...
5-min read

6 Makanan Khas Vietnam, Dari yang Berkuah Sampai yang Kering!

Ingin berlibur ke Vietnam atau mencoba makanan khas Vietnam? Artikel ini cocok untukmu!

Vietnam, negara yang berdekatan dengan Thailand ini memiliki tempat-tempat yang bersejarah dengan gedung-gedung yang antik. Tak heran jika banyak wisatawan yang memilih negara ini untuk berkunjung. Tak hanya panoramanya yang klasik, Vietnam juga menjadi negara pilihan untuk berlibur karena harga makanannya yang terjangkau serta enak.

Ada beberapa makanan khas Vietnam yang mendunia, bahkan sudah dijual di Indonesia. Namun untuk merasakan rasa yang autentik, kamu perlu pergi ke negara yang satu ini. Apa saja makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung? Kali ini Kostmin akan menjabarkannya secara lengkap. Jika penasaran, baca sampai habis, ya!

Rekomendasi Makanan Khas Vietnam

1. Phở daging sapi dan ayam

Tidak ada yang bisa menghindari hidangan yang satu ini. Phở adalah sup mie beras khas Vietnam yang lezat dan menghangatkan jiwa yang harus kamu coba. Mengutip dari Hungry Huy, makanan ini tersedia terutama dalam versi ayam atau daging sapi.

Masing-masing phở ditaburi dengan daging yang digunakan sebagai kaldu dalam kuahnya. Kamu juga bisa mencoba Phở yang dilengkapi dengan suwiran daging ayam berwarna gelap, bakso, brisket, dan urat daging untuk phở daging sapi. Jika ingin makan dengan rasa yang lebih segar, kamu bisa menambahkan daun ketumbar dan bawang bombai dan sedikit jeruk nipis.

Info wajib baca: 7 Rekomendasi Makanan Khas Pemalang yang Wajib Dicoba | Ada Nasi Grombyang hingga Kue Kamir

2. Vietnamese spring rolls

Source: My Chef Recipe

Populer secara global, lumpia Vietnam adalah salah satu hidangan yang paling dikenal dari negara ini. Meskipun terlihat sederhana, hidangan ini menampilkan teknik kuliner yang sempurna dengan tekstur dan rasa yang kontras. Rasa dan tekstur akan menjadi lebih enak jika dipadukan menjadi satu dan dibungkus dengan rice paper daripada dimakan secara teripisah.

Mengutip dari South China Morning Post, hidangan ini memiliki nama gỏi cuốn di Vietnam bagian selatan, nem cuốn di bagian utara, dan bánh cuốn di Vietnam bagian tengah. Sedangan dalam bahasa Inggris disebut sebagai spring rolls, summer rolls, atau cold roll, seringkali dengan kata “Vietnamese” di awal. Isiannya pun beragam, yakni selada air, udang, daging babi, wortel, mentimun, kacang panjang, kol, dan lain sebagainya.

3. Bánh xèo

Source: Kim Kitchen

Bánh xèo adalah hidangan khas Vietnam yang diberi nama berdasarkan bunyi mendesis yang dihasilkan saat adonan dimasukkan ke dalam wajan panas yang berasap. Crepes Vietnam ini secara tradisional diisi dengan udang, daging babi, kacang hijau, dan tauge.

Krep yang sudah jadi dipecah menjadi potongan-potongan yang berukuran kecil, dibungkus dengan selada bersama dengan bumbu harum. Melansir dari Beyond Sweet and Savory, kamu bisa makan hidangan ini dengan cara dicelupkan ke dalam saus pedas tajam yang membuat ketagihan yang disebut nước chấm.

Info wajib baca: 10 Makanan Khas Cianjur yang Wajib Kamu Cicipi Ketika Berkunjung Kesana

4. Bánh mì

Bánh mì adalah baguette renyah ala Prancis yang diisi dengan kombinasi daging, sayuran, dan bumbu lainnya. Hidangan ini memiliki tekstur dan suhu yang berbeda, bánh mì juga memiliki profil rasa yang beragam, yakni asin, asam, gurih, dan manis. Mengutip dari Banh Mi Bistroaz, baik dimakan saat dingin maupun panas, makanan yang satu ini tetap enak dimakan pada situasi apapun.

Makanan ini telah berkembang menjadi makanan pokok dalam masakan Vietnam, begitu pula dengan fleksibilitasnya. Kamu dapat mengganti potongan daging dingin Vietnam dengan protein yang lebih tradisional seperti daging babi atau ayam panggang. Hal yang membuat makanan ini lebih sehat yakni karena mengandung sayuran seperti wortel, mentimun, lobak daikon, silantro, dan lain sebagainya.

5. Mi Quang

Mi Quang (mie Quang) adalah hidangan mie yang sangat populer dari Provinsi Quang Nam di Vietnam Tengah. Kata “Mi” berarti segala jenis mie yang terbuat dari tepung terigu, dan “Quang” mengacu pada Quang Nam Provinsi, yaitu tempat Kota Kuno Hoi An berada. Hidangan ini cukup sederhana, secara umum terdiri dari mie, kaldu, topping, dan hiasan.

Mie yang digunakan untuk hidangan ini sangat mirip dengan Pho (mie Vietnam) karena keduanya terbuat dari tepung beras dan dipotong menjadi bentuk pipih. Kuahnya kaya dan lezat karena adanya beragam bahan yang digunakan. Terbuat dari air dengan tulang babi atau ayam yang direbus. Banyak juru masak juga menambahkan udang atau daging sapi untuk menambah rasa manis yang elegan pada kuahnya.

Jika ingin makan hidangan ini, kamu bisa memilih topping ayam, babi, udang, atau ikan. Menutip dari VinWonders, dari segi garnish, mie Quang juga bisa dinikmati dengan ditemani lalapan, seperti sawi, tauge, daun bawang, selada, kemangi, knotweed, dan ketumbar.

6. Cha ca

Cha ca merupakan ikan panggang khas Vietnam. Jenis ikan yang digunakan dalam masakan ini adalah ikan lele, ikan air tawar asli Vietnam yang memiliki tekstur yang keras dengan rasa yang ringan dan manis.

Bumbu yang digunakan dalam hidangan ini membuatnya menjadi enak. Bumbu yang digunakan biasanya memadukan campuran bawang putih, bawang merah, kunyit, akar jahe, gula, garam, dan kecap ikan. Biasanya ikan direndam beberapa jam lalu dipanggang di atas arang.


Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Vietnam yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Baru tahu, kan, ternyat kuliner Vietnam sangat beragam dan menarik? Jadi, yuk, langsung cobain beberapa makanan di atas! kalau sudah cobain jangan lupa share pengalamanmu di kolom komen, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare