...
minuman khas jawa timur
5-min read

Segar Berkhasiat! Ini 8 Minuman Populer Khas Jawa Timur

minuman khas jawa timur

Cobain kenikmatan beberapa minuman khas Jawa Timur berikut ini, yuk!

Apa kamu pernah atau bahkan sering berkunjung ke Jawa Timur? Kalau belum, pastinya kamu  melewatkan banyak hal menarik, terutama dalam hal kuliner Jawa Timur yang sangat menggoda.

Ya, Jawa Timur dikenal dengan beragam hidangan yang lezat, termasuk minuman yang khas dan menyegarkan. Nah, apa kamu sudah tahu apa saja kuliner menarik Jawa Timur, khususnya terkait dengan aneka minuman yang dimilikinya? Simak terus artikel ini, ya!

Info wajib baca: Kelezatan Makanan Khas Aceh yang Unik dan Wajib Dicoba

Daftar Minuman Khas Jawa Timur yang Populer

Terkenal dengan cita rasanya yang menyegarkan, berikut ini beberapa minuman khas Jawa Timur yang perlu kamu coba jika berada di daerah ini:

1. Es Buto Ijo, minuman populer khas Jawa Timur

minuman khas jawa timur
Source: idntimes.com

Es Buto Ijo adalah minuman khas Jawa Timur yang nggak boleh kamu lewatkan. Gimana nggak, rasa segar dan manisnya bisa bikin tenggorokan kembali terhidrasi, terutama ketika cuaca lagi panas-panasnya.

Warna hijau khasnya berasal dari daun pandan yang dihaluskan dan dicampur dengan air kelapa muda serta gula merah.

Minuman ini juga punya cerita sendiri dalam sejarahnya, lho. Dulu, orang-orang suka pergi ke tempat-tempat keramat seperti makam karena mereka percaya bisa mendapatkan berkah di sana.

Ketika pulang, biasanya mereka mampir ke warung atau pedagang kaki lima untuk membeli minuman es untuk sekadar menghilangkan dahaga.

Sampai sekarang, minuman legendaris ini tetap jadi favorit banyak orang, terutama saat musim kemarau datang. Kalau belum pernah nyobain Es Buto Ijo saat  berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa cobain ya!

2. Es Sinom

Es Sinom adalah minuman khas Jawa Timur yang asalnya dari Madura. Rasa segar dan asamnya bikin cocok diminum pada siang hari ketika cuaca lagi terik-teriknya.

Minuman ini terbuat dari air kelapa muda yang dicampur dengan asam jawa, gula merah, dan irisan buah-buahan seperti nanas atau jeruk nipis.

Minuman ini jadi favorit banyak orang karena rasanya yang menyegarkan. Selain itu, Es Sinom juga dikenal sebagai minuman yang bisa bikin tenggorokan segar, jadi sering disajikan di acara formal maupun nonformal seperti perkumpulan warga.

Meskipun sudah banyak varian Es Sinom di pasaran, rasa tradisional tetap jadi yang paling disukai oleh banyak orang. Biasanya, minuman ini disajikan dalam gelas besar dengan es batu supaya lebih dingin ketika diminum.

3. Es Gudir

Es Gudir adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari gula aren, air kelapa muda, dan es serut. Rasa manis dengan sentuhan asam yang segar, membuatnya jadi favorit banyak orang.

Minuman ini juga punya sejarah panjang di Jawa Timur, lho. Dulu, Es Gudir hanya disajikan di acara pernikahan atau upacara adat lainnya saja. Tapi sekarang, Es Gudir sudah menjadi minuman favorit buat penduduk lokal dan turis yang berkunjung ke Jawa Timur.

Keistimewaan Es Gudir ada di bahan-bahan alaminya yang segar dan lezat. Gula aren sebagai pemanis juga memberikan aroma dan rasa yang unik untuk minuman ini.

Biasanya, Es Gudir ditambahkan irisan kelapa muda sebagai topping-nya. Dinginnya es serut plus manis-asam dari bahan-bahannya membuat  minuman ini jadi juara di saat matahari sedang terik-teriknya!

4. Teh Kocok, minuman khas Jawa Timur

Source: tempatwisataseru.com

Teh Kocok adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari campuran teh, susu, gula merah, dan es batu yang dikocok sampai berbusa. Nah, minuman ini biasanya disajikan dalam gelas besar dan bisa dinikmati baik saat dingin atau hangat.

Rasa manis dari gula merah bikin Teh Kocok menjadi segar. Selain itu, penggunaan susu juga menjadikan minuman ini jadi mempunyai kesan creamy saat diminum. Makanya, Teh Kocok jadi salah satu minuman favorit warga Jawa Timur.

Kalau kamu lihat cara penyajiannya, biasanya Teh Kocok dikocok sampe berbusa, jadi kayak cappuccino gitu. Nah, busanya yang lembut itu bikin minuman ini makin nikmat.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Jepara yang Unik, tapi Enak! Pernah Denger Horok-Horok?

5. Es Pleret

Selanjutnya, ada Es Pleret, yang merupakan minuman khas Jawa Timur paling terkenal. Biasanya, Es Pleret disajikan dalam bentuk es batu dengan sirup merah dan gula kelapa.

Rasa manis dari gula kelapa dan asam segar dari sirup merah bikin Es Pleret jadi minuman yang sangat menyegarkan, terutama saat cuaca sedang panas-panas. Aroma pandan yang khas juga bikin rasanya makin lezat, lho.

Untuk bikin Es Pleret, bahan utamanya adalah air, pandan wangi, gula kelapa, dan sirup merah. Campur-campur semua bahan itu sampai merata, lalu tambahkan es batu. Es Pleret yang nikmat dan menyegarkan siap dinikmati!

6. Es Anakonda, minuman menyegarkan khas Jawa Timur

minuman khas jawa timur
Source: idntimes.com

Es Anakonda adalah minuman khas Jawa Timur yang bikin siapa saja jadi tertarik untuk mencobanya. Nah, minuman ini merupakan campuran dari cendol, sirup merah, susu kental manis, dan es serut.

Penampilannya pun unik banget, mirip ular anakonda yang besar dan panjang. Warna hijau kekuningan dan teksturnya yang lembut memberikan pengalaman tersendiri saat kamu minum.

Soal rasanya pun pastinya nggak kalah unik. Es Anakonda punya rasa manis-asam yang segar banget berkat sirup merah dan cendol. Jadi salah satu minuman yang wajib dicoba kalau kamu lagi di Jawa Timur!

7. Wedang Jaselang, minuman hangat khas Jawa Timur

Wedang Jaselang adalah salah satu kuliner nikmat khas Malang, Jawa Timur. Minuman ini terbuat dari campuran jahe, kayu manis, dan gula merah yang dicampur dengan air panas. Wangi jahe dan kayu manis bikin minuman ini pas banget untuk dinikmati saat cuaca dingin.

Nggak cuma enak, Wedang Jaselang juga punya banyak manfaat buat kesehatan, lho. Jahe punya antioksidan yang bisa bantu jaga sistem kekebalan tubuh dan lawan radikal bebas. Sedangkan kayu manis juga diketahui bisa bantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah penyakit jantung.

Biasanya, Wedang Jaselang disajikan di acara adat Seperti selamatan atau pernikahan. Tapi sekarang, kamu bisa menemukannya dengan mudah di kedai-kedai kopi atau warung makan untuk menemani saat nyemil makanan ringan.

8. Sirop Pokak

Source: libur.co

Sirop Pokak adalah minuman khas Jawa Timur yang terbuat dari asam jawa. Campuran air, gula merah, dan asam jawa direbus hingga mengental, lalu disaring dan diberi bubuk kayu secang untuk warna merah keunguan.

Rasa manis dari gula merah dipadukan dengan asam segar dari asam jawa bikin Sirop Pokak jadi minuman yang unik dan segar. Banyak juga yang menambahkan es batu biar makin segar saat diminum.

Nggak cuma enak, Sirop Pokak juga punya manfaat buat kesehatan. lho. Gula aren dan asam jawa yang alami jadi sumber antioksidan tinggi yang bisa bantu melawan radikal bebas di tubuh.


Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Medan Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare