...
makanan khas Jambi
5-min read

Menikmati Kuliner Murah Meriah Kota Jambi | Ini 7 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba!

makanan khas Jambi

Punya rencana berlibur ke Jambi? Yuk, simak beberapa makanan khas Jambi yang wajib kamu coba!

Halo teman-teman Infoblog pecinta kuliner! Apakah kalian sedang mencari makanan khas Kota Jambi yang enak tapi juga hemat di kantong?

Tenang saja, kami punya rekomendasi untuk kamu semua! Di sini, kami akan membahas 7 makanan murah meriah yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kota Jambi.

Makanan Khas Jambi yang Enak

Penasaran apa saja makanan khas Jambi yang enak? Langsung siapkan perutmu dan mulai eksplorasi wisata kuliner dengan cita rasa autentik daerah ini.

1. Tempoyak

Tempoyak
Source: Lifestyle Okezone

Tempoyak adalah sebuah jenis bahan makanan yang berasal dari Indonesia dan Malaysia, terbuat dari durian yang sudah difermentasi. Durian yang digunakan biasanya adalah durian yang sudah masak dan lunak, yang kemudian dicampur dengan garam.

Durian tersebut kemudian dibiarkan mengalami fermentasi selama beberapa hari atau minggu, tergantung pada suhu dan kelembaban udara. Selama proses fermentasi, bakteri asam laktat akan tumbuh dan mengubah gula dalam durian menjadi asam laktat.

Sehingga hal tersebut menciptakan rasa yang asam dan aroma yang kuat. Tempoyak sering digunakan sebagai bahan masakan dan sebagai lauk untuk makan nasi.

Di beberapa daerah, tempoyak juga digunakan sebagai bahan baku untuk membuat sambal atau sebagai bahan tambahan dalam masakan khas daerah. Selain itu, tempoyak juga dikenal memiliki khasiat sebagai probiotik yang baik untuk pencernaan, lho!

2. Makanan khas Jambi yang enak: Kue Padamaran

Makanan khas Jambi yang enak: Kue Padamaran
Source: DOBRAK.ID

Kue Padamaran merupakan salah satu makanan ringan yang berasal dari Kota Jambi. Makanan ini terbuat dari bahan baku tepung beras dan santan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut seperti bubur sumsum dan cita rasa yang gurih.

Perbedaan dari kue padamaran dengan bubur sumsum ini ada pada penggunaan kinca gula merahnya. Kalau pada bubur sumsum, kinca gula merah biasanya dituangkan di atas saja. Namun, untuk kue padamaran, kinca gula merah biasanya dituangkan di bagian atas dan bagian dasar.

Kue ini memiliki warna hijau. Warna hijau tersebut berasal dari hasil penggunaan air suji. Kalau kamu mampir ke Jambi, jangan lupa cobain kuliner yang satu ini, ya!

3. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk
Source: Fimela

Nasi Gemuk adalah sebuah hidangan khas dari Jambi, Indonesia. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disiram dengan kuah gulai khas Melayu yang gurih dan pedas. Nasi ini hampir mirip dengan nasi uduk khas Betawi.

Biasanya, makanan ini terbuat dari daging sapi atau ayam, dan diberi tambahan kerupuk, telur, kacang goreng, dan bawang goreng sebagai pelengkap. Nasi Gemuk Jambi memiliki keunikan rasa karena bumbunya yang kaya dan bercita rasa khas.

Umumnya dihidangkan pada acara-acara spesial seperti pernikahan, khitanan, atau acara keluarga lainnya. Hidangan ini dapat ditemukan di berbagai restoran di Jambi dan juga tersedia di beberapa kota besar di Indonesia.

4. Makanan khas Jambi yang enak: Bolu Kojo

Makanan khas Jambi yang enak: Bolu Kojo
Source: Sajian Sedap – Grid.id

Bolu kojo adalah kue tradisional yang berasal dari daerah Jambi, Indonesia. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan air yang dicampur dan dikukus dalam cetakan khusus. Makanan ini cukup terkenal tidak hanya di Kota Jambi namun juga daerah Riau, Palembang, dan Bengkulu.

Kue ini biasanya berbentuk bundar dan berwarna kuning muda dengan tekstur yang lembut dan padat. Kue ini memiliki cita rasa yang khas dan manis, serta aroma yang sedap. Bolu kojo seringkali dihidangkan sebagai kue penutup atau cemilan, dan biasanya disajikan bersama teh atau kopi.

Tidak hanya itu, kue ini juga biasanya dihidangkan untuk acara-acara seperti pesta adat. Kue ini juga sering dijadikan oleh-oleh khas dari Jambi yang dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut.

Info wajib baca: 8 Makanan Khas Jogja yang Harus Kamu Coba, Menggoda Selera!

5. Rambutan Goreng

Rambutan Goreng
Source: Lifestyle Okezone

Rambutan goreng khas Jambi adalah hidangan yang terbuat dari buah rambutan yang digoreng dengan adonan tepung dan rempah-rempah, sehingga menjadi garing dan renyah di luar namun tetap lembut di dalam.

Untuk membuat rambutan goreng, buah rambutan yang sudah matang dikupas kulitnya, namun tetap harus mempertahankan bentuk bulat dan isinya. Kemudian, buah rambutan tersebut dicelupkan ke dalam adonan tepung.

Adonan tepungnya terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, dan bumbu rempah seperti garam, merica, dan ketumbar. Setelah itu, buah rambutan digoreng dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan.

Rambutan goreng biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau camilan di daerah Jambi, dan bisa dinikmati bersama dengan sambal atau saus pedas untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

Makanan Khas Jambi yang Legendaris

1. Kerutup Ikan

Kerutup Ikan
Source: Fimela

Karutup ikan khas Jambi adalah sebuah hidangan tradisional dari provinsi Jambi, Indonesia. Hidangan ini terbuat dari ikan nila, gurame, atau ikan mas yang dicampur dengan bumbu rempah khas Jambi, seperti kunyit, lengkuas, serai, daun jeruk, dan cabai.

Bumbu-bumbu tersebut kemudian dihaluskan dan diaduk bersama santan kelapa, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan gurih. Biasanya, karutup ikan disajikan dengan nasi putih dan pelengkap lainnya seperti sayur daun singkong, terong goreng, atau telur rebus.

Karutup ikan merupakan salah satu hidangan favorit masyarakat Jambi dan dapat ditemukan di berbagai rumah makan atau warung makan di provinsi tersebut.

2. Makanan khas Jambi yang legendaris: Sup Tulang dan Tulang Bakar

Makanan khas Jambi yang legendaris: Sup Tulang dan Tulang Bakar
Source: Perpustakaan Digital Budaya Indonesia

Sup tulang adalah hidangan sup yang terbuat dari tulang sapi yang dimasak dengan rempah-rempah dan sayuran seperti wortel, kentang, dan seledri. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

Sedangkan, tulang bakar khas Jambi adalah hidangan makanan yang terbuat dari tulang sapi yang dipanggang dengan bumbu khas Jambi yang terdiri dari rempah-rempah seperti ketumbar, kemiri, dan kunyit.

Setelah dipanggang, tulang bakar biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan seperti mentimun dan tomat. Hidangan ini terkenal di daerah Jambi dan sering dijadikan sebagai hidangan utama dalam acara-acara penting seperti pesta pernikahan dan lebaran.

3. Gulai Terjun

Source: Fimela

Gulai Terjun adalah salah satu makanan khas dari Provinsi Jambi, Indonesia. Kuliner satu ini terbuat dari bahan utama daging sapi, kambing, atau kerbau yang disajikan dengan kuah kental yang kaya akan rempah-rempah.

Kuah gulai ini biasanya dibuat dari bumbu-bumbu tradisional seperti lengkuas, kunyit, jahe, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan dan dicampurkan dengan santan.

Selain daging dan kuah santannya, makanan ini juga disajikan dengan umbut kelapa. Makanan ini juga biasanya dapat ditemukan pada acara-acara seperti pernikahan, sunatan, dan berbagai acara adat budaya Jambi.

Info wajib baca: Makanan Khas Semarang yang Wajib Kamu Coba


Demikian pembahasan terkait rekomendasi makanan khas Jambi yang wajib kamu coba kalau kamu berlibur ke sana. Tidak hanya kaya akan kuliner, Jambi juga terkenal dengan beberapa destinasi wisata yang nggak kalah menarik, lho!

Maka dari itu, sebagai warga Indonesia, kita harus bangga karena negara ini kaya akan keragaman budaya mulai dari kuliner, tempat wisata, maupun ragam budaya Indonesia lainnya yang patut untuk dihargai.

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare