...
5-min read

7 Nama Makanan yang Uniknya Kebangetan, Dari Sate Kere Hingga Nasi Kentut

Tidak hanya memiliki nama yang unik, makanan-makanan ini memiliki rasa yang enak, lho!

Tidak seperti makanan yang pada umumnya merepresentasikan asal daerah, ada makanan-makanan dengan nama unik yang terkadang membuat kita malu untuk menyebutkannya di depan umum. Tak hanya namanya yang unik, ternyata bentuk serta bahan-bahan yang digunakan juga tidak kalah unik. Meskipun begitu, makanan-makanan tersebut memiliki rasa yang enak serta kerap diminati masyarakat.

Penasaran apa saja makanan dengan nama yang uniknya kebangetan? Kali ini Kostmin akan memperkenalkan 7 makanan khas berbagai daerah Indonesia dengan nama yang tidak biasa! Jika kamu mau tahu, baca artikel ini selengkapnya, ya!

Nama Makanan Unik Indonesia

1. Nama makanan unik: kerupuk jablay

Kerupuk jablay merupakan jenis kerupuk goreng biasa, namun keunikkan dari makanan ini adalah bubuk cabai yang melimpah. Adapun nama “jablay” di sini merujuk pada rasa pedas atau hot yang luar biasa pada camilan ini. Tak hanya disebut kerupuk jablay, orang-orang juga mengenal kerupuk ini dengan sebutan seblak kering.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Makanan Khas Pemalang yang Wajib Dicoba | Ada Nasi Grombyang hingga Kue Kamir

2. Nama makanan unik: kue ape atau kue tete

nama makanan unik
Source: Cookpad Indonesia

Kue ini merupakan kue yang terbuat dari bahan utama yaitu tepung beras, tepung terigu, dan santan. Ada juga pandan yang digunakan sebagai bahan untuk membuat hidangan yang membuat kue tete memiliki aroma yang wangi serta warna hijau yang alami. Rasanya manis dan memiliki tekstur yang lembut, terkadang penjual juga menambahkan meses cokelat untuk menambah rasa manis.

Biasanya kue ini dijual di depan Sekolah Dasar (SD) dengan harga yang terjangkau, yakni mulai dari seribu rupiah. Kue ini memiliki bentuk yang unik, yakni bagian tengahnya yang lebih menonjol dari pingginya yang cenderung tipis, sehingga dianggap mirip payudara alias tetek atau tete. Meskipun begitu, hidangan ini memiliki nama asli kue ape.

3. Onde-onde ketawa

Source: Notif Indonesia

Selalu bahagia dalam keadaan apapun, itulah kalimat yang menggambarkan kue yang satu ini. Onde-onde ketawa merupakan makanan khas Nganjuk yang memiliki bentuk unik, yakni seperti mulu yang sedang tertawa lebar. Tidak seperti onde-onde yang biasa kita temui, onde-onde yang satu ini tidak dilengkapi dengan isia serta memiliki tekstur yang padat.

4. Nasi kucing

Bagi cat lovers yang belum tahu makanan yang satu ini pasti akan marah dan mengira kalau makanan ini adalah nasi dengan lauk kucing yang dimasak. Nasi kucing bukanlah makanan yang mengandung daging kucing, melainkan yang dibungkus dengan daun pisang serta kertas nasi dengan porsi yang sedikit. Adapun istilah “kucing” pada makanan ini merujuk pada porsinya yang sedikit seperti makanan kucing.

Nasi kucing memiliki lauk yang bermacam-macam, yakni tempe orek, ikan asin, oseng ati, oseng jamur, udang balado, ayam suwir, dan masih banyak lagi. Dengan porsi yang sedikit, satu bungkusnya dibanderol dengan harga mulai dari 2 ribu rupiah. Sangat murah bukan?

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Bengkulu yang Wajib Kamu Coba, Ada Daging Ikan Hiu!

5. Sate kere

Kamu anak kos yang lagi menghadapi krisis keuangan di akhir bulan? Sate khas Solo ini cocok untuk dijadikan lauk makan malam kamu! Jika sate yang biasa kita kenal terbuat dari daging hewan seperti ayam dan kambing, sate kere ini terbuat dari tempe gabus, yakni tempe yang dibuat dari ampas tahu. Selain tempe, sate ini juga bisa dibuat dari jeroan sapi seperti paru dan usus sapi.

6. Bir pletok

Meskipun namanya bir, minuman khas Betawi ini tidak mengandung alkohol sama sekali, lho! Kesamaan minuman ini dengan bir yakni menghangatkan tubuh pada saat dingin. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bir pletok yakni jahe, sereh, cengkeh, biji pala, dan daun pandan. Minuman berwarna merah muda ini berkhasiat untuk kamu yang sedang masuk angin, lho!

Nama “pletok” di sini merujuk pada suara minumannya saat keluar dari bambu karena hasil pencampuran bahan-bahannya. Asumsi lainnya yakni bunyi pletok berasal dari es batu dalam teko yang berisi bir, dan bunyi pletok ini dihasilkan dari kulit secang yang merupakan salah satu bahan dari minuman khas Betawi ini.

7. Nasi kentut

Hidangan yang ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Adapun diberikan nama nasi kentut dikarenakan nasi ini dibungkus menggunakan daun kentut atau daun sembukan. Meskipun namanya sedikit jorok, daun ini memiliki banyak khasiat seperti melancarkan pencernaan, mengatasi perut kembung, mengobati sakit maag, dan menyembuhkan cacar.

Nasi kentut berisi berbagai lauk, yakni mi goreng, kering kentang, tempe goreng, bakso ikan goreng, telur rebus, daun selada, sambal, dan timun.


Itu dia 7 makanan khas berbagai daerah Indonesia dengan nama unik. Penasaran untuk mencoba? Atau sudah pernah mencoba salah satunya? Jika iya, berikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Jadikan kegiatan rebahan dan scroll hp kamu jadi lebih berwarna dengan mengikuti info paling update dari Infoblog!

Mau tahu tips keuangan paling jitu biar cepat jadi sultan? Cari resep masakan untuk menu di rumah? Atau mau tahu kabar zodiak terkini sebagai referensi kamu dalam menjalani hari? Langsung aja cek media sosial Infokost di Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare