...
makanan penyebab jerawat di dagu
5-min read

Makanan Penyebab Jerawat di Dagu, Yuk Waspadai!

makanan penyebab jerawat di dagu

Jerawat di dagu adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum terjadi pada kulit wajah. Meskipun bisa muncul di area lain, jerawat pada dagu biasanya menjadi sesuatu yang paling menyebalkan dan menyakitkan. 

Jerawat di dagu terjadi ketika folikel rambut terinfeksi oleh bakteri, menyebabkan kemerahan, bengkak, dan nyeri. Faktor penyebab utama jerawat di dagu yaitu kelebihan produksi minyak oleh kelenjar sebaceous pada kulit wajah, penumpukan sel kulit mati di dalam folikel rambut, dan infeksi bakteri.

Nah, tahukah kamu bahwa makanan yang kamu konsumsi sehari-hari bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat di dagu?

Kamu tentunya ingin terhindar dari jerawat di dagu ini, kan? Nah, sebagai langkah awal, simak artikel ini sampai habis, yuk. Agar kamu lebih paham mengenai makanan penyebab jerawat di dagu.

Info wajib baca: Pewarna Makanan yang Aman untuk Digunakan, Simak di Sini!

Faktor yang Menyebabkan Munculnya Jerawat

Jerawat adalah masalah umum yang terjadi pada hampir semua orang, nggak terkecuali di dagu. Nah, sebelum mengetahui jenis makanan penyebab jerawat di dagu, ada baiknya kalau kamu memahami faktor-faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat adalah produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan kotoran lainnya, maka bakteri Propionibacterium acnes (P.acnes) akan berkembang biak dalam pori tersebut dan menyebabkan peradangan pada kulit.

Selain produksi minyak berlebih, hormon juga menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Pada masa pubertas atau saat wanita mengalami menstruasi atau kehamilan, kadar hormon androgen meningkat sehingga meningkatkan pula produksi minyak pada kulit.

Faktor keturunan juga turut mempengaruhi kemungkinan seseorang mengalami jerawat. Jika orang tua kamu memiliki riwayat masalah dengan jerawat maka nggak menutup kemungkinan kamu juga lebih rentan mengalaminya.

Terakhir, kurang perawatan wajah secara rutin seperti membersihkannya dari makeup atau kotoran lainnya dapat menjadikan kondisi ini semakin buruk karena membuat pori-pori menjadi lebih mudah tersumbatan dan tertular bakteri P.acnes.

Makanan Penyebab Jerawat di Dagu

Jerawat memang bisa muncul di mana saja pada wajah seseorang, namun jerawat di dagu seringkali menjadi yang paling mengganggu. Makanan juga dapat mempengaruhi kondisi kulit, termasuk dalam hal timbulnya jerawat di dagu. Berikut adalah lima jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat tumbuh di dagu kamu.

1. Makanan penyebab jerawat di dagu: Gorengan

makanan penyebab jerawat di dagu
Source: Ayo Yogya

Goreng-gorengan seperti bakwan goreng, tahu goreng, kentang goreng, ayam goreng, dan gorengan lainnya memang lezat, tetapi sayangnya tidak baik untuk kulit kamu, terutama jika dikonsumsi terlalu sering. Kandungan minyak dan lemak dari goreng-gorengan tersebut bisa membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan infeksi bakteri penyebab jerawat.

2. Susu

Mungkin terdengar aneh, karena susu seharusnya baik untuk tubuh dan kesehatan tulang. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu berlebihan dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat pada wajah, termasuk di bagian dagu.


3. Makanan tinggi karbohidrat

Roti putih, pasta, nasi putih merupakan makanan yang tinggi karbohidrat dan tentunya digemari oleh banyak orang. Makanan-makanan  ini juga mudah dicerna oleh tubuh. Tapi sayangnya semua makanan tersebut juga memiliki indeks glikemik tinggi yang bisa meningkatkan kadar insulin dalam darah seseorang, sehingga merangsang produksi minyak berlebih pada kulit.

4. Cokelat

makanan penyebab jerawat di dagu
Source: Klik Dokter

Cokelat memang disukai oleh banyak orang, tetapi sangat disayangkan bahwa makanan ini bisa  menyebabkan jerawat. Ini dikarenakan kandungan gula dan lemak di dalam coklat yang bisa menyumbat pori-pori kulit dan membuat infeksi bakteri penyebab jerawat terjadi.

5. Makanan berlemak tinggi

Makanan dengan tingkat lemak yang tinggi seperti daging, telur, keju, ikan, dan produk olahan lainnya harus dihindari jika kamu ingin mencegah jerawat di dagu. Kandungan minyak dan lemak yang tinggi dapat menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan infeksi bakteri penyebab jerawat lalu menimbulkan jerawat di dagu. 

Info waji baca: 4 Makanan Penyebab Kista yang Sering Dikonsumsi Sehari-Hari

Cara-cara Mencegah Jerawat di Dagu

Pencegahan adalah kunci untuk menghindari jerawat di dagu. Selain menghindari makanan penyebab jerawat di dagu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat.

Langkah pertama yaitu menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka secara teratur dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kedua, hindari memencet atau menggaruk jerawat karena hal ini dapat menyebarkan bakteri dan merusak permukaan kulit. Ketiga, kurangi stres karena stres dapat memicu produksi minyak berlebih pada wajah.

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran serta minum air putih yang cukup setiap harinya. Dengan melakukan tips-tips tersebut maka kamu bisa terhindar dari masalah jerawat di dagu.


Itulah penjelasan mengenai makanan penyebab jerawat di dagu. Kamu tentunya boleh saja mengonsumsi makanan-mkanan di atas, namun tetap ingat, ya, jangan terlalu sering atau berlebihan agar menghindari jerawat muncul di dagu kamu.

Selain itu, dengan melakukan perubahan kecil pada pola makan dan gaya hidup, serta menjaga kebersihan kulit, kamu dapat mengurangi risiko terjadinya jerawat pada dagu dan meningkatkan kondisi kulit kamu secara keseluruhan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami faktor-faktor yang memicu jerawat pada dagu dan cara mengatasinya. Tetap semangat, ya!

Sering gabut dan bosan scroll layar hp terus? Yuk, mending follow akun media sosial Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare