Nasi Biryani

Nasi biryani merupakan nasi bulir panjang (seperti basmati) yang dibumbui dengan bumbu harum seperti kunyit dan dilapisi dengan daging domba, ayam, ikan, atau sayuran dan dilengkapi dengan kuah yang kental.

Daging biasanya direndam terlebih dahulu sebelum dimasak, dan bumbu yang paling umum adalah yang berbahan dasar yogurt, sebab asam dalam yogurt membantu melunakkan daging. Lapisan rempah-rempah memberi rasa kompleks pada biryani. Rempah-rempah ini bisa berbentuk utuh atau digiling.

Selain untuk marinasi, rempah-rempah dan biji-bijian juga dapat menjadi bagian dari nasi biryani. Hidangan ini sering kali diberi taburan bawang bombay karamel, buah kering atau segar, kacang-kacangan, dan herba segar.


Itulah makanan khas India yang tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga hampir di seluruh penjuru dunia. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Tulis di komentar, ya!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare