...
jajanan khas jawa timur
5-min read

9 Jajanan Khas Jawa Timur yang Wajib Kamu Coba, Dijamin Ketagihan!

jajanan khas jawa timur

Beberapa rekomendasi jajanan khas Jawa Timur yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke sana.

Jawa Timur menyajikan beragam kuliner dan oleh-oleh tradisional yang tersebar di seluruh daerahnya. Keberagaman sosial masyarakat dan kondisi wilayahnya menciptakan aneka makanan serta jajanan yang lezat.

Bagi yang berencana mengunjungi Jawa Timur, disarankan untuk mencicipi dan membeli berbagai jajanan tradisional yang menawarkan rasa manis, asam, hingga gurih. Contohnya, seperti jajanan madu mongso atau wingko babat, keduanya memiliki tekstur yang serupa dan cita rasa yang manis.

Selain itu, terdapat gethuk pisang dari Kediri yang memiliki rasa manis dan asam. Bahkan, ada jajanan yang unik terbuat dari tanah liat, yaitu ampo khas Tuban.

Jajanan-jajanan ini dapat dengan mudah ditemui baik di tempat oleh-oleh maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang terdapat di berbagai wilayah. Sebelum kamu mengunjungi daerah Jawa Timur, yuk, lihat beberapa rekomedasi jajanan khas Jawa Timur berikut.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Cianjur yang Wajib Kamu Cicipi Ketika Berkunjung Kesana

9 Jajanan Khas Jawa Timur

Saat mengunjungi wilayah Jawa Timur, disarankan untuk mencicipi berbagai jajanan khas dari beberapa daerah di sana. Apa saja jajanan tersebut? Berikut adalah 9 jajanan khas Jawa Timur yang sebaiknya tidak dilewatkan untuk dicoba:

1. Madu mongso

jajanan khas jawa timur
Source: kompas.com

Madu mongso yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur, dikenal sebagai jajanan istimewa dengan sejarah yang panjang sudah ada sejak zaman kerajaan Mataram Kuno. Selain itu, juga sering dijadikan sebagai jajanan istimewa yang hanya bisa dinikmati oleh para raja di dalam acara ritual kerajaan.

Terbuat dari campuran tapai ketan hitam, gula, santan, dan nanas, madu mongso dimasak hingga teksturnya lengket dan mengental seperti dodol. Penyajian madu mongso seringkali dilakukan dalam kemasan warna-warni menggunakan kertas minyak, memberikan tampilan menarik.

Warna cokelat kehitaman dan kelezatan rasa membuatnya menjadi pilihan populer sebagai oleh-oleh. Terutama, pada hari-hari istimewa seperti saat lebaran.

2. Brem

Brem yang berasal dari Kota Madiun adalah jajanan yang akrab di lidah warga Jawa Timur. Berbentuk persegi dan berwarna krem, brem terbuat dari sari ketan putih yang telah mengalami proses fermentasi. Proses pembuatannya memerlukan waktu yang relatif lama.

Keunikan brem terletak pada teksturnya yang padat namun meleleh lembut saat dimasukkan ke dalam mulut, menghadirkan kombinasi lezat antara kelegitan dan rasa asam yang khas. Saat ini, brem hadir dalam berbagai bentuk dan varian rasa, termasuk stroberi, coklat, durian, melon, dan jeruk.

3. Ledre

Ledre merupakan jajanan khas Bojonegoro, Jawa Timur. Nama ledre berasal dari proses pembuatannya yang disebut ‘ngeledre.’ Ngelendre sendiri artinya adonan berbentuk lembaran pipih yang digulung satu per satu.

Jajanan ini sendiri berwarna coklat muda dengan aroma khas pisang. Teksturnya halus, krispi, dan rapuh, namun menjadi lembut dan manis saat digigit.

Pisang raja seringkali menjadi pilihan utama untuk membuat ledre karena aroma khasnya. Sekarang, variasi rasa Ledre semakin beragam, termasuk coklat, durian, keju, nanas, dan stroberi.

Info wajib baca: 6 Makanan Khas Vietnam, Dari yang Berkuah Sampai yang Kering!

4. Sale pisang

Jajanan khas jawa timur
Source; fimela

Sale pisang adalah salah satu jajanan khas Jawa Timur yang terbuat dari pisang matang yang dijemur hingga kering, lalu digoreng bersama tepung. Rasa legit yang alami tanpa pengawet membuat sale pisang menjadi camilan sehat.

Kawasan Pacitan dikenal sebagai produsen sale pisang terbesar. Dan jajanan ini bisa dengan mudah ditemui di daerah tersebut.

5. Getuk pisang

Getuk Pisang adalah sebuah camilan berbahan dasar pisang berasal dari Kediri yang menarik dengan citarasa manis dan tekstur empuk sangat menggoda selera. Rasanya yang lezat dan teksturnya kenyal membuat jajanan ini menjadi camilan yang patut dicoba.

6. Jubada

Jubada (atau Jubede) merupakan jajanan khas Sumenep, Madura dan memiliki penampilan unik yang mengundang selera. Dibentuk dalam gulungan silinder dan diikat dengan pelepah daun aren, Jubada memiliki rasa manis dengan sentuhan jahe yang khas.

Bahan baku utamanya adalah tepung jagung, tepung tapioka, air nira, dan gula pasir, yang kemudian dimasak dan dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Ketika mengunjungi Pulau Madura, sebaiknya bawa pulang camilan Jubada sebagai oleh-oleh.

7. Jenang mirah

Jenang Mirah jajanan yang mirip dodol ini merupakan hidangan khas Ponorogo terbuat dari beras ketan, gula, kelapa parut halus, dan santan. Tanpa bahan pengawet, makanan tradisional ini memiliki ketahanan hanya sampai beberapa hari dengan rasa manis dan lezatnya.

Meskipun ukurannya kecil, namun Jenang Mirah cukup mengenyangkan. Selain itu, juga disukai oleh banyak orang karena tingkat manisnya yang pas.

8. Grubi

jajanan khas jawa timur
Source: solopos.com

Kue Grubi yang terbuat dari ubi jalar dipotong tipis dan digoreng menjadi bola-bola, dibumbui dengan gula Jawa sehingga memiliki rasa manis yang khas. Bentuknya mirip gumpalan benang dan memberikan sensasi renyah saat dimakan, kue ini juga sangat cocok untuk disajikan saat perayaan Idul Fitri.

Info wajib baca: 5 Resep Makanan Balita 1-2 Tahun yang Praktis dan Enak

9. Keciput

Keciput makanan yang mirip onde-onde kecil asal Kudus, Jawa Tengah, memiliki bentuk bulat dan lonjong dengan balutan biji wijen di seluruh permukaannya. Uniknya, Keciput tidak memiliki pengisi seperti onde-onde pada umumnya dan teksturnya tidak lembek saat digigit.

Rasanya manis dan gurih dengan kerenyahan biji wijen, menjadikannya oleh-oleh khas dari Kudus. Proses produksi melibatkan telur, margarin, tepung terigu, dan adonan perasa yang dicampur, diaduk, dan dibentuk sesuai selera sebelum diayak dengan wijen untuk menambah cita rasa yang merata.


Nah, itulah dia beberapa jajanan khas Jawa Timur yang bisa kamu coba ketika hendak berkunjung ke kota tersebut. Ada yang pernah kamu cobain?

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare