...
makanan sehat untuk jantung
5-min read

10 Jenis Makanan Sehat untuk Jantung Ini Wajib Kamu Konsumsi

makanan sehat untuk jantung

Cek makanan sehat untuk jantung yang harus masuk ke dalam menu makan harianmu.

Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting untuk setiap manusia, termasuk menjaga kerja organ jantung agar tetap optimal. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui jenis makanan sehat apa yang baik untuk jantung.

Jika mencari makanan sehat untuk penderita jantung, kamu dapat memilih makanan yang mengandung fitonutrien dari buah-buahan dan tumbuhan. Fitonutrien adalah zat yang membantu jantung berfungsi dengan lebih baik.

Nah, kira-kira apa saja makanan yang baik untuk jantung? Simak dan baca artikel ini hingga selesai, ya.

Info wajib baca: Apa Arti Rambut Dipotong Orang Lain Menurut Islam? Ini Jawabannya! 

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jantung

Ini dia beberapa jenis makanan sehat untuk jantung yang perlu kamu tahu, di antaranya:

1. Sayuran hijau

makanan sehat untuk jantung
Source: Halodoc

Pertama ada sayuran hijau yang memiliki banyak vitamin C, folat, kalium, kalsium, vitamin E, dan serat. FYI, kandungan dalam sayuran hijau bisa membantu jantung berfungsi dengan baik.

Selain itu terdapat jenis sayur yang bernutrisi tinggi, di antaranya adalah brokoli, kangkung, bayam, pak choy, asparagus, dan sawi hijau.

2. Ikan salmon dan tuna

makanan sehat untuk jantung
Source: Okezone.com

Makanan kaya omega 3 dan asam lemak, seperti salmon dan tuna, bisa membantu jantung karena dapat mengurangi peradangan, termasuk pada pembuluh darah di sekitar jantung. Selain itu, omega 3 dari tuna dan salmon juga bisa menurunkan tekanan darah, trigliserida, pembekuan darah, dan menormalkan detak jantung yang tidak teratur.

Untuk menurunkan risiko henti jantung mendadak, kamu hanya perlu mengonsumsi 150 gram setiap minggu. Selain itu, untuk menghindari merkuri, sebaiknya pilih ikan dari tambak daripada laut. Biar nggak bosan, nih, cek juga aneka cara mengolahnya, salah satunya resep salmon teriyaki yang mudah.

3. Oatmeal

makanan sehat untuk jantung
Source: Kompas.com

Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dapat mengurangi risiko penyakit pada jantung. Nah, maka dari itu kamu dapat mengganti camilanmu menggunakan oatmeal.

Oatmeal mengandung serat, senyawa antiradang, dan antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus mencegah penumpukan plak, dan dapat membantu menjaga kondisi pembuluh arteri kamu tetap sehat.

4. Kacang

makanan sehat untuk jantung
Source: Anlene

Karena kandungan fitonutriennya yang tinggi, kacang sangat baik untuk jantung. Selain itu, kacang kaya akan serat dan air, sehingga akan membuat kamu kenyang lebih cepat.

Ingatlah bahwa kacang memiliki banyak kalori karena 80 persennya terdiri atas lemak. Untuk itu, kamu harus membatasi konsumsi kacangnya menjadi sekitar 600 gram kacang tawar dalam seminggu.

5. Anggur, makanan sehat untuk jantung

Buah-buahan adalah makanan berikutnya yang sehat untuk penyakit jantung. Ya, anggur adalah salah satu buah yang memiliki senyawa aktif serta dapat membantu mengurangi ketegangan di pembuluh darah.

Polifenol yang terkandung dalam kulit anggur merah membantu menjaga endotel, yaitu jaringan yang melapisi pembuluh darah, agar tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, menurut penelitian mengonsumsi buah anggur juga dapat menurunkan lemak darah, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi trombosit, yang dapat membantu mencegah plak muncul pada jantung.

6. Alpukat

Alpukat atau avokad adalah buah yang juga termasuk dalam kategori makanan sehat untuk jantung. Buah ini mengandung senyawa lipofilik, berarti senyawa yang dapat larut dalam lemak.

Contoh senyawa lipofilik termasuk squalene, vitamin E, pitosterol, karotenoid, polifenol, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kelompok senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan dapat mencegah penumpukan plak yang menyebabkan penyakit jantung.

Info wajib baca: Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Listrik | Wajib Tahu Sebelum Beli!

7. Apel dan beri, makanan sehat untuk jantung

Salah satu jenis buah-buahan ini, apel dan buah beri, ternyata tidak hanya lezat tetapi juga baik untuk jantung. Apel tidak hanya memiliki banyak serat dan antioksidan tinggi, tetapi juga mengandung zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Buah beri, seperti apel, kaya akan antioksidan dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak tubuh dan menangkal radikal bebas, yang menyebabkan reaksi peradangan atau kerusakan sel.

8. Tahu

Tahu memiliki bahan dasar kacang kedelai yang memiliki potensi untuk mengurangi risiko gangguan pada jantung. Selain itu, perlu diketahui bahwa senyawa saponin memiliki efek positif yang menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

9. Tomat, makanan sehat untuk jantung

Tomat sangat baik untuk jantung karena mengandung karotenoid, kalsium, vitamin A, dan asam gamma-aminobutyric. Selain itu, mengonsumsi jus tomat tawar selama delapan minggu juga dapat mengurangi kadar trigliserida, yaitu jenis lemak yang menyebabkan penyakit aterosklerosis atau penyempitan pembuluh arteri akibat penumpukan plak.

Oleh karena itu, penting untuk memantau konsumsi makananmu setiap hari yang dapat membantumu juga dalam menerapkan pola hidup sehat.

10. Yoghurt

Terakhir ada yoghurt, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung pada orang dewasa dengan hipertensi. Hal ini mengacu kepada penyebab hipertensi yang sering menyebabkan sakit jantung.

Yoghurt yang mengandung banyak kalium, kalsium, dan magnesium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga pembuluh darah tetap sehat. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari yoghurt, pilihlah yang rendah lemak atau campurkan dengan sayuran hijau dan buah.


Nah, itulah tadi daftar makanan sehat untuk jantung yang dapat dikonsumsi siapa saja. Semua orang tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan rutin untuk mencegah dan mendeteksi penyakit jantung sejak dini ya.

Minum di tangan kanan, hp di tangan kiri. Mau tahu informasi kekinian? Kepo-in sosial media Infokost sini!

Scroll terus beragam konten seru dan menarik Twitter @infokostInstagram @infokost, dan TikTok @infokostid. Nggak sampai bikin jempol pegal!

Cek Info Kost di Kotamu:

Info Kost Jakarta Timur Murah

Cek Info Kost Solo Murah

Info Kost Bandung Murah

Kost Yogyakarta Murah

Kost Medan Murah

Join The Discussion

Cari

Compare listings

Compare