...
makanan khas bengkulu
5-min read

5 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Kamu Coba, Ada Daging Ikan Hiu!

makanan khas bengkulu

Makanan khas Bengkulu dibuat menggunakan bahan-bahan yang unik, sehingga menciptakan perbedaan dengan makanan khas daerah lainnya.

Selain memiliki kekayaan hutan yang sangat beragam, Bengkulu juga menjadi rumah berbagai macam tanaman di Bengkulu, seperti Bunga Rafflesia Arnoldi, Anggrek Air vanda Hookeriana, Kayu Medang, Meranti, Ratan dan Damar.

Namun, tak hanya memiliki kekayaan alam, Bengkulu juga kaya akan makanan khas yang unik dan lezat, lho. Nah, apa kamu sedang berkunjung ke Bengkulu? Kamu harus mencoba makanan khas Bengkulu yang terkenal lezat, nih.

Lantas, apa saja makanan khas Bengkulu? Jika penasaran, baca artikel ini sampai habis untuk menjelajahi kuliner Bengkulu yang dijamin akan membuatmu ketagihan!

Makanan Khas Bengkulu

makanan khas bengkulu
Source: Rotte Bakery

Berikut adalah daftar makanan khas Bengkulu yang wajib kamu coba, dari yang manis hingga asin:

1. Kue bay tat

Kue bay tat adalah hidangan yang mirip pai berisi selai nanas padat. Tak jarang, kue khas Bengkulu ini juga dilengkapi dengan taburan keju di atasnya yang memberikan rasa asin dan gurih.

Nama bay tat sendiri berasal dari Bahasa Bengkulu, yakni bay yang berarti induk, dan tat yang berarti kue. Dinamakan seperti itu karena kue ini adalah kue milik orang Bengkulu.

Fakta unik dari hidangan manis yang satu ini adalah, dulunya kue bay tat merupakan makanan para Bangsawan di Bengkulu. Namun seiring berjalannya waktu, hidangan ini menjadi makanan khas Bengkulu yang bisa dinikmati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Proses pembuatan kue bay tat pun cukup unik. Tepung ketan hitam dicampur dengan air hangat hingga menjadi adonan yang elastis. Adonan kemudian dibentuk bulat-bulat kecil dan diisi dengan gula merah cair sebagai intinya. Setelah itu, kue-kue tersebut dikukus hingga matang sempurna.

Tekstur kue ini lembut serta memiliki rasa nanas yang manis dan khas. Meskipun enak, kue ini dijual dengan harga terjangkau, yakni mulai dari Rp20.000 saja.

2. Lempuk durian

Lempuk durian adalah salah satu makanan khas dari Bengkulu yang tak boleh dilewatkan bagi pecinta durian. Dilansir dari situs Dewan Standarisasi Nasional, lempok durian adalah makanan semi basah yang terbuat dari daging buah durian matang yang dihancurkan, lalu dimasak dengan gula dengan jumlah yang telah ditentukan sampai warnanya berubah menjadi hitam.

Lempuk memiliki rasa durian yang khas dan dijadikan sebagai salah satu makanan khas/tradisional yang berkembang pesat di Bengkulu. Makanan ini sejenis dengan dodol karena memiliki tekstur yang lunak serta rasa manis yang khas dari campuran gula serta daging buah durian. Adapun lempuk ini dijual dengan ukuran besar, dari seperempat kilogram hingga 1 kilogram dengan berbagai macam bentuk.

Info wajib baca: 4 Cara Membuat Selai Nanas untuk Isian Nastar, Mudah dan Enak!

3. Rebung asam undak liling, makanan asinan khas Bengkulu

Source: Cookpad

Setelah mengeksplorasi makanan penutup khas Bengkulu, mari kita mengenal hidangan asinnya. Ada rebung asam yang merupakan tunas dari bambu atau bambu muda dan diiris tipis, lalu direndam dalam air beberapa hari untuk mendapatkan rasa asamnya.

Hidangan ini dimasak dengan campuran liling, yakni sejenis siput atau keong sawah yang biasa hidup di air tawar. Rebung asam dilengkapi dengan kuah santan kelapa dan bumbu-bumbu masak tradisional seperti cabai, lengkuas, bawang putih, bawang merah, jahe, serai, dll.

Tak hanya lezat, ada keunikan tersendiri saat kamu menikmati masakan ini. Sebab, untuk mengambil atau mengeluarkan daging liling, kamu perlu menghisap cangkang lilingnya agar dapat menikmati dagingnya yang empuk dan gurih.

4. Pendap

Pendap merupakan salah satu makanan tradisional asal Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. Hidangan ini merupakan ikan yang diolah dengan bumbu khusus bersama dengan kelapa parut dan dibungkus daun talas atau daun pisang seperti ikan pepes, lalu dimasak hingga matang.

Hidangan ini memiliki proses pembuatan yang cukup unik. Melansir dari indonesia.go.id, cara membuatnya yakni dengan menghaluskan bumbu rempah-rempah seperti asam kandis, kunyit, ketumbar, lengkuas, merica, bawang merah, bawang putih, garam, sedikit gula, dan cabai.

Setelah itu bumbu halus dicampur dengan kelapa parut dan ditaruh di atas daun pembungkus. Kemudian ikan diletakkan di atas bumbu lalu ditutup kembali dengan daun dan diikat dengan tali.

Harga satu porsi pendap ini tergolong murah. Rata-rata harga satu porsinya hanya Rp6.000 sampai Rp10.000, tergantung ukuran.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Riau yang Kaya Akan Cita Rasa Rempah, Bikin Ketagihan!

5. Bagar hiu

Bagar hiu, makanan unik ini merupakan salah satu makanan kesukaan Presiden Pertama Indonesia, yakni Ir. Soekarno. Hidangan ini dibuat seperti rendang, namun tanpa menggunakan santan. Hal yang paling unik dan menonjol dari bagar hiu adalah protein dalam hidangan ini menggunakan daging ikan hiu. Saat ini tidak banyak orang yang menjual bagar hiu dengan alasan dagingnya yang sulit untuk dicari.

Bagar hiu dibuat dengan macam-macam rempah seperti laos, kunyit, kemiri, serai, kapulaga, ketumbar, kayu manis, jahe, asam jawa, cengkeh, pala, bawang merah, dan bawang putih. Tak heran jika rasa dari hidangan ini sangat gurih dan sangat berempah.

Jenis ikan ini memiliki bau amis yang cukup menyengat, maka dari itu perlu diolah dengan benar sebelum dikonsumsi. Satu porsi bagar hiu dijual dengan harga sekitar Rp30.000.


Saat berkunjung ke Bengkulu, jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan ini untuk merasakan kelezatan dan keunikan kuliner tradisional Bengkulu.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare