...
makanan khas rembang
5-min read

8 Makanan Khas Rembang Jawa Tengah yang Enak dan Wajib Kamu Coba

makanan khas rembang

Makanan khas Rembang merupakan hidangan wajib untuk kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke sana!

Ada 8 hidangan khas dari Rembang, Jawa Tengah, yang memiliki keunikan masing-masing dan membedakan mereka dari daerah lain. Menu tersebut meliputi sate serepeh hingga sayur mangut.

Rembang, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Di samping itu, Kabupaten Rembang menawarkan berbagai hidangan khas daerah yang sebaiknya dicoba.

Info wajib baca: 7 Makanan Khas Daerah Dari Bahan Nabati Murah dan Bergizi, Cocok Untuk Anak Kost Vegetarian!

8 Makanan Khas Rembang

Yuk cari tahu apa saja makanan khas Rembang, Jawa Tengah yang wajib kamu coba? Berikut adalah daftar menu makanan yang dapat kamu pilih.

1. Sate serepeh

makanan khas rembang
Source: libur.co

Sate adalah salah satu makanan khas Indonesia yang unik karena memiliki cita rasa dan cara penyajian yang berbeda di setiap kota. Di kota Rembang sendiri makanan ini disebut sate serepeh.

Makanan khas Rembang tersebut merupakan sate ayam disajikan bersama kuah santan yang kental. Cita rasa dari makanan tersebut yakni gurih dan dapat disajikan dengan lauk nasi putih hangat.

2. Kelo mrico

Bagi kamu yang suka makanan pedas, kelo mrico wajib kamu coba. Makanan khas Rembang ini menggunakan bahan utama dari bumbu mrico atau merica, sehingga ciri khas dari makanan Rembang ini terletak pada kuahnya yang pedas.

Ikan yang digunakan pada makanan ini adalah ikan laut, seperti tuna, kakap, tongkol dan lainnya sesuai dengan selera kamu. Olahan makanan dengan bumbu kuah yang sedap, nikmat, mantap dan pedas dan ditemani dengan ikan laut ini dapat membuat kelo mrico cocok untuk teman makan saat lapar.

3. Lontong tuyuhan

Lontong tuyuhan merupakan olahan makanan berat dengan ciri khas yang sedikit pedas karena adanya bumbu dasar yang digunakan. Bumbu tersebut adalah kemiri, jinten dan bawang,

Makanan khas Rembang ini sekilas mirip dengan kare, tapi lontong tuyuhan ini memiliki kualitas yang berbeda. Selain lontong dan kuah bumbunya yang khas, makanan ini juga menggunakan ayam sebagai lauknya.

Seperti yang kita ketahui bahwa ayam mempunyai sumber protein dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, saat kamu berada di Rembang kamu wajib mencicipi lontong tuyuhan.

4. Lontong sambel

makanan khas rembang
Source: detikfood

Kuliner ini merupakan salah satu jenis makanan yang unik dan tidak dapat ditemukan di luar negeri. Lontong ini juga dapat menemani berbagai olahan makanan berat.

Meskipun memiliki bentuk yang tidak eksotik, lontong ini tetap menjadi pilihan yang sangat baik sebagai pengganti nasi. Seperti Lontong Sambel, yang juga merupakan salah satu hidangan tradisional Rembang, bahan utama berasal dari lontong yang diiris sesuai selera.

Bahan untuk membuat sambel yakni kacang tanah yang dihaluskan atau diulek. Ditambah dengan kecambah, kubis, dan cabe, serta taburan bawang goreng untuk menambah cita rasa lezat pada hidangan tersebut.

Kelezatan kuliner ini semakin terasa saat irisan lontong dipadukan dengan irisan tahu goreng dan tempe, kemudian disiram dengan bumbu yang telah disiapkan hingga merata. Gabungan sensasi rasa manis, pedas, dan gurih siap menyertai waktu sarapan, makan siang, dan makan malam.

Info wajib baca: 7 Nama Makanan yang Uniknya Kebangetan, Dari Sate Kere Hingga Nasi Kentut

5. Soto Rembang

Bagi kamu yang merasa jenuh dan bosan mengkonsumsi soto daging Madura dan soto ayam Lamongan, yuk saatnya berburu soto khas Rembang. Makanan tersebut mempunyai ciri khas dari kuah dengan rasa gurih yang kuat.

Sedangkan lauknya untuk menemani kuah tersebut berasal dari daging ayam atau sapi. Cara penyajiannya dengan ditambahkan sayur kecambah dan taburan bawang goreng, kedua bahan tersebut secara tidak langsung menambah cita rasa.

6. Urap latoh

Urap merupakan kelapa yang diparut dan diolah dengan bumbu dasar, ditambah dengan cabe merah, cabe rawit merah, terasi, dan gula merah. Sebagai pelengkap, sering kali makanan ini disajikan dengan daun jeruk dan kencur.

Di sisi lain, Latoh adalah jenis tanaman mirip rumput laut yang memiliki rasa asin. Menjadikannya pilihan yang ideal sebagai sayur pelengkap dan penyempurna hidangan.

Urap Latoh, sebuah kuliner khas, memiliki dominan rasa gurih dan sedikit asin, serta sentuhan pedas yang konsisten. Konsumsi makanan ini tidak selalu bisa dilakukan karena Latoh, sebagai sayur laut, tumbuh musiman.

7. Dumbeg Rembang

makanan khas rembang
Source: libur.co

Dumbeg Rembang, meskipun usianya sudah puluhan tahun, tetap mempertahankan kelezatan dan kenikmatannya di tengah maraknya ragam makanan saat ini. Kuliner ini memiliki tekstur lembut dan kenyal, serta rasa manis yang membuat senyum mekar.

Info wajib baca: 8 Kue Kering Khas Manado, Rasanya Enak dan Unik

8. Sayur mangut

Sayur mangut, salah satu hidangan khas Rembang, memiliki cita rasa lezat dengan bahan utama ikan pari asap (iwak pe). Cocok untuk makan siang karena memiliki rasa pedas yang membangkitkan selera.


Saat kamu mengunjungi daerah ini, pastikan untuk mencicipi berbagai makanan khas Rembang yang telah direkomendasikan di atas, ya. Pengalaman kuliner kamu pun akan menjadi lebih sempurna dan membantu kamu memahami lebih dalam kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki oleh Rembang, Jawa Tengah. Selamat menikmati!

Yuk, jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Pusat Murah

Info Kost Sukabumi Murah

Kost Jakarta Utara Murah

Info Kost Lembang Murah

Kost Jakarta Barat Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare