...
menu sarapan sehat
5-min read

7 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Rendah Kalori untuk Memulai Hari Penuh Energi

menu sarapan sehat

Supaya nutrisi dalam tubuh terjamin, simak rekomendasi menu sarapan sehat rendah kalori ini!

Saat pagi hari sering kali digunakan untuk menyiapkan diri sebelum memulai aktivitas. Rutinitas yang menuntut untuk sat set sat set ini tak jarang membuat kita luput untuk sarapan pada pagi hari.

Padahal, sarapan adalah waktu yang penting untuk mengisi energi kita sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Dengan sarapan, kamu jadi bisa menjalani hari dengan maksimal karena energi sudah terisi penuh.

Ketika sarapan di pagi hari, pemilihan menu makanan yang tepat pun menjadi hal penting untuk dilakukan. Sayangnya, sering kali kita jadi tergoda untuk memilih makanan tanpa mengitung kalori sehingga kurang sehat untuk sarapan.

Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Rendah Kalori

Yuk, simak rekomendasi menu sarapan sehat yang rendah kalori untuk membantu kamu memulai hari dengan energi maksimal. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Menu sarapan sehat: Overnight oats dengan buah segar

menu sarapan sehat
Source: Simply Recipes

Overnight oats adalah pilihan sarapan yang mudah, praktis, dan rendah kalori. Siapkan oatmeal dalam mangkuk, tambahkan susu rendah lemak atau susu almond, dan biarkan semalaman dalam lemari es.

Pagi harinya, tambahkan potongan buah segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry. Overnight oats mengandung serat tinggi yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan memberikan energi yang stabil sepanjang hari.

Info wajib baca: Khasiat Luar Biasa Kunyit dan Madu untuk Kesehatan Tubuhmu

2. Telur panggang dengan sayuran

Telur panggang merupakan pilihan sarapan yang mengenyangkan dan rendah kalori. Panggang telur dalam oven atau panggangan dengan sedikit minyak zaitun, tambahkan potongan sayuran seperti paprika, bayam, atau jamur.

Selanjutnya, tambahkan rempah-rempah seperti lada hitam atau peterseli untuk memberikan cita rasa tambahan. Telur panggang merupakan makanan yang baik karena mengandung protein tinggi untuk membangun otot dan mempertahankan energi.

3. Menu sarapan sehat: Smoothie hijau

Source: Kompas.com

Kalau nggak mau ribet, smoothie hijau adalah cara yang sempurna untuk mendapatkan porsi sayuran sehat dalam sarapan kamu. Campurkan daun bayam, kale, atau selada air dengan buah-buahan segar seperti pisang, mangga, atau kiwi.

Kamu juga bisa menambahkan susu rendah lemak atau susu almond, serta tambahkan es batu untuk konsistensi yang lebih dingin dan menyegarkan. Smoothie hijau mengandung serat, vitamin, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh.

4. Roti gandum utuh dengan selai kacang dan pisang

Roti gandum utuh merupakan sumber karbohidrat yang baik dan rendah kalori. Pilih roti gandum utuh yang tinggi serat, rendah gula, dan tanpa bahan pengawet.

Oleskan juga selai kacang alami tanpa tambahan gula pada roti, dan tambahkan potongan pisang segar di atasnya. Roti gandum utuh memberikan energi tahan lama dan serat yang membantu menjaga pencernaan tetap sehat.

5. Yoghurt dengan alpukat dan madu

Source: Okezone

Menu sarapan sehat rendah kalori selanjutnya adalah yoghurt rendah lemak. Yoghurt merupakan sumber protein yang baik untuk sarapan dan cocok untuk memulai hari dengan sat set sat set.

Ambil mangkuk yoghurt rendah lemak, tambahkan potongan alpukat matang dan teteskan madu alami di atasnya. Alpukat mengandung lemak sehat yang membantu menjaga kenyang lebih lama, sementara madu memberikan rasa manis alami tanpa menambahkan terlalu banyak kalori.

Info wajib baca: Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan Wanita: Kenali & Tips Mengurangi Kebiasaannya!

6. Pancake pisang tanpa tepung terigu

Kamu juga bisa membuat pancake pisang sederhana tanpa tepung terigu untuk menu sarapan sehatmu. Menu ini adalah alternatif sehat untuk pancake tradisional yang tinggi kalori.

Mulanya, hancurkan pisang matang dengan garpu, tambahkan telur, bubuk kayu manis, dan sedikit baking powder. Aduk hingga rata dan tuangkan adonan di atas penggorengan yang diolesi sedikit minyak zaitun. Lalu panggang hingga kecokelatan di kedua sisi. 

7. Menu sarapan sehat: Salad buah dengan yoghurt

Source: Fimela

Salad buah adalah cara segar dan lezat untuk memulai hari. Pastinya bisa juga untuk dijadikan menu sarapan kamu.

Potong berbagai macam buah seperti apel, jeruk, melon, anggur, dan kiwi dalam mangkuk. Tambahkan beberapa sendok yoghurt rendah lemak dan taburkan dengan biji chia atau almond panggang.

Mengonsumsi salad buah dapat memberikan vitamin, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsinya, ya!

Sarapan sehat dan rendah kalori adalah kunci untuk memulai hari dengan energi dan menjaga berat badan yang sehat. Dengan memilih menu sarapan yang kaya akan serat, protein, dan nutrisi penting, kau jadi dapat memberikan dukungan yang baik untuk tubuh sepanjang hari.

Supaya nggak bosan, cobalah berbagai pilihan menu sarapan sehat yang rendah kalori di atas dan nikmati energi yang berkelanjutan dan kesejahteraan yang optimal. Siapkan juga waktu beberapa saat untuk membuat menu di atas, ya. Supaya nggak buru-buru!


Apa kamu pernah mencoba salah satu menu di atas? Atau kamu pernah membuat menu sarapan sendiri yang rendah kalori? Yuk, share cerita kamu di kolom komentar!

Sering gabut dan ingin cari informasi berkualitas? Misalnya cara hemat supaya cepat jadi sultan? Atau rekomendasi kost terbaik di sekitarmu? Yuk, langsung saja cek sosial media Infokost di Twitter @infokost, Instagram @infokost, dan TikTok @infokostid.

Ada banyak tips dan info menarik lainnya yang bisa bikin gabutmu jadi lebih bermanfaat, lho. Nggak percaya? Langsung cek aja!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Barat Murah

Info Kost Jakarta Selatan Murah

Kost Yogyakarta Murah

Info Kost Depok Murah

Kost Bekasi Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare