...
makanan khas madura
5-min read

7 Makanan Otentik Khas Madura | Dari Sate, Bebek, hingga Lopis

makanan khas madura

Selain sate, Madura juga mempunyai sejumlah makanan khas lainnya yang nggak kalah lezat. Simak daftar makanannya di sini!

Mencicipi berbagai kuliner khas Indonesia tentunya nggak cukup dilakukan dalam satu hari. Pasalnya, ada banyak makanan khas yang bisa kamu coba dengan cita rasa yang otentik pada tiap masakannya.

Nah, termasuk juga dengan makanan khas Madura yang belakangan ini mulai populer. Pastinya kamu sudah nggak asing lagi dengan sate Madura, kan? Makanan ini pun kini bisa ditemukan dengan mudah baik itu di pedagang kaki lima maupun restoran.

Namun begitu, makanan khas Madura ternyata nggak hanya terbatas pada sate saja, lho. Ada juga beragam makanan lainnya yang nggak kalah menarik untuk dicoba. Yuk, simak daftar makanan khas dari Madura di artikel berikut ini. Simak sampai habis, ya!

Pilihan Makanan Otentik Khas Madura

Dengan dominasi rasa manis gurih, berikut ini pilihan makanan otentik khas Madura yang menggugah selera:

1. Sate Madura, makanan populer khas Madura

makanan khas madura
Source: Fimela

Hampir setiap orang pastinya pernah makan makanan satu ini. Sate Madura merupakan hidangan populer yang disukai banyak orang dan dapat dengan mudah ditemukan di mana-mana.

Tersedia dengan varian daging ayam atau kambing, sate Madura biasanya dinikmati dengan bumbu kacang dan tambahan kecap manis. Supaya lebih kenyang, kamu juga bisa menikmatinya dengan lontong atau nasi sebagai karbohidrat dalam hidangan.

Info wajib baca: 13 Makanan Khas Sulawesi Tenggara, Ada Karasi dan Kasoami

2. Nasi Bebek Madura

Nasi bebek Madura juga perlahan menjadi hidangan yang populer dan bisa dengan mudah ditemukan di warung pinggir jalan. Makanan khas Madura ini cocok banget untuk kamu jika sedang ingin mengisi perut yang kosong.

Nah, yang menjadi ciri khas makanan ini adalah bumbu ireng atau bumbu hitamnya yang mampu menggoyangkan lidah. Dengan cita rasa gurih pedas, bumbu ini menjadi pelengkap yang sempurna untuk teman makan bebek goreng dan seporsi nasi.

3. Soto Madura, makanan berkuah khas Madura

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang banyak ditemui di beberapa daerah. Bahkan, tiap-tiap daerah juga biasanya mempunyai ciri khas soto masing-masing yang memperkaya variasi hidangan berkuah ini.

Kamu juga bisa menemukan variasi soto khas Madura yang nggak kalah nikmat, lho. Berbeda dengan soto pada umumnya, kuah soto Madura menggunakan bumbu kemiri yang menjadikan warnanya keruh dengan aroma khas yang menggugah selera.

Soto Madura juga biasanya dilengkapi dengan ayam suwir atau daging sapi, telur, kentang, daun bawang, bawang goreng, dan perasan jeruk nipis untuk menciptakan rasa segar yang kuat.

4. Bebek Songkem

Makanan khas dari Sampang, Madura ini juga menjadi primadona dalam kuliner Indonesia. Nama songkem pada hidangan ini diambil dari posisi bebek saat dimasak yang seolah sedang sungkem, makanya dinamakan bebek songkem.

Nah, yang membedakan makanan ini dengan olahan bebek lainnya terletak pada cara masaknya. Daging bebek di kukus di dalam daun pisang tanpa menggunakan air, melainkan batang pisang.

Namun sebelum dimasak, bebek songkem dibumbui dengan berbagai macam bumbu mulai dari bawang putih, bawang merah, cabai, garam, dan aneka rempah lainnya. Karena komposisi bumbunya, rasa dari bebek songkem juga cukup kuat dan menjadikannya kaya akan rasa.

5. Lopis, makanan manis khas Madura

Source: Grid.id

Camilan lainnya yang menjadi khas dari kuliner Madura adalah lopis. Makanan ini juga mempunyai rasa gurih dan manis yang rasanya cukup kompleks saat masuk mulut.

Info wajib baca: 7 Makanan Khas Banten Lezat yang Wajib Coba | Ada Hidangan Legendaris!

Lopis merupakan makanan ringan yang terbuat dari beras ketan dan dibalut dengan daun pisang. Biasanya, makanan ini juga dilengkapi dengan parutan kelapa serta gula merah sehingga menciptakan paduan rasa yang manis dan gurih dalam satu gigitan.

6. Tajin Sobih

Selain makanan berat di atas, Madura juga tentunya mempunyai makanan khas lainnya yang bisa dinikmati sebagai camilan ringan. Nah, adapun camilan yang dimaksud tersebut adalah tajin sobih.

Tajin sobih merupakan makanan berbentuk bubur dengan campuran gula merah cari di atasnya. Bentuknya pun sangat mirip dengan bubur sumsum dan menggunakan campuran tepung terigu serta tepung ketan. Bagi para pencinta makanan manis, hidangan satu ini pastinya cocok banget untuk kamu. 

7. Kue Apen

Selanjutnya, ada kue apen yang bentuknya mirip dengan kue serabi. Makanan ini berbentuk bulat dan agak tebal pada bagian tengahnya.

Proses memasaknya pun mirip dengan serabi sehingga menghasilkan aroma bakaran yang khas serta warna cokelat di bagian bawahnya. Supaya makin nikmat saat disantap, makanan ini biasanya dilengkapi dengan gula merah yang membuat rasanya seimbang antara manis dan gurih.


Nah, itulah beberapa pilihan makanan otentik khas Madura yang bisa kamu coba. Apa kamu tertarik untuk mencobanya? Atau sudah pernah mencicipi salah satunya? Bagaimana pendapatmu? Yuk, sharing di kolom komentar!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare