...
makanan khas pemalang
5-min read

7 Rekomendasi Makanan Khas Pemalang yang Wajib Dicoba | Ada Nasi Grombyang hingga Kue Kamir

makanan khas pemalang

Yuk, intip beberapa makanan khas Pemalang yang recommended berikut ini!

Ketika kamu sedang melakukan perjalanan darat melalui jalur Pantura (Pantai Utara), kamu akan melewati salah satu kota di Jawa Tengah yang dijuluki sebagai “Kota Nanas”, yaitu Pemalang. Selain terkenal akan keindahan wisata alamnya, kota kecil di lereng Gunung Slamet ini juga terkenal akan wisata kulinernya yang khas.

Oleh karena itu, ketika kamu sedang berada di Pemalang, tidak ada salahnya mencicipi berbagai kuliner lezatnya. Memangnya, apa saja, sih, makanan khas Pemalang tersebut? Untuk mengetahuinya, yuk, langsung saja baca artikel ini sampai habis!

Info wajib baca: 10 Jenis Kue Tradisional Makassar yang Populer, Punya Cita Rasa Superenak

Rekomendasi Makanan Khas Pemalang yang Wajib Dicoba

Ada beberapa makanan khas Pemalang yang nggak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke kota ini. Selain memiliki cita rasa yang lezat, beberapa di antaranya ada yang menghadirkan keunikan tersendiri. Berikut rekomendasinya untukmu:

1. Nasi grombyang

makanan khas pemalang
Source: wisatapemalang.com

Makanan khas Pemalang yang pertama wajib untuk kamu coba adalah nasi grombyang. Makanan ini memiliki tampilan dan penyajian yang cukup mirip dengan nasi rawon. Nasi grombyang ini berisi seporsi nasi dengan kuah rempah yang terdiri dari tambahan daging sapi atau daging kerbau. Grombyang sendiri memiliki makna yang berarti bergoyang-goyang atau mengapung di permukaan dalam bahasa Jawa.

Hal tersebut dikarenakan komposisi kuah dari makanan ini lebih banyak dibandingkan dengan nasinya. Maka dari itu, nasinya jadi terlihat mengapung dan bergoyang-goyang, deh.

Menariknya, pada tahun 2021 lalu, nasi grombyang juga ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemendikbud RI, lho. Kalau kamu ingin mencicipi makanan ini, terdapat warung nasi grombyang cukup populer, yaitu Nasi Grombyang Bpk. H. Warso yang berlokasi di Jalan RE Martadinata, Pelutan, Pemalang, Jawa Tengah.

2. Lontong dekem

Makanan khas Pemalang berikutnya adalah lontong dekem. Makanan ini terdiri dari beberapa irisan lontong, serundeng kelapa, bawang goreng, kerupuk, serta kuah santan yang berwarna kuning. Sebagai pelengkapnya, kamu dapat menikmati seporsi lontong dekem bersama dengan sate ayam, baik itu sate berkuah maupun sate goreng.

Uniknya, kerupuk yang dipakai pada hidangan lontong dekem menggunakan jenis kerupuk mie yang memiliki tekstur gurih dan juga renyah sehingga menambah kelezatannya. Untuk mencicipinya, kamu bisa langsung menyambangi warung Lontong Dekem Pak Drajat yang legendaris. Lokasinya ada di Jalan Mochtar, Kebondalem, Pemalang, Jawa Tengah yang buka dari jam 9 pagi hingga 9 malam setiap harinya.

3. Kepiting lemburi

Source: inibaru.id

Ada yang menarik dari makanan khas Pemalang satu ini. Hal tersebut dikarenakan berupa hidangan kepiting yang dimasak hingga cangkangnya cukup lunak untuk digigit ataupun dimakan sekalipun.

Kepiting lemburi memang menggunakan kepiting soka yang dikenal memiliki cangkang lunak. Selain itu, ada dua pilihan saus yang bisa kamu pilih untuk menyantapnya, yaitu saus tiram atau saus asam manis.

4. Bongko mento

Bongko mento adalah kuliner khas Pemalang yang penampilannya mirip dengan lumpia basah. Hidangan ini terbuat dari tumisan ayam suwir yang dicampur dengan pepaya muda, kemudian digulung dengan adonan tepung lembut yang telah didadar.

Setelah itu, adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang yang diguyur kuah santan dan dikukus hingga santan meresap. Dijamin bikin ngiler, deh, makanan satu ini!

Bongko mento memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat yang berasal dari santannya. Kamu pun bisa menemukan bongko mento di pasar tradisional yang menjajakan kue jajanan.

5. Kue kamir

makanan khas pemalang
Source: koran-gala.id

Kue kamir juga merupakan salah satu makanan khas Pemalang yang berbentuk kue kering. Makanan ini dibuat dari perpaduan aneka bahan seperti mentega, pisang ambon, telur, tepung terigu, hingga tape singkong sebagai raginya.

Selain itu, kue ini juga berbentuk bulat pipih yang kemudian dipanggang hingga berwarna kecokelatan. Pastinya, kue kamir sangat cocok kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Pemalang.

Info wajib baca: 5 Makanan Khas Batam, Dari yang Manis Hingga yang Asin

6. Apem comal

Selain kue kamir, apem comal merupakan makanan khas Pemalang yang layak untuk kamu coba. Apem comal adalah roti yang terbuat dari campuran gula merah dan tepung terigu.

Cita rasanya juga cenderung manis dan gurih sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan ataupun makanan penutup. Pembuatannya juga masih dilakukan dengan cara yang tradisional, yaitu menggunakan anglo atau tungku.

7. Pecak belut

Source: idntimes.com

Makanan khas Pemalang terakhir yang wajib kamu coba adalah pecak belut, nih. Makanan ini adalah belut goreng atau belut panggang yang disajikan pada sebuah wadah atau loyang.

Biasanya, pecak belut sangat nikmat disantap bersama sambal tomat, sambal santan, maupun sambal terasi. Biar semakin nikmat, kamu juga bisa menikmatinya bersama lalapan daun kenikir, kacang panjang, tauge, hingga daun pepaya.


Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Pemalang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Baru tahu, kan, ternyat kuliner Pemalang sangat beragam dan menarik? Jadi, yuk, langsung cobain beberapa makanan di atas! kalau sudah cobain jangan lupa share pengalamanmu di kolom komen, ya!

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media  Infokost sini! Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare